5 Destinasi Wisata di Labuan Bajo yang Wajib Masuk Bucket List Liburanmu

Rabu, 3 Mei 2023 | 19:23:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Masuk Bucket List Liburanmu

Ilustrasi berlibur ke pantai. (Special)

Ladiestory.id - Indonesia punya banyak destinasi wisata alam yang eksotik dan memesona. Labuan Bajo termasuk wilayah di Indonesia yang punya banyak destinasi wisata alam yang eksotik. Kawasan yang berada di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini bahkan menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Keindahan alam di Labuan Bajo yang eksotik nan memesona sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa menikmati keindahan alam dari dataran tinggi ataupun bermain ombak di pantai. Nah, berikut lima destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib masuk bucket list liburanmu yang telah dirangkum oleh Ladiestory.Id.

Taman Nasional Komodo

Ilustrasi Taman Nasional Komodo. (Special)

 

Destinasi wisata alam di Labuan Bajo yang cukup populer dan wajib kamu kunjungi adalah Taman Nasional Komodo. Di tempat wisata ini, kamu bisa melihat secara langsung komodo hidup di habitat aslinya. Hal ini tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Selain melihat komodo secara langsung, kamu juga bisa lho berfoto dengan komodo. Tak perlu khawatir, karena ada petugas yang akan mendampingi ketika kamu berfoto dengan komodo. 

Selain melihat secara langsung hewan purba ini, kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di Taman Nasional Komodo yang bisa memanjakan mata. Sehingga tak heran, Taman Nasional Komodo menjadi salah satu warisan dunia dan telah ditetapkan secara resmi oleh UNESCO. 

Pantai Merah (Pink Beach) 

Ilustrasi Pantai Merah. (Special)

 

Destinasi wisata selanjutnya di Labuan Bajo yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Merah atau Pink Beach. Disebut Pantai Merah karena kawasan pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu pasirnya berwarna merah muda. Hal ini disebabkan karena campuran pasir putih dengan serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat. 

Pantai Merah ini sangat spesial karena di dunia hanya ada tujuh pantai yang memiliki pasir merah muda, dan salah satunya ada di Labuan Bajo. Oleh karena itu, tak heran jika tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri yang ingin melihat secara langsung hamparan pasir berwarna merah muda. 

Gua Batu Cermin

Ilustrasi Gua Batu Cermin. (Special)

 

Jika kamu ingin merasakan liburan yang seru kamu bisa berkunjung ke Gua Batu Cermin. Gua ini awal mulanya berada di dalam laut, kemudian muncul ke daratan. Kamu bisa melakukan petualangan dengan menyusuri gua dan menemukan banyak fosil binatang laut di dalam gua ini. 

Selain itu, kamu juga akan dibuat takjub dengan dinding gua yang dapat memantulkan cahaya pada pukul 9 pagi hingga pukul 12 siang. Hal ini dapat terjadi karena dinding gua memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga dapat memantulkan cahaya layaknya cermin. 

Manta Point

Ilustrasi Manta Point. (Special)

 

Selain bisa melihat secara langsung Komodo, di Labuan Bajo kamu juga bisa melihat satwa langka yaitu ikan pari Manta atau ikan pari raksasa. Kawasan konservasi ikan pari ini diberi nama Manta Point. 

Selain sebagai tempat konservasi, Manta Point juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Kamu bisa merasakan pengalaman baru menyelam dan berinteraksi secara langsung dengan ikan pari Manta. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri kawasan Manta Point dengan berlayar menggunakan kapal. 

Pulau Kalong

Ilustrasi Pulau Kalong. (Special)

 

Rekomendasi destinasi wisata alam di Labuan Bajo yang terakhir adalah Pulau Kalong. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahan sunset-nya. Kamu bisa berkunjung saat sore hari untuk menunggu momen sunset yang memesona. Selain keindahan sunset, kamu juga bisa melihat secara langsung ribuan kelelawar raksasa yang beterbangan menyambut langit senja. 

Nah, itulah lima rekomendasi destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib masuk ke dalam bucket list liburanmu. Bagaimana sudah siapkan waktu untuk berlibur ke Labuan Bajo?