5 DIY Masker Wajah Untuk Jaga Kulit Tetap Terhidrasi Saat Musim Hujan

Kamis, 25 Januari 2024 | 09:45:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Diy Masker Wajah Untuk Jaga Kulit Tetap Terhidrasi Saat Musim Hujan

Ilustrasi Wanita Menggunakan Masker. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Musim hujan sering kali membawa tantangan tersendiri bagi tiap orang, selain menjaga kesehatan tubuh, kesehatan kulit juga sangat penting untuk dirawat. Cuaca dingin saat musim hujan dapat menghilangkan kelembapan kulit sehingga menjadikannya kusam dan kering.

Menggunakan pelembap saja tidak cukup untuk mengatasi kulit yang kering. Cobalah untuk menggunakan masker wajah yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Masker Alpukat dan Madu

Ilustrasi Wanita Menggunakan Masker. (Freepik.com)

 

Alpukat dan madu merupakan bahan hydrating yang efektif untuk mengatasi kulit kering. Alpukat memiliki asam lemak esensial, sementara madu bertindak sebagai humektan yang dikenal dapat menarik kelembapan pada kulit dan menjaganya tetap ternutrisi.

Cara menyiapkannya: Hancurkan alpukat dan campurkan dengan madu. Oleskan masker, biarkan selama 15-20 menit, dan bilas. Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin, dan antioksidan, sementara madu menambahkan sifat humektan alami, sehingga mengunci kelembapan.

Masker Yoghurt dan Oatmeal

Ilustrasi Wanita Menggunakan Masker. (Freepik.com)

 

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat mengelupas kulit dengan lembut, dan oatmeal berguna untuk menenangkan kulit yang iritasi dan sensitif. Yoghurt dan oatmeal sama-sama mencegah kekeringan dalam cuaca dingin dan membuat kulit menjadi tampak bercahaya.

Cara menyiapkannya: Campurkan yogurt dan oatmeal hingga membentuk pasta. Pijat lembut wajahmu dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Yoghurt mengandung probiotik untuk kesehatan kulit, dan oatmeal menenangkan dan menghidrasi, menjadikan masker ini cocok untuk kulit sensitif.

Masker Kelapa dan Pisang

Ilustrasi Wanita Menggunakan Masker. (Freepik.com)

 

Pisang diperkaya akan vitamin dan antioksidan, sementara minyak kelapa mampu menghidrasi kulit. Masker kelapa dan pisang tidak hanya mampu menjaga kulit agar tetap terhidrasi, tapi juga bisa membuat kulit kusam menjadi tampak cerah.

Cara menyiapkannya: Hancurkan pisang lalu campur dengan santan. Oleskan masker dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Pisang kaya akan vitamin dan kelembapan, dan santan menambahkan asam lemak bergizi untuk meningkatkan hidrasi.

Masker Timun dan Lidah Buaya

Ilustrasi Wanita Menggunakan Masker. (Freepik.com)

 

Masker ini mampu menenangkan dan meremajakan kulit wajah. Timun memiliki efek mendinginkan, sementara lidah buaya mampu untuk menenangkan dan menghidrasi kulit. Paduan keduanya mampu menenangkan kulit di musim hujan.

Cara menyiapkannya: Haluskan timun hingga halus dan campur dengan gel lidah buaya. Oleskan campuran tersebut, rileks selama 15 menit, dan bilas. Mentimun menghidrasi dan menenangkan, sementara lidah buaya menambah hidrasi dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

Masker Madu dan Air Mawar

Ilustrasi Wanita Menggunakan Masker. (Freepik.com)

 

Madu berfungsi sebagai humektan alami yang mampu memberikan nutrisi ekstra pada kulit kusam dan kering. Sementara air mawar mampu mengencangkan kulit dan mencerahkan kulit. Karenanya, madu dan air mawar merupakan cara sempurna untuk melembapkan dan menghaluskan kulit.

Cara menyiapkannya: Campurkan madu dengan air mawar dan oleskan masker. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas. Madu merupakan humektan alami, dan air mawar memberikan aroma menyegarkan sekaligus membantu menyeimbangkan tingkat pH dan kelembapan kulit