5 Efek Samping Sulam Bibir yang Harus Anda Ketahui

Senin, 5 Juli 2021 | 15:47:11

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Efek Samping Sulam Bibir Yang Harus Anda Ketahui

Foto: Ladiestory.id

Terdapat cara praktis agar Anda tidak perlu pusing lagi dalam mengurusi masalah lipstik, yakni dengan sulam bibir. Anda pasti pernah mendengar cara yang digandrungi banyak perempuan ini kan?

Sulam bibir merupakan prosedur kosmetika guna memasukkan pigmen warna ke bibir dengan jarum tato berukuran kecil.

Pada akhirnya warna bibir akan selalu terlihat merah merekah setiap saat tanpa perlu lagi ditempeli lipstik. Sulam bibir populernya disebut juga dengan tato bibir.

Prosedur ini dapat dilakukan di bagian dalam atau luar bibir. Walau demikian, hasil sulam bibir tidaklah permanen. Warna yang disuntikkan lama lam akan memudar sebab kulit bibir terus beregenerasi.

Biasanya, pada bagian dalam bibir lebih cepat memudar dibandingkan bagian luar. Karena bagian ini selalu bersentuhan dengan air liur, makanan, dan minuman.

Banyak orang yang menyukai sulam bibir guna mempercantik diri. Tetapi, tentu saja prosedur kecantikan ini harus dilakukan ahlinya dan tidak bisa disembarangan tempat.

Hanya saja, Anda perlu mengetahui bahwa prosedur ini juga dapat membawa berbagai efek samping, yaitu:

  1. Infeksi

    Foto: Ladiestory.id
    Foto: Ladiestory.id

Infeksi dapat terjadi bila peralatan yang digunakan tidak steril. Dapat juga muncul sesudah prosedur bila Anda tidak menaati aturan yang diberikan dari dokter atau praktisi sulam bibir. Misalnya, Anda diminta sering berkumur namun malas melakukannya.

Tato bibir pada bagian dalam baisanya lebih rentan mengalami infeksi sebab area yang sangat lembap. Keberadaan bakteri pada dalam mulut juga berperan. Patuhi saran praktisi sulam dan lakukan sesuai aturan untuk menghindari infeksi.

  1. Alergi

    Foto: Ladiestory.id
    Foto: Ladiestory.id

Bila Anda memiliki riwayat alergi kulit, risiko mengalami reaksi alergi sesudah sulam bibir ternyata cukup besar. Jadi sebelum menempuh prosedur kecantikan ini, konsultasikan terlebih dulu pada praktisi sulam bibir Anda. Bila sesudah prosedur terasa reaksi alergi seperti gatal, ruam, dan kemerahan, segera kunjungi dokter.

  1. Bengkak

    Foto: Ladiestory.id
    Foto: Ladiestory.id

Jarum yang ditusukkan akan membuat luka-luka kecil tak kasat mata pada bibir dan membuatnya membengkak. Ini merupakan reaksi alami terhadap cedera tersebut.

Biasanya, bibir yang membengkak akan mereda dalam beberapa hari. Coba kompres bibir dengan es batu yang dibalut waslap bersih guna membantu mengempiskan bengkaknya.

  1. Penyakit yang Ditularkan Melalui Darah

    Foto: Ladiestory.id
    Foto: Ladiestory.id

Jarum sulam yang tidak steril dapat menjadi perantara penyebaran berbagai penyakit serius, termasuk hepatitis B, hepatitis C, dan HIV yang menular melalui darah. Jadi, pastikan untuk melakukan sulam bibir di tempat terpercaya dan praktisi yang bersertifikat resmi.

  1. Muncul Jaringan Perut

Efek samping yang satu ini bisa muncul saat bibir yang telah disulam tidak sembuh sebagaimana mestinya. Reaksi alergi dan infeksi sesudah prosedur dapat menjadi pemicu jaringan parut pada bibir.

  1. Anafilaksis

Reaksi alergi parah hingga dapat membahayakan nyawa ini disebut anafilaksis. Kondisi ini dapat saja terjadi sesudah prosedur sulam bibir bila Anda ternyata alergi terhadap tinta warna yang digunakan.

Gejala anafilaksis biasanya ditandai dengan pembengkakan di seluruh wajah dan sesak napas. Segeralah ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan pertama.