5 Fungsi Face Tonic Dan Cara Menggunakannya

Tuesday, 22 Jun | 17:31:26

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

5 Fungsi Face Tonic Dan Cara Menggunakannya

Foto: Ladiestory.id

Bagi wanita perawatan wajah itu sangat penting, namun tak semua wanita tahu apa gunanya satu persatu dari skincare yang banyak beredar di pasaran itu. Seperti face tonic, wanita lebih mengenalnya sebagai penyegar dan pelembab. Tapi sebenarnya fungsi face tonic lebih dari sekedar itu.

Apa Itu Face Tonic?

Sebelum kita bahas fungsi dari face tonic, sebaiknya kamu ketahui dulu apa sih face tonic itu?

Face tonic adalah cairan dengan bahan dasar air dilengkapi dengan bahan-bahan pelembab seperti rose water dan hyaluronic acid. Tonic digunakan untuk mengakhiri proses pembersihan wajah setelah pemakaian milk cleanser. 

Face tonic hampir sama dengan face toner hanya kandungannya saja yang berbeda. Face tonic cenderung memiliki kandungan yang lebih berat sehingga mampu meningkatkan kelembaban kulit. Lalu apa fungsi face tonic untuk wajah? Simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi Face Tonic

Foto : Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Adapun fungsi face tonic buat wajah yaitu:

1. Membersihkan Sisa-Sisa Milk Cleanser

Setelah penggunaan milk cleanser biasanya wajah terasa lengket. Dengan menggunakan face tonic maka sisa milk cleanser akan  terangkat dan wajah menjadi segar dan lembab.

2. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori wajah yang tampak besar pastinya membuat kotoran, minyak dan racun dengan mudah masuk ke dalam kulit wajah. Hal tersebut dapat menimbulkan iritasi pada wajah serta memicu timbulnya jerawat maupun komedo.

Dengan pemakaian face tonic  secara rutin wajah pun pori-pori pun akan mengecil dan kulit wajah menjadi kencang. Wajah pun akan terbebas dari komedo dan jerawat.

3. Membuat Pelembab Lebih Mudah Terserap

Face tonic dikenal juga sebagai penyegar, hal ini karena setelah pemakaian face tonic wajah tampak lebih segar sehingga membuat pelembab yang kamu gunakan jadi cepat dan mudah terserap kulit.

4. Membantu Menyeimbangkan pH Kulit

Kegunaan face tonic selanjutnya yaitu membantu menyeimbangkan pH kulit. Membahas pH, pH adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat keasaman pada kulit dan dihitung mulai dari skala 0 hingga 14, dengan tingkat netral pada skala 7. 

Menjaga pH kulit agar tetap seimbang itu sangat penting, agar kulit wajah tidak mudah mengalami infeksi. Sehingga kulit wajah pun tampak lebih mulus dan cerah.

5. Melembabkan dan Menutrisi Kulit Wajah

Fungsi face tonik untuk wajah berikutnya yaitu bisa melembabkan dan menutrisi kulit wajah. Hal ini karena dalam face tonik mengandung cukup air yang mampu menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit tampak lembab, kenyal, halus dan terhidrasi dengan baik.

Face tonic juga mengandung  vitamin dan nutrisi yang baik buat kulit wajah. Sehingga wajah pun tetap sehat dan terjaga nutrisinya.

Cara Menggunakan Face Tonic

Foto : Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Face tonic digunakan setelah pemakaian milk cleanser, adapun langkah-langkahnya yaitu:

  • Sebelum kamu menggunakan face tonic atau tahapan skincare lainnya, cuci tangan kamu dengan bersih menggunakan sabun. Agar kuman dan bakteri tidak menempel pada wajah kamu.
  • Setelah kamu selesai mengoleskan milk cleanser
  • Tuang face tonic pada kapas, dan usapkan secara merata pada wajah untuk membersihkan sisa milk cleanser
  • Tepuk-tepuk wajah dengan perlahan, agar face tonic meresap dan wajah lebih segar
  • Berikutnya bisa dilanjutkan dengan pemakaian pelembab atau serum wajah.

Nah, itulah fungsi face tonic dan langkah-langkah mengaplikasikannya pada wajah. Kulit segar, lembab, sehat, halus dan tampak cantik tentunya dambaan semua wanita. Sebelum kamu menggunakan skincare sebaiknya ketahui dulu fungsi dan cara penggunaannya yang benar. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait