5 Inspirasi Bunga Hias yang Cocok Untuk Taman Halaman Rumah

Rabu, 8 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Inspirasi Bunga Hias yang Cocok Untuk Taman Halaman Rumah

Foto: Ladiestory.id

Tanaman hias berbunga atau tanaman bunga sangat cocok dijadikan dekorasi rumah. Karena warna dan bentuk dari bunga sangatlah indah dan menarik, tanaman bunga jiuga bisa menambah kecantikan dan keceriaan di halaman rumah.

Halaman rumah yang dipenuhi dengan berbagai jenis bunga hias akan menambah keindahan tempat tinggal juga.

Selain itu, membuat rumah lebih terlihat hijau dan asri. Tetapi, kamu perlu memilih bunga hias untuk ditanam di pekarangan rumah. Ingat kamu perlu memeriksanya dengan cermat dan teliti, karena bisa saja bunga yang kamu inginkan kurang cocok dengan kondisi halaman, desain, ataupun gaya rumah kamu.

Tanaman Untuk Taman

Sebelum kamu menanam bunga-bunga, ada baiknya kamu memahami jenis-jenis bunga hias, cara merawat dan menanam, serta daerah yang tepat untuk menanamnya. Kali ini akan dibahas macam-macam bunga hias yang bisa kamu letakkan di halaman atau dalam rumah. 

Tips Merawat Bunga di Rumah

Sebelum mengenal jenis-jenis bunga ada baiknya kita tahu cara merawatnya.

1. Setelah ditanam, siramlah bunga dengan rutin dan hati-hati.

2. Selalu letakkan bunga di daerah yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

3. Pangkas dan rapikan bunga secara berkala.

4. Gunakan pot yang memiliki lubang drainase dan kamu bisa mengusir hama dari luar.

Rekomendasi Bunga yang Bisa Ditanam Baik di Dalam atau Luar Rumah

1. Bunga Kembang Sepatu

Foto: Ladiestory.id

Bunga kembang sepatu atau disebut dengan  Hibiscus rosa-sinensis adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Tanaman bunga ini juga sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dalam ruangan yang tepat. Bunganya yang besar hanya bertahan beberapa hari dan bisa hidup selama beberapa tahun.

Bunga ini memiliki tinggi mencapai 2 m hingga 5 m dan bunga ini juga bisa tumbuh sepanjang tahun. Bunganya berwarna putih, kuning, oranye, merah muda, hingga merah tua dengan ukuran besar. Bunga kembang sepatu bisa kamu tanam dipekarangan rumah dan dijadikan pagar hidup dengan dikombinasikan bunga-bunga kecil lainnya.  

2. Bunga Anggrek

Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya ada bunga anggrek, bunga ini memiliki berbagai macam jenis. Selain itu  bentuk dan warna yang sangat indah menjadi favorit banyak orang. Indonesia bahkan menjadikan salah satu jenis bunga anggrek, yaitu bunga anggrek bulan, sebagai bagian dari bunga nasional. Anggrek dapat dengan mudah tumbuh, tetapi perlu dijauhkan dari sinar matahari langsung.

Anggrek bulan pun akan mekar selama berbulan-bulan dan dapat hidup bertahun-tahun dengan sedikit perawatan. Bunga ini sangat menyukai cahaya terang dan tidak langsung, yang terbaik adalah jendela yang menghadap ke timur atau barat.

3. Bunga Lavender

Foto: Ladiestory.id

Kemudian selanjutnya ada bunga lavender. Bunga yang memiliki warna ungu kebiruan ini dengan aromanya yang khas juga terbukti dengan ampuh dapat mengusir nyamuk.

Menanam bunga lavender tak hanya akan membuat cantik halaman rumah kamu tetapi juga akan membuat halaman rumah kamu menjadi asri dan indah, tetapi juga terbebas dari gangguan serangga.

Bunga ini termasuk ke dalam famili Lamiaceae ini dan bukan bunga tropis yang biasanya tumbuh di dataran tinggi sekitar 500-1300 mdpl. Lavender sebenarnya tidak umum ditanam di Indonesia, tetapi kini banyak pecinta tanaman yang mulai membudidayakannya.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba menanam lavender untuk membantu mencegah nyamuk masuk dan bersarang di rumah. Jika suhu dan kelembapannya pas, lavender akan menjadi tanaman hias yang minim perawatan.

4. Bunga Baby Breath

Foto: Ladiestory.id

Bunga baby breath sering dijadikan pelengkap sebuah karangan bunga. Bunga yang dikenal dengan sebutan bunga gypsophila ini juga suatu jenis bunga hias yang banyak ditemui di Eropa dan Asia Utara.

Untuk varian bunga baby breath yang sering dijumpai adalah bunga yang berwarna putih dan pink dengan bentuk menyerupai semak.

Bunga baby breath juga menjadi bunga favorit untuk melengkapi sebuah karangan bunga. Bentuk baby breath sangat kecil-kecil sehingga cocok dijadikan rangkaian bunga yang cantik dan menawan. Selain itu, jika kamu menanamnya bunga ini akan mempercantik halaman rumah. Halaman rumah yang diisi dengan berbagai banyak bunga akan serasa taman bunga milik sendiri.

5. Bunga Melati

Foto: Ladiestory.id

Terakhir ada bunga krisan putih atau biasa disebut dengan bunga melati, bunga ini biasa dianggap sebagai simbol kejujuran dan kesetiaan. Tak hanya itu, bunga ini juga sangat populer di Indonesia, bahkan dijadikan sebagai salah satu bunga nasional. Bunga ini memiliki aroma wangi yang menyenangkan dan biasanya dipakai untuk campuran teh, minyak wangi, pengharum ruangan, dan lainnya.

Uniknya, dalam pernikahan adat jawa, bunga ini sering dipakai sebagai hiasan rambut pengantin wanita. Jika kamu tertarik, kamu bisa menanam bunga melati di halaman rumahmu untuk menikmati keharuman dan keindahannya.

Itu dia beberapa nama-nama bunga yang bisa kamu tanam di kebun atau halaman rumah. Masih banyak bunga yang bisa ditanam seperti mawar, tulip, dan sebagainya.

Baik ditanam di pot di dalam rumah atau di halaman yang luas di luar ruangan semuanya tetap akan menciptakan sentuhan alam yang dibawa oleh bunga hias dan sudah pasti akan membuat rumah terlihat semakin asri.

Bukan hanya terlihat indah, tapi juga memberi kesan sejuk. Jika kamu bisa menggabungkannya dengan bunga-bunga lainnya, maka kamu akan bisa menciptakan taman kecil yang akan menambah nilai keindahan bagi rumah kamu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Berita Terkait