5 Makanan Khas Papua yang Terkenal Enak, Mau Coba?

Jumat, 10 Desember 2021 | 11:29:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Makanan Khas Papua Yang Terkenal Enak, Mau Coba?

Makanan khas Papua, Papeda. (Spesial)

Ladiestory.id - Provinsi Papua terletak paling ujung timur di Indonesia. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Papua terkenal akan budaya dan kekayaan alamnya yang menakjubkan. 

Salah satu pulau terbesar di Indonesia ini juga menawarkan kuliner yang enak dan lezat. salah satunya adalah Papeda. Papeda adalah makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat Papua.  Selain papeda ada juga makanan khas lainnya yang juga enak dan patut di coba. 

Makanan Khas Papua yang Terkenal Enak

Inilah beberapa makanan khas Papua yang terkenal enak 

1. Papeda

Papeda adalah makanan khas Papua yang berbentuk pasta atau gel. Papeda mengandung karbohidrat sebagai pengganti nasi.

Papeda dibuat dari proses pengolahan sagu. Makanan ini biasanya dihidangkan bersama ikan, daging, kelapa, sayuran dan lainnya. Papeda bisa dibungkus menggunakan daun pisang untuk dimakan nanti.

2. Keladi Tumbuk

Keladi tumbuk banyak dikonsumsi masyarakat Papua dan Biak. Kuliner ini adalah talas yang rebus kemudian ditumbuk hingga halus. Biasanya keladi tumbuk disajikan dengan sayur pakis, ikan suwir asap, dan sambal. 

Keladi tumbuk memiliki tekstur seperti bubur bayi, lembut dengan rasa yang tawar. Perpaduan rasa tawar dari keladi tumbuk, sedikit rasa asam dan pedas dari ikan suir, gurihnya sayur pakis lodeh, dan asamnya sambal menciptakan rasa yang khas dan unik.

3. Sate Ulat Sagu

Salah satu makanan khas Papua selanjutnya adalah sate ulat sagu. Masyarakat suku Kamoro meyakini bahwa ulat sagu merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi. 

Umumnya makanan ulat sagu banyak ditemukan pada batang sagu yang tua atau lapuk. Oleh masyarakat setempat, makanan dengan bahan utama ulat sagu ini disebut manggia.

4. Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah makanan khas Papua lainnya yang berupa kue kering yang dapat dimakan langsung atau bisa juga dicelupkan pada teh panas, kopi, atau kuah ikan. 

Bentuk dan ukurannya bervariasi tergantung dari alat pencetak dan cara memasaknya.  Sagu lempeng kebanyakan dibuat dengan bentuk pipih dan persegi panjang. 

Rasa kue ini keras, tawas dan cepat mengembang di dalam air. Alat memasak sagu lempeng disebut forna. Forna terdiri atas 4 hingga  6 lekukan yang terbuat dari tanah. 

Fungsi forna adalah sebagai penghantar panas saat sagu lempeng dimasak. Alat untuk memasak sagu lempeng ini juga menjadi penyimpan panas. Sehingga suhu panas selama proses memasak sagu lempeng dapat merata.

5. Kue Lontar

Kue lontar adalah kue pie susu khas Papua. Kue yang pada bagian tengahnya memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis. Sementara itu pada bagian pinggiran pie cukup keras dan menyelimuti bagian tengah. 

Kue lontar dibuat dengan bahan dasar margarin, tepung terigu, telur, vanili dan susu. kue ini dahulu disebut juga dengan kue Rontart. Namun, karena sulit diucapkan maka oleh masyarakat Papua namanya diubah jadi kue lontar. 

Makanan yang satu ini mirip dengan kue pie susu dari Bali. tapi ukurannya lebih besar dari kue pie susu Bali. Hal ini karena cetakan yang digunakannya lebih besar. Sehingga ukuran kue pun menghasilkan kue yang lebih besar. 

Itulah tadi 5 makanan khas Papua yang terkenal enak, tertarik untuk mencicipinya?