5 Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan, Salah Satunya Bikin Wajah Awet Muda

Rabu, 21 Februari 2024 | 10:52:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kecantikan, Salah Satunya Bikin Wajah Awet Muda

Ilustrasi air kelapa. (Special)

Ladiestory.id - Tak banyak yang tahu ada deretan manfaat air kelapa untuk kecantikan. Bahkan, salah satunya membantu wajah tapak lebih awet muda. Kamu penasaran? 

Bahan alami satu ini mengandung banyak vitamin mapua mineral. Sehingga, kemampuanya bagi kulit cukup beragam dan sayang untuk dilewatkan. 

Air kelapa sendiri tak hanya bisa digunakan di wajah. Namun, juga bisa kamu gunakan di kulit tubuh, rambut bahkan kuku sekalipun. Tentunya, untuk menggunakannya perlu cara yang tepat dan konsisten sehingga mendapat hasil maksimal. 

Nah, daripada kamu penasaran mengenai deretan manfaatnya. Ini dia informasi lengkapnya yang sudah dirangkum dari herzindagi.com. Yuk, simak sampai akhir!

Menghilangkan Ketombe di Rambut

Ilustrasi rambut gatal. (Timesofindia)

 

Jika kamu sering merasakan rambut yang gatal karena ketombe. Bahkan, kerap merasakan iritasi atau infeksi akibat rambut yang mudah rontok. Maka, kamu perlu mencoba air kelapa sebagai solusinya.

Sebab, didalam bahan alami satu ini emang dnung sifat anti jamur serta anti bakteri. Sehingga, membantu mengatasi dan mencegah masalah tersebut kembali terjadi. Tenang aja, cara pakainya mudah kok. 

Kamu dapat mencampurkan 2 sendok air kelapa dengan 1 sendok cuka apel. Masukan kedalam mangkuk yang sama dan aduk hingga tercampur sempurna. 

Jika sudah, oleskan semua ramuan tersebut ke area kulit kepala yang berketombe. Biarkan selama 20 menit sambil dipijat lembut sesekali. Terakhir, kamu  bisa membilas rambut dengan shampo dan kondisioner supaya tidak ada sisa bau menyengat dari cuka yang tertinggal. 

Mengurangi Bruntusan di Wajah

Ilustrasi timbul jerawat. (Pexels.com/annanekrashevich)

 

Manfaat air kelapa untuk kecantikan berikutnya adalah mengurangi bruntusan di wajah. Diketahui, bahan satu ini mengandung asam amino, vitamin C dan juga bahan pencerah alami. 

Kombinasi kandungan tersebut kemudian juga semakin lengkap dengan kehadiran sifat antibakterinya. Sehingga, efeknya bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat kumpulan bruntusan. 

Kamu bisa mencampurkan 2 sendok air kepala dengan 1 sendok kunyit ke dalam mangkuk yang sama. Lalu, aduk seluruh bahan hingga membentuk tekstur pasta yang lembut. 

Jika sudah, maka kamu bisa mengoleskannya ke seluruh wajah secara merata. Biarkan kandunganya meresap selama 20 menit. Akhiri perawatan ini dengan membilasnya menggunakan air hingga bersih. 

Bisa Dijadikan Hair Massage

Ilustrasi Minyak Rambut. (Pexels)

 

Tak banyak yang tahu, bahwa air kelapa bisa menjadi bahan hair massage yang berkhasiat. Bahkan, manfaatnya bisa membantu meningkatkan aliran darah di area kulit kepala. 

Jika kamu gunakan secara rutin juga bisa membantu mengurangi kerontokan dan resiko kebotakan. Menarik, bukan?

Kamu bisa menggunakan bahan satu ini sebelum keramas. Cukup dengan menggunakan air kelapa secukupnya dan tuangkan ke area kulit kepala. 

Pijat lembut selama beberapa menit. Hal ini akan membantu melancarkan aliran darah dan memperkuat folikel rambut supaya lebih kuat. Lalu, biarkan selama 1 jam sebelum keramas, Jika sudah, kamu bisa segera membilasnya dengan shampo dan air. 

Banyak pengguna merasakan efek rambut lebih kuat, hitam berkilau dan mudah diatur usai diaplikasikan secara rutin. Jadi, sayang banget kalau tidak dicoba. 

Membantu Membersihkan Wajah

Ilustrasi Membersihkan Wajah. (iStock)

Manfaat air kelapa untuk kecantikan yang tak boleh ketinggalan yaitu membantu membersihkan wajah. Sifat antibakterinya membantu membersihkan wajah tanpa meninggalkan rasa kering di kulit. 

Hal ini dikarenakan kandungan air yang tinggi serta pelebap alaminya mebatu emnajdikan kulit lebih bersih dan bebas dari penyumbatan kotoran. Uniknya, kamu cukup dengan menuangkan beberapa tetesnya ke kapas. 

Lalu, usapkan kapas tersebut untuk membersihkan sisa make up maupun kotoran di wajah. Tenang aja, cara ini tetap aman digunakan oleh semua jenis kulit bahkan jika sensitif sekalipun. 

Membuat Wajah Awet Muda

Ilustrasi Kulit Awet Muda. (iStock)

Bagi kamu yang memasuki usia 40 tahun ke atas, bisa mencoba menggunakan air kelapa. Sebab, terdapat kandungan anti aging di dalamnya. 

Bahkan, sebuah penelitian menemukan penggunaan yang rutin bisa membantu kulit bebas dari kerutan, garis halus maupun tanda penuaan lainya. Hal ini disebabkan adanya kandungan mineral serta vitamin alami dalam air kelapa  yang membentuk regenerasi kulit dan menghidrasi. 

Tak hanya itu, ada juga kandungan protein yang mendukung proses produksi kolagen  menjadi maksimal. Alhasil, wajah tampak lebih glowing dan awet muda.