5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Menurut Dermatologis, Salah Satunya Cegah Penuaan

Kamis, 19 Oktober 2023 | 17:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Menurut Dermatologis, Salah Satunya Cegah Penuaan

Ilustrasi Lidah Buaya. (iStock)

Ladiestory.id - Ketika mendengar nama lidah buaya, kamu tetap menjadi tak asing bukan? Namun, tahukah kamu sederet manfaat lidah buaya untuk kulit menurut dermatologis?

Cuaca panas yang kini tengah banyak terjadi di berbagai wilayah Indonesia tentu memberikan dampak buruk bagi kulit. Mulai dari kulit yang menjadi cepat kering hingga adanya sensasi terbakar. 

Nah, kesegaran dari gel lidah buaya menjadi salah satu bahan terbaik untuk mengatasinya. Namun, di luar itu ada sederet manfaat yang dapat membantumu dalam memiliki penampilan yang selalu segar dan menawan sepanjang hari. 

Memiliki kandungan berupa antioksidan, antibakteri hingga anti inflamasi buat bahan alai satu ini sangat sayang untuk kamu lewatkan. Lalu, apa aja sih manfaat lidah buaya untuk kulit menurut dermatologis? Yuk, simak selengkapnya pembahsan yang dilansir dari eatingwell.com berkut ini.

Mengurangi Kemerahan dan Luka di Kulit

Ilustrasi Kulit Iritasi. (iStock)

 

Berdasarkan hasil studi pada tahun 2018, diketahui lidah buaya mengandung senyawa berupa antrakuinon serta aloin. Keduanya memiliki sifat anti inflamasi serta antioksidan yang berlimpah. 

Kandungan terbuat kemudian yang membantu menurunkan kemerahan, rasa sakit, ataupun nyeri yang ditimbulkan oleh adanya luka di kulit. Apalagi, di tengah cuaca panas seperti ini. Lidah buaya sangat efektif meredakan kemerahan maupun luka bakar yang kamu alami. 

Sebab, kandungannya juga mampu meningkatkan proses sintesis kolagen yang mengurangi adanya jaringan parut yang muncul dan mempercepat penyembuhan luka di kulit. Meski begitu, bahan alam satu ini hanya bisa digunakan pada jenis luka bakar yang ringan. Jika lebih dari itu, kamu memerlukan penangan di fasilitas medis. 

Melembapkan Kulit

Ilustrasi Kulit Lembap. (iStock)

 

Manfaat lidah buaya untuk kulit menurut dermatologis berikutnya yaitu melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan berupa humektan. 

Sebagai informasi, humektan merupakan zat yang mampu menarik air dari udara maupun di dalam kulit. Zat semacam ini sangat cocok bagi pemilik kulit kering supaya senantiasa dehidrasi dan wajah menjadi lembap sepanjang hari. 

Lidah buaya emang secara khusus memiliki kandungan berupa mukopolisakarida yang dapat mengikat kelembapan pada kulit. Kondisi ini kemudian membantu merekatkan sel-sel pada lapisan epidermis kulit yang mengelupas. Alhasil, dengan penganan yang rutin kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih lembut dan sehat. 

Menyamarkan Flek Hitam dan Stretch Mark

Ilustrasi Masalah Flek Hitam. (iStock)

 

Ternyata, di dalam lidah buaya terdapat dua senyawa terbaik yang dapat mengatasi masalah flek hitam maupun stretch mark. Kandungan tersebut bernama aloin serta aloesin.

Melansir dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, diketahui ketika aloesin digunakan ke wajah secara rutin sebanyak empat kali sehari selama 15 hari berturut-turut maka efektif mengobati terjadinya hiperpigmentasi akibat sinar UV maupun pasca timbulnya jerawat. 

Bahkan, ditemukan pula ekstrak daun lidah buaya yang dimasukan dalam produk krim kecantikan juga efektif mengobati masalah melasma. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya bintik hitam di wajah. 

Mengurangi Jerawat di Wajah

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (iStock)

 

Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, ada juga nih manfaat lidah buaya untuk kulit menurut dermatologis. Salah satunya yaitu mengurangi jumlah jerawat di wajah. Hal ini bukan sembarang klaim. 

Sebab, diketahui lidah buaya mengandung asam salisilat alami yang berfungsi baik di dalam kulit. Ada pula asam sinamat, fenol, nitrogen hingga belerang. Kombinasi ini kemudian membantu menghambat dan melawan munculnya jamur, bakteri maupun virus penyebab jerawat. 

Kemudian, ada juga sifat anti inflamasi yang menekan bakteri penyebab jerawat. Sebagai informasi, asam salisilat dalam lidah buaya eureka  kanduang terbaik yang efektif mencegah jerawat. Selain itu, mengangkat sel kulit mati di wajah dan mengurangi tampilan kemerahan maupun adanya iritasi. 

Ilustrasi Kulit Awet Muda. (iStock)

 

Terkahir, manfaat lidah buaya untuk kulit menurut dermatologis adalah menunda tanda penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, tentu ada beragam masalah tanda penuaan dini.

Namun, kau tak perlu khawatir. Cukup dengan rutin menggunakan gel lidah buaya, kamu bisa menunda kemunculannya. Sebab, di dalam  bahan alami satu ini terdapat vitamin C dan E. 

Kombinasi vitamin ini kemudian bekerja secara efektif dalam mencegah terjadinya pembentukan radikal bebas. Molekul radikal bebas terbuat lah yang seringkali menimbulkan kerusakan pada kulit. Alhasil, kamu mengalami masalah flek hitam, garis halus hingga kerutan yang mengganggu. 

Sedangkan, adanya asam salisilat dalam lidah buaya berfungsi untuk mengurangi tumpukan sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih segar dan segar. Selain itu, teksturnya yang lembut dan mudah menyerap juga mampu menembus hingga permukaan terdalam kulit dan menghasilkan efek yang maksimal. Menarik bukan? 

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung aja, cobain sendiri gel lidah buaya sebagai rangkaian perawatan dan rasakan sendiri manfaatnya.