5 Manfaat Mugwort untuk Wajah, Bikin Kulit Bebas Jerawat

Minggu, 14 Mei 2023 | 18:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Manfaat Mugwort Untuk Wajah, Bikin Kulit Bebas Jerawat

Ilustrasi Mugwort. (Special)

Ladiestory.id - Mugwort atau Artemisia vulgaris L merupakan sejenis gulma yang memiliki banyak manfaat. Mugwort atau disebut juga daun baru Cina kerap digunakan dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat Tiongkok. Pasalnya, dalam tanaman ini terdapat banyak kandungan seperti misalnya sifat antibakteri, antioksidan, antijamur, antiinflamasi dan antitumor.

Selain itu, mugwort juga mengandung vitamin C dan E yang berperan penting untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, kemudian mugwort banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan skincare. Mugwort diketahui memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan kulit wajah. Mulai dari melembapkan, mencerahkan bahkan bisa membantu menghilangkan jerawat. Ladiestory.Id telah merangkum lima manfaat mugwort bagi wajah. 

Melembapkan Kulit

Ilustrasi Mugwort. (Special)

Seperti diketahui, mugwort memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan vitamin E ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sehingga, mengonsumsi mugwort atau menggunakan produk skincare berbahan dasar mugwort dapat membantu menutrisi kulit dari dalam. Selain itu juga dapat mencegah kulit kering dan retak. Sehingga kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat, lembap, dan terhidrasi dengan baik. 

Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi Mugwort. (Special)

Dalam beraktivitas sehari-hari terlebih di luar ruangan, kamu akan mengalami risiko terkena  paparan sinar UV. Paparan sinar UV yang berlebihan tentu sangat tidak baik bagi kesehatan kulit. Kulit akan menjadi lebih kusam bahkan mengalami tanda penuaan dini seperti munculnya garis halus maupun flek hitam di wajah. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa memanfaatkan tanaman herbal mugwort. Kamu bisa mengonsumsinya, membuatnya menjadi masker, ataupun memakai skincare berbahan dasar mugwort. Pasalnya, dalam mugwort terdapat kandungan vitamin E dan zat antioksidan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dini. 

Mencegah Iritasi

Ilustrasi Mugwort. (Special)

Adanya sifat anti inflamasi dalam mugwort, membuat tanaman herbal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah. Gejala yang muncul seperti gatal, kemerahan, pembengkakan maupun ruam kulit akibat iritasi dapat diatasi dengan menggunakan mugwort. Sehingga, mugwort pada dasarnya aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif sekalipun. 

Menghilangkan Jerawat

Ilustrasi Mugwort. (Special)

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Selain membuat kamu tak nyaman, jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat yang muncul di wajah, salah satunya dengan menggunakan tanaman herbal mugwort. 

Kandungan vitamin E yang ada dalam mugwort berfungsi untuk mencegah oksidasi sebum dan memperlambat penumpukannya. Perlu kamu ketahui bahwa penyebab timbulnya komedo dan jerawat adalah karena adanya penumpukan sebum dalam pori-pori. 

Selain itu, mugwort juga mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat seperti Staphylococcus epidermidis dan Propionibacterium acnes. Terdapat juga sifat antioksidan dalam mugwort yang berperan untuk menangkap radikal bebas sehingga kulit tetap sehat. 

Mencerahkan Kulit

Ilustrasi Mugwort. (Special)

Manfaat terakhir yang dimiliki mugwort bagi wajah adalah dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam mugwort. 

Vitamin C berperan dalam proses produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan kerutan berkurang. Tak hanya itu, vitamin C juga diyakini mampu menurunkan produksi melanin. Melanin merupakan suatu pigmen warna kulit. Jadi, semakin sedikit produksi melanin dalam tubuh, maka akan membuat kulit menjadi lebih cerah.

Ladies, itulah lima manfaat mugwort bagi wajah. Jadi, selain membuat kulit lembap, mugwort juga dapat membuat kulit kencang dan lebih cerah. Umumnya, mugwort aman digunakan untuk semua jenis kulit, namun bagi pengidap alergi, maka kamu bisa berdiskusi dengan dokter terlebih dulu sebelum memutuskan mengonsumsi dan menggunakan mugwort.