Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | TRAVEL | 5 MUSEUM YANG BISA KAMU KUNJUNGI DI JAKARTA

5 Museum Yang Bisa Kamu Kunjungi Di Jakarta

LS Travel
Penulis: LS Travel
Rabu, 03 Maret 2021 | 08:38:22
Durasi baca: 2 menit, 34 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Museum Yang Bisa Kamu Kunjungi Di Jakarta

Museum adalah cara terbaik bagi orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah suatu negara. Keberadaan museum dapat mempromosikan warisan sejarah kolektif, juga untuk melestarikan budaya suatu tempat. Salah satu hal terbaik tentang Jakarta adalah kota ini sangat kaya akan sejarah dan budaya. Itulah sebabnya ada begitu banyak monumen dan museum nasional yang tersebar di seluruh penjuru kota; masing-masing memiliki cerita unik untuk diceritakan. Berikut adalah daftar 5 museum terbaik untuk kamu kunjungi:

Museum Nasional

Berlokasi di pusat kota Jakarta, kamu tidak boleh melewatkan museum yang menakjubkan ini. Museum ini dinilai sebagai museum terbaik di Jakarta oleh penduduk lokal dan turis. Di sini kamu dapat menemukan banyak sekali koleksi patung dan artefak dari seluruh nusantara. Ini adalah tempat yang tepat bagi kamu untuk mengenal budaya dan sejarah Indonesia. Kamu perlu setidaknya menghabiskan 3-4 jam untuk menghargai dan mengenal semua yang ada dalam museum ini.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Bukber Di Jakarta

Museum Sejarah Jakarta

Terletak di Kota Tua / Kota Tua Jakarta, Museum Fatahilah menampilkan objek dan replika yang berasal dari zaman prasejarah Jakarta, melalui era kolonial Belkamu, hingga kemerdekaan Indonesia. Kamu dapat menemukan hal-hal seperti peta bersejarah, lukisan, keramik, furnitur, dan artefak arkeologi yang unik. Bangunannya sendiri dibangun pada tahun 1710 sebagai balai kota pada masa penjajahan Belkamu

Museum Tekstil Indonesia

Di sini kamu bisa menemukan banyak jenis Batik dari seluruh Indonesia, beserta keterangan informatif tentang asal muasal dan sejarah di balik masing-masing desain. Museum ini juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan di mana kamu dapat benar-benar mempelajari makna dan perkembangan dari sudut pkamung artistik dan teknologi tekstil Indonesia sepanjang sejarah. Sebelum kamu pergi, kamu juga dapat belajar bagaimana membuat batik. Mulai dari menggunakan pensil untuk menggambar desain, menguraikan desain kamu dengan lilin menggunakan canting, dan terakhir memberi warna pada desain kamu dengan merendam kain dalam pewarna.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Baca juga: 3 Staycation Mewah dan Murah di Bawah 1 Juta Paling Recommended buat Liburan Keluarga di Jakarta


Museum ini menyimpan koleksi seni terbesar di negara ini, mulai dari lukisan tradisional hingga patung dan instalasi seni lainnya, semuanya dibuat oleh seniman terkenal Indonesia. Seperti beberapa museum di Jakarta, arsitektur menjadi sesuatu yang juga harus kamu perhatikan. Bangunan itu dulunya adalah pengadilan, dan ada taman yang indah tepat di tengahnya.

Museum Prangko Indonesia

Perangko memiliki sejarahnya tersendiri di Indonesia, berkaitan dengan masa kolonial sebelum kemerdekaan Indonesia. Di museum ini, terdapat 6 ruang pameran yang bisa kamu jelajahi, masing-masing dibagi secara kronologis seiring perangko yang disebarkan atau dibuat di Indonesia. kamu bisa melihat banyak sekali desain dengan berbagai warna dan ukuran dengan informasi mengenai sejarahnya, juga bagaimana perangko didistribusikan pada masa kolonial.

Museum MACAN

Museum MACAN adalah museum seni di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni rupa modern dan kontemporer Indonesia dan internasional. Bahkan, mereka memasukkan museum tersebut ke dalam daftar 100 Tempat Terbesar Dunia 2018 yang dirilis oleh majalah Time. Museum ini menampilkan sekitar 90 karya dari total 800 karya seni Indonesia modern dan kontemporer dari seluruh dunia, termasuk ‘Infinity Mirrored Room’ karya seniman Jepang Yayoi Kusama.

Baca juga: Restoran Korea Halal Di Jakarta Yang Dijamin Enak Banget

Nah itulah 5 museum yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Tidak hanya kamu bisa melihat dan terhubung dengan budaya dan sejarah tradisional Jakarta, tetapi kamu juga bisa mengenal Jakarta lebih baik di era modern ini.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

museum musium di jakarta jakarta museum di jakarta keliling museum di jakarta

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel