5 Pilihan Bahan Pakaian yang Nyaman Tuk Rayakan Lebaran

Sabtu, 22 April 2023 | 15:47:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

5 Pilihan Bahan Pakaian Yang Nyaman Tuk Rayakan Lebaran

Ilustrasi Bahan Pakaian di Hari Lebaran. (Pexels/RODNAE Pictures)

Ladiestory.id - Menjelang perayaan Hari Raya Lebaran Idulfitri tentu seluruh umat muslim menyambut dengan penuh persiapan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Salah satu persiapan yang pasti telah disiapkan oleh para umat muslim adalah pakaian yang akan dikenakan saat perayaan Hari Raya Lebaran Idulfitri nanti.

Namun, sudah kah kamu menyiapkan pakaian dengan bahan yang nyaman saat dikenakan di hari raya? Pemilihan bahan pakaian tentu menjadi salahh satuu pertimbangan yang penting, hal itu karena saat Hari Perayaan Lebaran Idulfitri, kita akan berkunjung ke sanak saudara untuk bersilaturahim.

Untuk mengutamakan kenyamanan saat bersilaturahim di Hari Raya Lebaran Idulfitri, berikut adalah pilihan bahan pakaian yang cocok dikenakan di hari raya.

Linen

Ilustrasi pakaian bahan linen. (Spesial)

Pakaian dengan bahan kain linen sangat cocok digunakan saat perayaan Hari Raya Lebaran Idulfitri. Meski memiliki tekstur yang sedikit kaku, pakaiann dengan bahan kain linen memberi rasa sejuk saat menyentuh kulit.

Daya serapnya pun terbilang sangat baik. Tapi ada satu kekurangan dari pakaian berbahan linen, yaitu mudah kusut dan meninggalkan bekas tajam jika terlipat. Selebihnya, outfit berbahan linen sangat nyaman dikenakan di momen Idulfitri.

Katun

Ilustrasi pakaian bahan katun. (Spesial)

 

Pakaian berbahan katun juga bisa menjadi pilihan pakaian yang dapat dikenakan saat hari Perayaan Hari Raya Lebaran Idulfitri.

Kain katun terbuat dari serat kapas ringan yang kuat dan memiliki tekstur yang super halus hingga sangat nyaman dan sejuk saat dikenakan di hari raya.

Katun Jepang

Ilustrasi pakaian bahan katun Jepang. (Spesial)

Bahan baku katun Jepang terbuat dari seratus persen serat kapas halus, sehingga kualitasnya lebih baik dibanding katun biasa dan jenis katun lainnya.

Daya serap katun jepang lebih baik dan tekstur lembutnya sangat nyaman di kulit. Harganya memang lebih tinggi dibanding jenis katun lain, tapi sebanding dengan kenyamanan yang dirasakan saat dikenakan di hari raya.

Kaus Cotton Combed

Ilustrasi pakaian bahan cotton combed. (Spesial)

Jika kamu ingin mengennakan pakaian yang casual kamu bisa pilih kaus dengan bahan cotton combed. Pakaian dengan bahan kaus cotton combed sangat nyaman dan lembut saat dipakai. Daya serapnya sangat baik, nyaman untuk segala kondisi cuaca meski dipakai cukup lama.

Kain cotton combed pada dasarnya dibuat seperti katun biasa. Namun pada tahap akhir dilakukan penyisiran (combed) pada serat kainnya, sehingga lebih halus dan gak nampak berbulu.

Kain cotton combed punya tiga ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s. Keterangan ukuran ini biasanya juga dicantumkan pada label deskripsi baju. Semakin besar angka, makin lentur dan lembut pula karakter kainnya.

Sutra

Ilustrasi pakaian bahan sutra. (Spesial)

Dengan mengenakan pakaian yang memiliki bahan sutra saat hari raya, kamu akan terlihat sangat elegan.

Selain itu, pakaian dengan bahan kain sutra memberikan rasa yang sangat nyaman. Hal itu karena kain sutra mempunyai tekstuur yang sangat lembut, ringan, serta mempunyai permukaan yang berkilau.

Kendati demikian, sutra juga dikenal memiliki harga yang cukup mahal, maka dari itu kamu harus pertimbangkan terlebih dahuulu budget yang kamu miliki sebelum memilih bahan pakaian yang akan kamu kenakan saat perayaan Hari Raya Lebaran Idulfitri.