5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi, Bikin Enggan Pulang!

Jumat, 16 Juni 2023 | 09:55:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Di Dieng Yang Wajib Dikunjungi, Bikin Enggan Pulang!

Bukit Sikunir Dieng. (Special)

Ladiestory.id - Dieng merupakan suatu wilayah dataran tinggi yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dieng berada di 2.100 mdpl yang membuatnya mendapatkan julukan Negeri di Atas Awan. 

Dieng menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Jawa Tengah. Pasalnya, di sini pengunjung dapat melihat panorama keindahan alam yang memukau. Bahkan udara dingin di kawasan ini akan membuat kamu betah dan enggan pulang. 

Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum lima rekomendasi destinasi wisata di Dieng yang wajib kamu kunjungi. 

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir. (Special)

 

Saat berkunjung ke kawasan wisata Dieng jangan lupa untuk berkunjung ke bukit Sikunir. Tempat wisata ini berada di desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah sunrise yang memukau. Untuk bisa melihat keindahan sunrise di bukit Sikunir, kamu perlu melewati jalur pendakian berupa anak tangga yang rapi.

Jika kamu berasal dari luar kota tak perlu khawatir, di desa Sembungan ada banyak villa dan penginapan dengan harga yang terjangkau. Kalau kamu ingin mendapatkan momen sunrise terbaik, kamu bisa berkunjung saat musim kemarau yaitu bulan Juli-Agustus.

Candi Arjuna

Candi Arjuna. (Special)

 

Selain menikmati keindahan alam dan sunrise di bukit Sikunir, kamu juga wajib berkunjung ke salah satu destinasi wisata sejarah di Dieng yaitu Candi Arjuna Dieng. Candi Arjuna merupakan salah satu candi peninggalan Hindu di Jawa Tengah. Candi ini terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Di kawasan candi ini, kamu tidak hanya dapat melihat Candi Arjuna saja melainkan ada candi lain seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Kawasan Candi Arjuna ini juga kerap digunakan untuk pelaksanaan Galungan maupun upacara pemotongan rambut gimbal. 

Telaga Warna

Telaga Warna. (Special)

 

Destinasi wisata yang juga cukup populer di Dieng adalah Telaga Warna. Lokasinya berada di Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini terletak di ketinggian 2000 mdpl.

Di tempat wisata ini kamu bisa melihat sebuah telaga dengan air yang jernih dan dapat berubah-ubah warnanya. Air di telaga warna bisa berubah-ubah menjadi merah, hijau, biru, maupun putih. Hal ini dikarenakan air di telaga tersebut mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sehingga jika terkena sinar matahari maka akan memantulkan warna yang berbeda-beda. 

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon. (Special)

 

Tak terlalu jauh dari Telaga Warna, kamu akan menemukan satu desa wisata yang tak kalah ciamik, yaitu Telaga Pengilon. Telaga Pengilon merupakan sebuah telaga yang memiliki air yang jernih dan bening. Namun, warna air di telaga ini tidak dapat berubah-ubah seperti Telaga Warna. 

Salah satu daya tarik Telaga Pengilon adalah pemandangan alam yang memukau. Selain itu terdapat juga banyak spot foto dan wahana kekinian yang wajib kamu coba. 

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin. (Special)

 

Destinasi wisata selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Dieng adalah Batu Ratapan Angin. Destinasi wisata ini berupa sebuah tebing tinggi yang berada di sekitar Telaga Warna. Sehingga dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. 

Buat kamu yang suka berfoto, jangan lupa mengabadikan momen di tempat ini, ya. Namun, untuk mencapai ke puncak Batu Ratapan Angin diperlukan tenaga yang ekstra karena lokasinya yang berada di ketinggian.