5 Rutinitas Sederhana Bikin Tubuh Awet Muda, Mari Terapkan

Minggu, 6 Agustus 2023 | 00:00:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

5 Rutinitas Sederhana Bikin Tubuh Awet Muda, Mari Terapkan

Ilustrasi Wanita Terlihat Menikmati Udara Pagi. (CANVA)

Ladiestory.id - Penuaan proses alami yang dialami oleh semua orang seiring bertambahnya usia. Kulit manusia secara alami mengalami berbagai perubahan seiring waktu, termasuk penurunan produksi kolagen dan elastin yang menyebabkan kehilangan elastisitas dan kekencangan kulit.

Beberapa faktor lain yang juga dapat berkontribusi pada proses penuaan termasuk paparan sinar UV, polusi, merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya tidur, stres, dan faktor genetik. Paparan sinar matahari dan radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit, menyebabkan peradangan, dan menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin, yang pada gilirannya menyebabkan munculnya garis halus, kerutan, dan bercak pada kulit.

Meskipun penuaan menjadi proses yang alami dan tidak bisa dihindari sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan menjaga agar kulit tetap terlihat awet muda secara alami

1. Konsumsi makanan bergizi

Ilustrasi Wanita Memasak Makanan Sehat. (CANVA)

 

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral, seperti sayuran berwarna-warni, buah-buahan, biji-bijian, ikan berlemak, dan kacang-kacangan. Nutrisi ini membantu melawan radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan serta hindari konsumsi garam berlebih yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

2. Cukup tidur

Ilustrasi Wanita Menikmati Waktu Tidur. (CANVA)

 

Selama tidur, tubuh Kamu memperbaiki dan memperbaharui jaringan-jaringan yang rusak dan menghasilkan sel-sel baru. Tidur yang cukup membantu pemulihan fisik setelah beraktivitas sehari-hari. Tidur yang cukup membantu menjaga keseimbangan hormon yang berperan dalam kesehatan mental dan emosional kamu. Kurang tidur dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi. Pastikan Kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, karena tidur yang berkualitas membantu memperbaharui sel-sel kulit dan mengurangi tanda penuaan.

3. Tetap positif dan bahagia

Ilustrasi Wanita Menikmati Suasana Yang Tenang. (CANVA)

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sikap positif terkait dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. Sikap positif dan bahagia dapat membantu Kamu merasa lebih baik secara keseluruhan, yang juga berdampak positif pada kesehatan kulit. Tetap positif dan bahagia bukan berarti mengabaikan masalah atau tantangan dalam hidup. Namun, dengan sikap positif, Kamu dapat menghadapinya dengan lebih baik dan menemukan solusi yang lebih baik.

4. Minum cukup air

Ilustrasi Wanita Cukup Minum Air Mineral. (CANVA)

 

Pastikan kamu terhidrasi dengan baik dengan minum cukup air setiap hari. Air membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Minum cukup air membantu menjaga kulit tetap lembab dan sehat, sehingga dapat mengurangi risiko munculnya kulit kering dan keriput. Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan fokus dan kinerja kognitif. Minum cukup air membantu menjaga konsentrasi dan fungsi otak yang optimal. Air membantu organ-organ tubuh, seperti ginjal, hati, dan usus, berfungsi lebih efisien dalam proses detoksifikasi dan pengeluaran limbah.

5. Rajin berolahraga

Ilustrasi Wanita Sedang Berolahraga. (CANVA)

 

Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat otot, dan membantu mempertahankan elastisitas kulit. Olahraga secara teratur membantu meningkatkan daya tahan jantung, menjaga tekanan darah dalam kisaran normal, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Olahraga melepaskan endorfin, yaitu hormon "senang" alami yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Penuaan menjadi bagian normal dari siklus hidup, dan menerima dan merayakan penuaan dengan penuh kasih dan penghargaan atas tubuh kita adalah penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional kita. Tetaplah mencintai dan merawat diri kamu dengan baik, baik dari dalam maupun dari luar.