5 Tips Aman dan Nyaman Naik Pesawat Bersama Balita

Selasa, 13 Februari 2024 | 14:16:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Tips Aman Dan Nyaman Naik Pesawat Bersama Balita

Ilustrasi Anak di Pesawat. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Memiliki anak bukanlah sebuah halangan untuk tetap bepergian mengunjungi  banyak tempat-tempat baru. Saat bepergian, tentunya berbagai jenis transportasi pun akan ditumpangi, termasuk pesawat.

Membawa anak apalagi yang masih balita bukan merupakan hal yang mudah bagi tiap orang tua. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar buah hati tetap tenang dan tidak rewel ketika naik pesawat.

Melansir Parents, berikut tips-tips yang bisa dilakukan saat naik pesawat bersama anak.

Pesan Penerbangan Pagi

Ilustrasi Anak di Pesawat. (Freepik.com)

 

Seorang pramugari bernama Patrick mengatakan bahwa sebaiknya pesan penerbangan pagi hari jika melakukan perjalanan dengan anak. Hal ini dilakukan untuk menghindari penundaan saat lepas landas dan mendarat.

“Biasanya tempat tersebut juga tidak terlalu ramai. Ditambah lagi, semua orang lelah dan hanya ingin tidur siang, terutama anak-anak,” jelasnya.

Tiba 1-2 Jam Sebelum Boarding

Ilustrasi Anak di Pesawat. (Freepik.com)

 

Luangkanlah waktu yang cukup lama sebelum boarding, waktu ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sang anak. Sebelumnya, gantilah terlebih dahulu popok dan buat anak merasa kenyang sebelum memasuki pesawat. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan anak yang akan rewel selama penerbangan.

Bawa Mainan atau Buku Bacaan

Ilustrasi Anak di Pesawat. (Freepik.com)

 

Untuk meminimalkan anak yang akan rewel selama penerbangan, maka jangan lupa untuk membawa mainan atau buku bacaan untuk anak selama di dalam pesawat. Mainan dan buku bacaan dapat membuat fokus anak teralihkan selama di pesawat sehingga menjadi tenang dan tidak rewel.

Bersiap Akan Perubahan Tekanan Udara

Ilustrasi Anak di Pesawat. (Freepik.com)

 

Jika sebelum perjalanan anak baru saja mengalami infeksi telinga atau pilek, maka konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter. Perubahan tekanan udara di dalam kabin selama perjalanan dapat menimbulkan rasa sakit pada anak.

Bawalah persediaan air yang cukup dan minta anak untuk minum setelah pesawat lepas landas dan selama 30-45 menit sebelum pesawat mendarat. Menelan dapat membantu perubahan tekanan dan memberikan manfaat hidrasi tambahan untuk anak.

Bawa Popok Lebih dan Kantong Muntah

Ilustrasi Anak di Pesawat. (Freepik.com)

 

Popok cadangan akan membuat orang tua merasa jadi lebih aman, terutama saat anak buang air kecil atau besar. Pasalnya, perubahan tekanan udara saat di pesawat berpotensi membuat perut anak menjadi tidak nyaman. Tak hanya itu, bawalah juga kantong muntah untuk berjaga-jaga apabila hal lain terjadi.