5 Tips Bepergian Dengan Smartphone yang Patut Disiapkan

Jumat, 12 April 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Tips Bepergian Dengan Smartphone Yang Patut Disiapkan

Ilustrasi Bepergian Dengan Ponsel. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Smartphone merupakan salah satu barang wajib yang akan selalu dibawa ke mana pun seseorang akan pergi, termasuk saat traveling. Orang-orang tentunya sudah terbiasa dengan beragam fitur dan aplikasi yang khas pada smartphone.

Saat sedang bepergian, tentunya fitur-fitur dan aplikasi tersebut bisa sangat membantu, namun tak jarang juga keberadaan smartphone bisa mengurangi kualitas traveling karena membuat seseorang menjadi terpaku pada smartphone-nya saja.

Melansir Ordinary Traveler, berikut ini 5 tips bepergian dengan smartphone.

Matikan Roaming Data

Ilustrasi Bepergian Dengan Ponsel. (Freepik.com)

 

Roaming data dapat berperan besar dalam munculnya tagihan tak terduga pada tagihan telepon, terutama selama perjalanan internasional. Roaming data terjadi ketika penyedia jaringan tidak tersedia di wilayah tertentu dan telepon terhubung ke penyedia lain untuk sementara.

Saat pergi ke area asing, penting untuk memastikan bahwa roaming dimatikan karena ini memastikan ponsel tidak terhubung secara otomatis ke Wi-Fi dan mencegah timbulnya biaya yang terkait dengan roaming.

Unduh Aplikasi yang Dibutuhkan

Ilustrasi Bepergian Dengan Ponsel. (Freepik.com)

 

Untuk memastikan tidak lengah, pastikan meluangkan waktu untuk mengunduh semua aplikasi yang diperlukan sebelum berangkat.

Saat bepergian, seseorang mungkin terjebak tanpa Wi-Fi yang dapat diandalkan, atau memerlukan aplikasi segera. 

Untuk mengurangi stres berlebih, buatlah daftar aplikasi yang diperlukan dan periksa kembali apakah semuanya telah diunduh sebelum keberangkatan.

Gunakan Case dan Pelindung Layar

Ilustrasi Bepergian Dengan Ponsel. (Freepik.com)

 

Membeli casing ponsel dan pelindung layar yang andal dapat membantu memastikan ponsel pintar dapat melewati perjalanan dengan aman. 

Melindungi bagian luar ponsel adalah prioritas untuk memastikan seseorang dapat menggunakan semua aplikasi yang diperlukan dan tetap berhubungan dengan teman dan keluarga selama petualangan.

Sediakan Memori yang Cukup

Ilustrasi Bepergian Dengan Ponsel. (Freepik.com)

 

Menurut survei perjalanan terbaru yang dilakukan oleh ZAGG, 91% orang menggunakan ponsel cerdas mereka untuk mengambil foto dan video saat berlibur. File foto dan video menghabiskan banyak ruang penyimpanan di ponsel cerdas, dan file video menjadi penyebab terbesarnya. 

Luangkan waktu untuk memeriksa tingkat penyimpanan ponsel saat ini dan menilai apakah perlu menambah ruang penyimpanan.

Bawa Power Bank Portable

Ilustrasi Bepergian Dengan Ponsel. (Freepik.com)

 

Berinvestasi pada bank daya bisa menjadi hal yang bagus dalam kondisi apa pun, tetapi bahkan lebih penting lagi saat bepergian. Seringkali, tidak ada stopkontak yang tersedia untuk mengisi daya perangkat dan pengisi daya portabel dapat memberi keamanan karena mengetahui bahwa tidak akan pernah terjebak dengan baterai yang mati.