5 Tips Liburan Aman dan Nyaman Naik Kereta Api, Bawa Barang Seperlunya

Minggu, 19 Februari 2023 | 18:17:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Tips Liburan Aman Dan Nyaman Naik Kereta Api, Bawa Barang Seperlunya

Ilustrasi traveling. (Special)

Ladiestory.id - Kereta api menjadi salah satu moda transportasi favorit. Dengan harga tiket yang terjangkau dan fasilitas yang cukup bagus, liburan dengan naik kereta api akan menjadi sangat menyenangkan. Bahkan kamu bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang jalur kereta api yang kamu lalui.

Kereta api bisa jadi pilihan tepat saat kamu merencanakan liburan bersama keluarga maupun pasangan. Banyak daerah yang bisa kamu tuju dengan menggunakan moda transportasi ini. Nah, agar kamu merasa aman dan nyaman selama perjalanan naik kereta api, kamu bisa ikuti lima tips berikut yang telah dirangkum Ladiestory.id.

Pesan Tiket Online

Ilustrasi pesan tiket online. (Special)

 

Perusahaan PT KAI kini semakin memberikan kemudahan bagi calon penumpang kereta api. Jika dulunya, untuk membeli tiket kereta api harus dilakukan di stasiun, kini kamu bisa pesan tiket kereta api secara online, lho. Kamu bisa gunakan aplikasi resmi dari PT. KAI yaitu KAI Access yang bisa kamu download melalui Play Store maupun App Store.

Selain itu, kamu juga bisa pesan tiket kereta api melalui marketplace. Untuk pembayarannya juga cukup mudah, bisa kamu lakukan dengan menggunakan mobile banking. Dengan cara ini, kamu tidak perlu antri untuk mendapatkan tiket kereta api. Kamu juga bisa bebas memilih jadwal keberangkatan dan tempat duduk sesuai dengan keinginanmu. 

Datang Lebih Awal

Ilustrasi berlibur. (Special)

 

Saat hari keberangkatan tiba, pastikan kamu datang lebih awal ke stasiun, ya. Kamu bisa datang satu jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Pasalnya, jika kamu pesan tiket secara online, kamu perlu cetak tiket terlebih dulu di mesin cetak tiket. Selain itu, kamu juga punya banyak waktu untuk mengecek kembali barang bawaan. Jadi, dengan datang lebih awal, kamu tidak akan merasa terburu-buru. 

Bawa Kartu Identitas

Saat booking tiket kereta api, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor kartu identitas yang kamu miliki. Begitu juga saat memasuki ruang tunggu, selain mengecek tiket kereta api milikmu, petugas juga akan meminta kamu untuk menunjukkan kartu identitas. Jadi, jangan sampai lupa membawa kartu identitas atau KTP selama kamu bepergian. 

Bawa Barang Seperlunya

Ilustrasi packing pakaian. (special)

 

Tips selanjutnya yang bisa kamu ikuti saat liburan dengan menggunakan kereta api adalah usahakan membawa barang seperlunya. Pasalnya, di stasiun sangat minim tempat penitipan barang. Selain itu, jika kamu membawa barang terlalu banyak maka akan berisiko barang milikmu tertinggal di stasiun maupun gerbong kereta api. 

Kereta api juga memiliki batas maksimal penyimpanan yaitu 20 kg. Jika barang bawaan terlalu banyak kamu juga akan merasa tidak nyaman saat duduk karena tempat duduk menjadi lebih sempit. Tak hanya itu, barang bawaanmu juga berpotensi mengganggu kenyamanan penumpang lain. 

Bawa Bekal

Perjalanan menggunakan kereta api umumnya memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, agar kamu tidak merasa kelaparan saat dalam perjalanan naik kereta api, kamu bisa membawa bekal dari rumah. Kamu bisa membawa makanan maupun minuman favoritmu. Dengan membawa bekal sendiri, maka akan lebih menghemat pengeluaran. 

Namun, jika kamu tak sempat menyiapkan bekal, kamu bisa lho pesan makanan di kereta. Ada banyak menu makanan yang disediakan mulai dari camilan hingga makanan pokok. 

Ladies, itulah lima tips liburan aman dan nyaman dengan naik kereta api. Kereta api Indonesia kini telah berkembang menjadi moda transportasi yang memiliki fasilitas yang bagus dan ada banyak rute yang tersedia. Jadi, kapan liburan naik kereta api?