5 Tips Persiapan Naik Gunung bagi Pemula, Siapkan Fisik dan Mental!

Senin, 8 Mei 2023 | 17:15:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Tips Persiapan Naik Gunung Bagi Pemula, Siapkan Fisik Dan Mental!

Ilustrasi mendaki gunung merayakan 17 agustusan ( Voltras Agent )

Ladiestory.id - Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan favorit bagi sebagian orang. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, naik gunung juga bisa membuat pikiran menjadi fresh dan baik untuk kesehatan mental. Namun, ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum naik gunung seperti persiapan fisik dan juga mental. 

Terlebih bagi kamu yang baru pertama kali akan mendaki gunung, maka kamu perlu menyiapkan beberapa hal secara ekstra. Tujuannya adalah agar kamu bisa selamat selama proses pendakian gunung dan tidak mengalami kendala. Jangan pernah melakukan pendakian gunung tanpa persiapan yang matang karena dapat membahayakan keselamatan.

Ladiestory.id telah merangkum lima tips persiapan naik gunung buat kamu yang baru pertama kali melakukannya. 

Latihan Fisik

Ilustrasi olahraga. (Special)

 

Hal pertama yang wajib kamu siapkan sebelum naik gunung adalah latihan fisik. Bahkan latihan fisik ini perlu dilakukan bukan hanya untuk pemula saja namun juga untuk semua orang yang berencana untuk naik gunung. Jenis latihan fisik yang perlu kamu lakukan adalah latihan kardio dan mengatur pernapasan. 

Selama proses pendakian gunung, ketahanan fisik akan diuji dan juga terkuras. Oleh karena itu, jika kamu tidak melakukan latihan fisik sebelumnya maka akan membuat kamu kesulitan selama proses pendakian dan bisa saja kamu gagal mencapai puncak karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan. 

Pastikan Kaki Nyaman

Ilustrasi Otot Kaki (Special)

 

Selama proses pendakian, kekuatan otot kaki menjadi hal yang sangat penting dan berperan besar. Oleh karena itu, sebelum naik gunung, kamu perlu memastikan kondisi kaki tetap fit dan nyaman. Untuk membuat kaki terasa nyaman, sebaiknya pilih sepatu untuk naik gunung yang tepat. Selain itu, kamu juga perlu mengenakan kaus kaki yang nyaman dan mampu menyerap keringat. Jika alas kaki yang kamu gunakan nyaman, maka kamu akan nyaman melangkah dan sukses dalam proses pendakian. 

Bawa Bekal yang Cukup

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

 

Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan saat proses pendakian adalah membawa bekal makanan serta minuman. Bekal ini sangat penting untuk mengembalikan energi yang hilang selama proses pendakian. Agar memudahkan kamu, maka kamu bisa membawa stok makanan kering, buah-buahan maupun kacang. Selain itu, kamu juga bisa membawa sekitar 3-5 liter air saat naik gunung.

Sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman secukupnya saja. Terlalu banyak membawa bekal akan menyulitkan kamu selama proses pendakian karena kamu akan merasa terbebani dengan barang bawaan yang berat dan banyak. 

Bawa Perlengkapan Mendaki

Ilustrasi Mendaki Gunung saat Hujan. (Special)

 

Selain membawa bekal makanan dan minuman, saat naik gunung kamu juga perlu membawa perlengkapan mendaki seperti jaket maupun tenda. Jaket sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami hipotermia karena suhu di dataran tinggi seperti pegunungan tentu saja sangat rendah. Dalam memilih jaket untuk mendaki juga tidak boleh sembarangan. Sebaiknya pilih jaket yang waterproof, tahan angin, dan juga breathable. 

Selain itu, kamu juga perlu membawa tenda untuk tempat istirahat. Pilihlah tenda yang waterproof sehingga tidak bocor ketika hujan. Kamu juga bisa membawa perlengkapan masak portable jika diperlukan. 

Siapkan Mental

Ilustrasi mendaki pemula ( Freepik )

 

Hal terakhir yang wajib kamu siapkan saat naik gunung pertama kali adalah menyiapkan mental. Pasalnya, kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi di alam saat proses pendakian. Selain itu, kamu juga perlu menjaga emosi. Jangan terlalu ambisius untuk bisa segera sampai ke puncak. Hilangkan semua ego dan fokus bahwa yang terpenting adalah dapat mencapai puncak dengan selamat dan pulang dalam kondisi yang selamat.