5 Tips Potong Rambut Sendiri di Rumah Tanpa Takut Gagal 

Rabu, 3 Maret 2021 | 20:40:11

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

 5 Tips Potong Rambut Sendiri Di Rumah Tanpa Takut Gagal 

Rambut yang mulai panjang, tidak beraturan, dan ujungnya  bercabang membuat wanita resah, tak nyaman, bahkan kurang percaya diri. Sayangnya, untuk melakukan perawatan seperti menggunting rambut ke salon saat ini tak bisa dilakukan sebebas dulu. 

Sejumlah salon membatasi jumlah pengunjung lantaransocial distancing akibat pandemi virus COVID-19. Sebagai solusi, kamu bisa menggunting rambut sendiri di rumah. Selain mencegah penularan virus corona, memotong rambut di rumah juga dapat menghemat waktu dan biaya. 

Tak perlu khawatir potongan rambut kamu bakal aneh dan gagal. Nah, berikut ini tips memotong rambut dari Ladiestory yang bisa kamu coba di rumah agar hasilnya tak kalah dengan potongan di salon. 

Siapkan Perlengkapan dan Tentukan Model 

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum memotong rambut di rumah adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Alat-alat tersebut, di antaranya gunting, sisir, kain pelindung pakaian, sampo, handuk, cermin, semprotan air, dan jepitan. 

Gunakan gunting khusus rambut berukuran kecil dan tajam. Selain memudahkan ketika menggunting, juga meminimalisir kesalahan dan mendapatkan hasil yang sesuai. Kemudian pilih model rambut. Sebaiknya, pilih model pendek atau medium dengan potongan rata. 

Mengingat, kita memotong rambut sendiri bukan pada hair stylish profesional. Idealnya, memotong rambut sendiri di rumah dilakukan hanya untuk merapikan juga trimming  ujung rambut yang bercabang

Cuci Rambut 

Setelah itu, cuci rambut menggunakan sampo hingga bersih. Kemudian keringkan rambut mengenakan handuk, tapi tidak perlu sampai mengering. Rambut harus tetap dalam keadaan lembap atau setengah basah agar memudahkan menggunting serta mendapat potongan yang rapi. 

Apabila rambut mulai mengering sebelum ritual mengguting rambut selesai, kamu dapat menyemprotkan sedikit air guna membasahi rambut kembali. 

Bagi Rambut

Gunakan kain pelindung agar pakaian dan badan tidak terkena potongan rambut. Sisir rambut ke arah belakangan. Penyisiran rambut ini bertujuan agar menggunting rambut sama rata dan tidak kusut. Sebaiknya, pilih sisir dengan gigi berjarak jauh agar rambut tidak rontok dan kusut. 

Selanjutnya, bagi dua rambut antara bagian atas dan bawah. Jepit rambut bagian atas, lalu sisir rambut bagian bawah ke arah depan dan bagi dua, kanan dan kiri. Potong terlebih dahulu bagian kiri, kemudian kanan. 

Gunting Sedikit Lebih Dulu 

Sebaiknya, menggunting rambut sedikit demi sedikit dulu demi menghindari risiko kesalahan atau hasil potongan yang terlalu pendek. Siapkan kaca untuk melihat potongan rambut sudah rapi serta rata. 

Kemudian, lakukan pemotongan pada rambut bagian atas. Tekniknya sama dengan rambut bagian sama. Ketika menggunting rambut bagian atas, sebaiknya bagian bawah dijepit agar tidak tercampur dan memudahkan saat menggunting. 

Sisir dan Rapikan 

Gerai rambut yang awalnya dibagi dua dan sisir kembali. Perhatikan apakah ada rambut yang tidak rata. Setelah potongan rambut sudah rata dan rapi, keringkan rambut serta sisir kembali sesuai dengan keinginan atau yang biasa dilakukan seperti belah tengah, belah kiri, atau belah kanan.