5 Tips Travelling Bagi Para Introvert yang Harus Diketahui

Kamis, 28 Desember 2023 | 19:40:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

5 Tips Travelling Bagi Para Introvert Yang Harus Diketahui

Ilustrasi introvert travelling. (Pexels.com/Gabriela Palai)

Ladiestory.id - Bepergian atau liburan menjadi salah satu agenda yang selalu disenangi oleh banyak orang, dari berbagai kalangan, bahkan usia.

Karena dengan travelling, kamu akan mengalami hal-hal baru yang dapat membantu memperluas sudut pandang, sekaligus membantu untuk melepaskan diri dari pola pikir yang monoton. Namun bukan berarti perjalanan tanpa hambatan.

Jika kamu seorang introvert, bepergian mungkin merupakan sesuatu yang menghadirkan tantangan tersendiri.

Namun tidak perlu khawatir, melansir dari Happiful yang tayang pada Sabtu (17/6/2023), ada lima tips dari Gemma Holmes, seorang pelatih kepercayaan diri, yang bisa diikuti oleh para introvert yang akan melakukan travelling.

Pahami Diri Sendiri

Ilustrasi memahami diri sendiri sebelum travelling. (Pexels.com/Oleskandr P)

Menjadi seorang introvert bukanlah tentang menjadi pemalu atau tidak menyukai orang lain, tetapi tentang apa yang membuat seseorang merasa terkuras energinya, dan di mana mereka menemukan energinya kembali dengan cara yang mudah.

Dijelaskan oleh Gemma, tidak ada aturan yang tegas dalam mengkategorikan seseorang sebagai 'introvert' atau 'ekstrovert', kamu mungkin menemukan bahwa reaksimu terhadap situasi sosial berbeda-beda, bergantung pada apa yang terjadi di sekitar.

Meskipun demikian, kelompok kepribadian ini masih merupakan landasan yang berguna untuk memahami diri sendiri.

Jadi ada baiknya meluangkan waktu untuk mempelajari diri sendiri, dan bagaimana bersikap dalam berbagai situasi. Hal itu akan menjadi batu loncatan untuk membuat rencana yang sesuai denganmu

Tentukan Tujuan Lokasi

Ilustrasi tentukan tujuan lokasi sebelum travelling. (Pexels.com/Porapak Apichodilok)

Menjadi seorang introvert tidak selalu berarti merasa bahagia saat berada di pegunungan tanpa manusia. Beberapa introvert justru menyukai hiruk pikuk kota yang sibuk selama mereka tidak harus berinteraksi langsung dengan banyak orang.

Gemma menyarankan untuk mengingat kembali perjalanan yang pernah kamu lakukan di masa lampau.

Coba untuk eksplorasi lokasi travelling mana saja yang membuatmu merasa bahagia, dan lokasi mana saja yang sekiranya menyedot energimu.

Atur Rencana dengan Matang

Ilustrasi atur perencanaan dengan matang sebelum travelling. (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Meluangkan waktu sebelumnya untuk membuat rencana perjalanan dapat membuat perjalanan sebagai seorang introvert jauh lebih mudah, hal itu juga akan memberi kesempatan untuk menyesuaikan diri, dan menghormati, kebutuhanmu.

Gemma menjelaskan bahwa kamu tidak harus melakukan aktivitas tertentu, hanya karena semua orang melakukannya.

Jadi, lewati hal-hal yang tidak ingin kamu lakukan, dan sediakan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Komunikasi dengan Teman Perjalanan

 

Ilustrasi berkomunikasi dengan teman perjalanan. (Pexels.com/Bisesh Gurung)

Jika kamu bepergian dengan orang lain, jangan takut untuk berbagi apa yang kamu butuhkan dari perjalanan tersebut, sehingga kamu tidak pulang ke rumah dalam keadaan lebih lelah dibandingkan saat berangkat.

Gemma juga menyarankan untuk membagi tugas tergantung pada apa kekuatanmu juga teman perjalananmu. 

Jujur pada Diri Sendiri

 

Ilustrasi jujur pada diri sendiri. (Pexels.com/Te lensFix)

Jika kamu mencari ruang dan waktu sendirian saat berlibur, namun seseorang yang bepergian bersamamu memiliki ide yang berbeda, membuat batasan dan memberikan apa yang kamu perlukan bisa jadi sulit.

Dari sana, kamu mungkin mendapati dirimu terjerumus ke dalam perilaku yang kurang menyenangkan orang lain.

Namun tidak masalah jika kamu berterus terang dengan orang-orang bahwa kamu ingin menggunakan waktu berlibur untuk refleksi diri dan ketenangan,

Berpegang teguh pada batasan mungkin terasa tidak nyaman jika hal tersebut tidak sering dilakukan, namun hal ini layak dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari waktu yang kamu miliki.