6 Bunga yang Berkhasiat Merawat Kulit 

Selasa, 18 Agustus 2020 | 20:57:22

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

6 Bunga Yang Berkhasiat Merawat Kulit 

Bunga merupakan bahan alami yang banyak digunakan dalam produk kecantikan dan skincare sejak dulu. Selain memiliki sejuta manfaat, kandungan bunga juga aman bagi kulit. Industri kecantikan semakin banyak memanfaatkan bahan-bahan alami dalam kandungan produk mereka, salah satunya bunga. Bahan alami ini diyakini memiliki kandungan yang aman dan bermanfaat bagi perawatan kecantikan, khususnya kulit. Salah satu manfaat bunga untuk kecantikan adalah menutrisi kulit. Lantas, bunga apa saja ya? Berikut ini enam bunga yang digunakan dalam produk kecantikan dilansir dari berbagai sumber. 

Mawar

Mawar menjadi bunga paling populer yang digunakan sebagai bahan alami dalam produk kecantikan seperti toner air mawar, masker wajah, dan lulur. Sayangnya, banyak yang belum tahu bahwa mawar memiliki khasiat dalam merawat kulit. Mawar mengandung antiinflamasi yang berkhasiat meredakan iritasi, kemerahan, dan jerawat yang meradang.  Tak hanya itu, mawar juga bersifat antibakteri yang mampu merawat kulit berjerawat dan kulit berminyak serta menghilangkan jerawat. Dengan air mawar, dapat mengontrol minyak berlebih di wajah serta membersihkan pori-pori kulit. Bunga mawar juga kaya vitamin C sehingga menstimulasi produksi kolagen dan vitamin E yang membantu menjaga kelembapan kulit. 

Lavender

Bunga berwarna ungu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Lavender mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi kemerahan serta menenangkan kondisi kulit mengalami iritasi juga kering. Selain itu, lavender juga membantu mengurangi jumlah produksi sebum berlebih sehingga kulit terhindar dari jerawat. Lavender juga berkhasiat menenangkan kulit akibat stres atau polusi. Tak heran, bila bunga ini banyak digunakan dalam produk face mist, masker wajah, juga sabun mandi karena dapat meningkatkan relaksasi. 

Melati

Bunga melati juga banyak digunakan dalam perawatan kulit. Bunga berwarna putih ini memiliki manfaat membersihkan pori-pori yang tersumbat, menghidrasi kulit, membersihkan noda hitam atau bekas jerawat, meratakan warna kulit, melembutkan wajah, dan mengatasi iritasi kulit. Tak hanya itu, bunga melati juga banyak digunakan dalam perawatan anti-aging atau antipenuaan lantaran mengandung antioksidan yang tinggi. 

Chamomile

Bunga chamomile memiliki segudang manfaat bagi perawatan kulit. Bunga yang kerap dikonsumsi untuk teh ini mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antiseptik. Chamomile mengandung anti-inflamasi sangat tinggi sehingga baik perawatan kulit berjerawat, mengatasi peradangan, juga menenangkan kulit. Bunga berwarna putih ini juga mampu mencerahkan wajah, melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mempercepat penuaan. Dengan chamomile, kulit tampak sehat dan belia serta menenangkan kulit. 

Witch Hazel

Bunga witch hazel sudah cukup familiar ditemukan dalam berbagai produk skincare. Bunga yang tumbuh subur di Amerika dan Asia ini bermanfaat memperbaiki kulit yang rusak, menghaluskan pori-pori, melawan jerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, mengurangi peradangan dan iritasi, serta menenangkan kulit.
 

Calendula

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan bunga satu ini. Namun, sejumlah brand skincare dan kecantikan mulai menciptakan perawaatan kulit dengan kandungan bunga calendula. Bunga berwaran oranye ini banyak digunakan untuk produk masker dan toner wajah. Calendula berkhasiat menyembuhkan dan menghilangkan jerawat, melembapkan dan menenangkan kulit, membersihkan pori-pori tersumbat, juga melembutkan kulit.