6 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan Untuk Buat Anak Jadi Berharga

Jumat, 19 Januari 2024 | 18:19:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

6 Cara Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Buat Anak Jadi Berharga

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Pexels.com/Gustavo Fring)

Ladiestory.id - Menjadi orang tua bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dijalani, tiap orang tua setidaknya memiliki caranya tersendiri dalam mengurus buah hatinya.

Orang tua harus bisa membagi waktu dan perhatian kepada anak-anaknya, untuk menciptakan keseimbangan dan memenuhi kebutuhan setiap anak, sekaligus untuk memastikan tidak ada anak yang merasa tersingkirkan.

Seorang anak yang tidak merasakan keterikatan khusus dengan orang tuanya, bisa saja akan memiliki perilaku yang buruk di kemudian hari.

Melansir Parents, berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat anak terasa berharga.

Lakukan Eye Contact

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Pada umumnya, orang tua bisa selalu  mendengarkan apa yang dikatakan oleh sang anak. Namun, tak semua orang tua bisa sepenuhnya menaruh perhatian pada apa yang dikatakan oleh anak. Pembagian perhatian tersebut bisa membuat anak merasa bahwa dirinya tidak berharga.

Untuk itu, maka cobalah untuk menaruh perhatian penuh pada anak ketika ia sedang berbicara. Tataplah matanya dan dengarkan apa yang sedang dikatakannya. Anak akan merasa diperhatikan apabila orang tuanya menaruh perhatian penuh pada dirinya.

Ciptakan Quality Time

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Tak perlu menghabiskan banyak waktu, cobalah untuk ciptakan waktu yang berkualitas dengan anak. Lakukan beberapa aktivitas dengan anak tanpa ada gangguan dari notifikasi ponsel atau hal-hal lain yang bisa merusak suasana kebersamaan.

Beri Perhatian Pada Anak

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Berilah perhatian penuh untuk anak, cobalah untuk membuka topik obrolan menarik dengan anak. Mulailah dengan menanyakan terkait hal-hal sederhana yang dilakukan oleh anak, seperti dengan siapa mereka bermain, atau hal apa yang dilakukan di sekolah.

Bersikap Penuh Kasih Sayang

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Jangan pernah ragu untuk mengutarakan kasih sayang kepada anak. Berilah ciuman di pipi atau pelukan erat sebelum tidur untuk menunjukkan kasih sayang dan membuat anak merasa dicintai.

Selain itu, mengutarakan kasih sayang bisa juga dilakukan dengan membuat kode yang menyenangkan atau menciptakan jabat tangan khusus dengan anak.

Cintai Apa yang Mereka Cintai

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Sebisa mungkin berusahalah untuk menyukai apa yang anak sukai, temanilah anak bermain game yang disukai atau melakukan aktivitas yang mereka sukai. Mendukung apa yang anak sukai akan membuat mereka merasa bahwa dirinya cukup penting bagi orang tuanya.