6 Negara Terkecil Di Dunia, Sudahkah Kamu Berkunjung Di Salah Satunya?

Wednesday, 23 Jun | 16:31:44

LS Travel

Penulis : LS Travel

6 Negara Terkecil Di Dunia, Sudahkah Kamu Berkunjung Di Salah Satunya?

Foto: Instagram/mad_mumlife

Meskipun memiliki luas negara yang kecil, negara tersebut tetap diakui oleh dunia. Bahkan, di antaranya memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Di bawah ini adalah negara negara terkecil di dunia. Check this out!

  1. Vatikan

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Vatikan menjadi negara terkecil di dunia karena memiliki daerah seukuran lapangan golf dengan luas 0.44 km². Negara ini dipimpin oleh Paus dan terletak di dalam kota Roma, Italia.

Meskipun kecil, Vatikan memiliki penduduk yang lebih dari 1 juta jiwa orang. Adapun, kewarganegaraan di Vatikan hanya boleh diberikan kepada orang yang bekerja di sana dan akan dicabut saat tidak lagi bekerja di sana.

  1. Monako

foto:instagram/vladislav04006
Foto: Instagram/vladislav04006

Monako merupakan negara yang terletak di dalam Perancis bagian selatan, dengan luas wilayah 2 kilometer persegi dan jumlah penduduk 38.964 jiwa pada 2019.

Walaupun memiliki wilayah yang kecil, Monako memiliki penataan kota yang teratur dengan wilayah teluk-teluk kecil yang bersih, ditambah dengan kapal-kapal yang bersandar.

  1. Nauru

foto:instagram/finallyoceania
Foto: Instagram/finallyoceania

Negara ini terletak cukup dekat dengan Benua Australia, Nauru menempati posisi ketiga sebagai negara terkecil di dunia. Nauru memiliki jumlah penduduk 10.084 jiwa dengan luas wilayah 21 kilometer persegi.

Ratusan tahun yang lalu, Nauru memiliki kekayaan berlimpah sebab dikelilingi oleh fosfat yang dipakai dalam pembuatan bahan peledak, odol, dan deterjen. Bahkan pada tahun 1970-an sampai 1980-an, Nauru adalah negara terkaya dengan pendapatan per kapita paling tinggi di dunia.

Sayangnya, sejak tahun 2001 sumber daya alam di Nauru sudah mulai berkurang dan negara tersebut mengalami kerusakan lingkungan yang cukup parah karena akibat dari pertambangan.

Tetapi posisinya yang dikelilingi samudera Paisifik membuat negara terkecil di dunia satu ini mampu menawarkan pemandangan pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi.

  1. Tuvalu

foto:instagram/oceaniaplaces
Foto: Instagram/oceaniaplaces

Tuvalu termasuk dalam kategori negara terkecil di dunia. Negara yang hanya memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan laut ini termasuk ke dalam wilayah kepulauan Polinesia dan berada di Samudera Pasifik atau di antara Hawaii dan Australia.

Nama Tuvalu memilki arti 'Delapan pulau yang berdiri bersama' dalam bahasa Tuvalu. Hal ini sesuai dengan 8 pulau yang terletak di Samudera Pasifik.

  1. San Marino

foto:instagram/frigg_kattedyr
Foto: Instagram/frigg_kattedyr

Negara ini merupakan negara terkecil kelima di dunia dan dikelilingi oleh Italia, dengan populasi penduduk 33.860 jiwa (2019) serta luas wilayahnya 61,2 kilometer persegi.

San Marino dikenal sebagai negara tertua di dunia yang didirikan pada 3 September 301. Negara ini tidak memiliki tanah yang datar karena terletak di atas pegunungan.

  1. LiechtensteinAnda

Pada wilayah Eropa Tengah terdapat negara bernama Liechtenstein sebagai salah satu negara terkecil di dunia. Dengan luasnya yang sekitar 160 kilometer persegi serta jumlah penduduk mencapai 37 ribu jiwa. Negara yang dipimpin oleh perdana menteri ini memiliki mayoritas penduduk beragama Katolik Roma.

Sebab wilayahnya yang tidak terlalu besar, budaya di Liechtenstein sangat dipengaruhi oleh budaya luar. Budaya-budaya yang cukup mempengaruhi masyarakat di Liechtenstein mayoritas berasal dari bagian selatan Eropa yang berbahasa Jerman, seperti Austria, Baden-Wuttemberg, Bavaria, dan Swiss.

Enam negara diatas adalah negara dengan luas wilayah terkecil yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Meski tidak begitu luas, negara-negara ini tetap memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya menarik untuk dikunjungi. Adakah negara yang ingin Anda kunjungi?

Berita Terkait