7 Candi Terindah di Asia yang Bisa Dikunjungi Sebagai Destinasi Spiritual

Selasa, 13 Februari 2024 | 09:16:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

7 Candi Terindah Di Asia Yang Bisa Dikunjungi Sebagai Destinasi Spiritual

Ladiestory.id - Asia adalah benua yang kaya akan sejarah dan beragam budaya, serta juga merupakan rumah bagi beberapa candi paling menakjubkan di dunia. Situs suci ini tidak hanya memamerkan keajaiban arsitektur, tetapi juga berfungsi sebagai tempat suci spiritual.

Baik kamu seorang peziarah yang taat atau seorang yang suka bepergian, menjelajahi kuil-kuil ini menawarkan perjalanan ke jantung warisan budaya Asia yang kaya. 

Dilansir dari Times of India Online, berikut adalah tujuh candi terindah di Asia yang bisa dikunjungi sebagai destinasi spiritual.

Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat. (Wikipedia.org)

Terletak di jantung kota kuno Angkor di Kamboja, Angkor Wat adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan monumen keagamaan terbesar di dunia. Dibangun pada abad ke-12, tempat ini memadukan ukiran rumit, menara menjulang tinggi, dan kolam reflektif.

Selain menjadi destinasi spiritual, warisan budaya ini juga menawarkanmu experience yang tak terlupakan dengan melihat matahari terbit di atas Angkor Wat saat kamu berada di Kamboja.

Biara Sarang Harimau (Paro Taktsang), Bhutan

Paro Taktsang. (Wikipedia.org)

Terletak di tepi tebing Himalaya, Biara Sarang Harimau adalah simbol spiritualitas dan ketahanan Bhutan. Perjalanan untuk mencapai situs suci ini sama mendebarkannya dengan perjalanan ke biara itu sendiri.

Pemandangan menakjubkan dan suasana mistis menjadikannya wajib dikunjungi bagi para pencari ketenangan.

Pagoda Shwedagon, Myanmar

Pagoda Shwedagon. (Pixabay.com)

Terletak di Yangon, Myanmar, Pagoda Shwedagon adalah stupa emas berkilau yang mendominasi cakrawala kota. Dihiasi dengan berlian dan ruby, situs suci ini adalah mercusuar spiritualitas Buddha.

Cahaya keemasan pagoda saat matahari terbenam merupakan pemandangan yang patut disaksikan, yang akan terus melekat dalam ingatan orang-orang yang berkunjung.

Kuil Buddha Zamrud (Wat Phra Kaew), Thailand

Wat Phra Kaew. (Befreetour.com)

Terletak di dalam kompleks Grand Palace di Bangkok, Wat Phra Kaew menampung Buddha Zamrud yang dihormati, sebuah patung batu giok yang diukir dengan cermat. Arsitektur kuil ini menampilkan detail rumit, warna cerah, dan figur mistis yang mempesona.

Borobudur, Indonesia

Borobudur. (Authenticindonesia.com)

Bangkit dari lanskap subur Jawa Tengah, Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia. Berasal dari abad ke-9, kuil ini menampilkan sembilan platform bertumpuk yang dihiasi dengan 504 patung Buddha dan lebih dari 2.600 panel relief.

Pemandangan matahari terbit dari Borobudur merupakan pengalaman mistis yang menarik para peziarah dan wisatawan.

Kuil Emas (Harmandir Sahib), India

Kuil Emas. (Pixabay.com)

Terletak di Amritsar, India, Kuil Emas adalah situs paling suci dalam Sikhisme. Struktur berlapis emas berkilau ini dikelilingi oleh kolam suci yang dikenal sebagai Amrit Sarovar.

Keindahan arsitektur candi dilengkapi dengan suasana spiritual, menjadikannya simbol persatuan dan pengabdian.

Todai-ji, Jepang

Todai-ji. (Tripjepang.co.id)

Terletak di Nara, Todai-ji memiliki Aula Buddha Besar, rumah bagi salah satu patung Buddha perunggu terbesar di dunia.

Kompleks candi dikelilingi oleh taman yang indah dan lentera batu kuno, menciptakan suasana yang tenteram. Todai-ji adalah bukti kekayaan tradisi keagamaan dan seni Jepang.