7 Cara Mudah Cegah Bibir Kering dan Pecah

Selasa, 16 Maret 2021 | 00:45:56

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

7 Cara Mudah Cegah Bibir Kering Dan Pecah

Sama dengan kulit yang bisa menjadi kering dan bersisik pada musim dingin, bibir juga dapat mengalami hal serupa. Kondisi cuaca yang dingin membuat bibir mudah kehilangan kelembapan. Mengalami bibir pecah-pecah dan kering tentu membuat rasa tak nyaman serta mengganggu penampilan. 

Meski begitu, bibir kering tak selalu disebabkan cuaca. Bisa pula karena dehidrasi, alergi produk lipstik, hingga efek samping penggunaan obat. Namun, tak perlu khawatir, bibir kering dapat diatasi dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja? Simak tujuh cara mudah mencegah bibir kering dan pecah-pecah dilansir dari laman Skincare

Berhenti Menjilat Bibir 

Menjilat bibir mungkin memberikan sedikit kelegaan lantaran bibir kembali lembap. Namun, menurut Mayo Clinic, hal itu justru menyebabkan bibir semakin mengering. Jika kamu memiliki kebiasaan tersebut, hentikan dari sekarang ya. 

Lakukan Eksfoliasi Mingguan

Ketika sel-sel kulit mati menempel di permukaan bibir, hal itu dapat mencegah kondisioner menembus kulit halus sepenuhnya. Karena itu, kamu dapat melakukan eksfoliasi atau pengelupasan bibir setiap seminggu sekali. Selain mencegah bibir kering dan pecah, eksfoliasi dapat membuat bibir kembali lembap serta cerah. 

Oleskan Lip Balm

Setelah melakukan eksfoliasi, segera aplikasikan lip balm untuk membantu menghidrasi dan menenangkan bibir. Pilih lip balm dengan kandungan alami yang dapat menutrisi bibir. 

Gunakan Tabir Surya 

Paparan sinar matahari terus-menerus tidak hanya membuat kulit kering serta menggelap, tapi juga bibir. Sama dengan kulit, bibir juga perlu perlindungan yang menggunakan SPF. Karena itu, pilih lipstik atau lip balm yang mengandung atau memiliki manfaat SPF. 

Lipstik Creamy 

Lipstik matte di beberapa bibir menyebabkan kering dan pecah. Sebaiknya, pilih lipstik dengan tekstur yang ringan seperti lipstik creamy dan glossy. Selain SPF, pilih lipstik yang dapat membantu menutrisi dan melembapkan bibir. 

Tetap Terhidrasi

Tak hanya perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga penting dilakukan agar bibir tetap sehat serta lembap. Perawatan dari dalam yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi air putih secukupnya. Seperti yang telah dijelaskan, dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering dan pecah. Untuk itu, pastikan kebutuhan cairan atau air putih kamu tercukupi ya. 

Hindari Alergen

Melapisi bibir dengan bahan iritan atau alergen (pewangi atau pewarna) dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, terutama jika kamu memiliki bibir yang sensitif. Sebaiknya, hindari pewangi bibir atau kandungan yang dapat membuat alergi. Gunakan formula yang lebih ringan dan tanpa wewangin yang dapat menimbulkan iritasi atau alergi.