Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | TRAVEL | 7 MAKANAN TAHUN BARU YANG DIYAKINI MEMBAWA KEBERUNTUNGAN

7 Makanan Tahun Baru yang Diyakini Membawa Keberuntungan

LS Lifestyle
Rabu, 16 Desember 2020 | 06:38:47
Durasi baca: 2 menit, 16 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Makanan Tahun Baru yang Diyakini Membawa Keberuntungan 

Momen tahun baru kerap dijadikan banyak orang untuk membuat berbagai resolusi. Dari banyaknya resolusi yang dibuat, sebagian besar menginginkan keberuntungan pada tahun berikutnya. Tak heran, momen tahun baru dihiasi berbagai tradisi. 

Di beberapa negara, keberuntungan diyakini dapat diperoleh melalui makanan. Ada sejumlah makanan tertentu yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan sehingga wajib dihidangkan dan dikonsumsi saat tahun baru. Berikut ini enam makanan tahun baru yang bisa membawa keberuntungan yang sudah dirangkum Ladiestory dari banyak sumber. 

Sayuran Hijau 

 

Baca juga: Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Warna hijau melambangkan uang dan kemakmuran. Tak heran, bila di Amerika dan Eropa seperti Denmark dan Jerman, sayuran hijau menjadi menu makanan wajib yang disajikan saat tahun baru. 

Hal itu diyakini lantaran warna hijau pada sayuran menyerupai lembaran uang. Karena itu, banyak menyantap sayuran hijau saat tahun baru dipercaya memperoleh banyak rezeki selama setahun ke depan. 

Anggur 

Di Spanyol dan Portugal, anggur menjadi makanan khas tahun baru. Anggur diyakini dapat menangkal nasib buruk. Mereka akan mengonsumsi anggur sebanyak 12 buah yang dilakukan 12 detik sebelum memasuki pukul 00.00 atau 12 malam. Kedua belas anggur itu mewakili keberuntungan untuk setiap bulan pada tahun mendatang. 

Mie

Di negara Asia Timur seperti Cina dan Jepang, perayaan tahun baru biasanya dimeriahkan dengan menyantap hidangan mie. Mie melambangkan umur panjang yang disebut sebagai keberuntungan. Karena itu, ketika memasak dan menyantapnya, mie tidak boleh terputus dan harus dimakan sampai habis agar memperoleh umur panjang. 

Daging Babi 

Babi dilambangkan sebagai kemakmuran. Di Jerman, Austria, dan Amerika, babi menjadi hidangan saat perayaan tahun baru. Babi memiliki lemak yang tinggi, yang dikaitkan dengan kemakmuran. Selain itu, hewan kaki empat ini juga disimbolkan sebagai kemajuan lantaran selalu bergerak ke depan. 

Baca juga: Mencicipi Makanan Khas Turki Favorit Para Wisatawan


Ikan 

Sebagai hidangan tinggi gizi dan baik bagi kognitif, menyantap ikan pada tahun baru juga dipercaya membawa keberuntungan. Dalam bahasa Mandarin, kata ikan terdengar seperti kata kelimpahan. Inilah yang diyakini mengonsumsi ikan bisa membawa keberuntungan pada tahun berikitnya. 

Apalagi, bila permukaan kulit ikan berwarna perak dan berkilau dipercaya dapat membuat siapa pun yang menyantapnya dikelilingi nasib baik juga kemakmuran. Perlu diingat, ketika disajikan, ikan harus dalam keadaan utuh dari kepala sampai ekor dengan harapan senantiasa dipenuhi kebaikan sepanjang tahun.

Delima

Seeperti negara lainnya, Turki juga memiliki tradisi makanan tahun baru. Masyarakat Turki biasa mengonsumsi delima pada perayaan tahu baru. Delima dianggap sebagai buah keberuntungan dan rezeki. Bijinya yang banyak dilambangkan sebagai kemakmuran dan warna merahnya dianggap sebagai jantung yang melambangkan kesehatan dan umur panjang. 

Kubis 

Kubis merupakan sayuran yang memiliki banyak lembaran daun pada permukaanya. Lembaran-lembaran tersebut dikaitkan dengan lembaran uang. Di Irlandia, Jerman, dan Amerika Serikat, mengonsumsi kubis pada tahun baru dapat mendatangkan keberuntungan dan kekayaan. 

Nah, itu dia deretan makanan tahun baru yang diyakini dapat membawa keberuntungan. Kamu bisa mencoba memakannya saat tahun baru nanti. 

Baca juga: Makanan Ini Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19

Menu tahun baru Resep masakan tahun baru Makanan tradisi tahun baru

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel