7 Wisata Kuliner Makassar, Wajib Dicicipi

Friday, 18 Jun | 17:54:16

LS Culinary

Penulis : LS Culinary

7 Wisata Kuliner Makassar, Wajib Dicicipi

Foto: Ladiestory.id

Sebagai kota metropolitan di wilayah Indonesia timur, Makassar adalah salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar, setelah kota Manado. Selain itu, banyak juga masyarakat Maluku dan Papua yang memutuskan untuk melanjutkan studinya di kota ini. 

Makassar adalah salah satu kota yang terletak di Pulau Sulawesi. Makassar adalah kota metropolitan terbesar di wilayah Indonesia bagian timur, meski letak pastinya masih berada di wilayah Indonesia bagian tengah. Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

Selain memiliki alam yang indah ternyata juga kaya akan keberagaman wisata kuliner Makassar lho. Bahkan beberapa tempat kuliner legendaris di Makassar sudah berdiri lebih dari setengah abad. Tempat ini juga memiliki ragam kuliner tradisional yang khas dan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Wisata kuliner Makassar didominasi oleh masakan Bugis dan percampuran budaya kuliner lainnya. Wisata kuliner Makassar juga sudah sangat populer di telinga para pencinta kuliner Nusantara.

Wisata Kuliner Makassar 

1. Coto Makassar

Foto: Ladiestory.id

Coto Makassar merupakan andalah wisata kuliner Makassar. Hidangan ini bahkan sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Coto Makassar biasa disantap bersama buras atau ketupat. Wisata kuliner Makassar ini berisi daging sapi hingga jeroan sapi. Coto Makassar terkenal dengan kuahnya yang kental dan kaya akan rempahnya.

Coto Makassar dapat dengan mudah ditemui di sepanjang sudut kota Makassar. Salah satu tempat menikmati Coto Makassar yang terkenal adalah Coto Nusantara di Jalan Merpati No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar.

2. Sop Konro

Foto: Ladiestory.id

Ragam kuliner Makassar yang kedua adalah Sop Konro. Sop Konro adalah masakan tradisional khas suku Bugis dan Makassar. Sop Konro merupakan masakan berkuah lain selain Coto Makassar yang juga biasa dinikmati dengan ketupat atau buras. Sop Konro sendiri adalah sejenis sup iga dengan kuah berwarna cokelat kehitaman. Warna kuah yang gelap ini terbuat dari buah kluwak. 

Sop Konro memiliki rasa bumbu relatif "kuat" karena dimasak menggunakan ketumbar. Rasa pedas dan berbumbu ini dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti ketumbar, kluwak (buah yang menyebabkan masakan berwarna hitam), sedikit pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, dan daun salam.

3. Sub Ubi 

Sop Ubi Datumuseng ini salah satu makanan khas Makassar yang memiliki cita rasa khas dan lezat. Sop Ubi Datumuseng ini terbuat dari ubi yang di goreng dan di potong kecil-kecil. Setelah itu di campur dengan kecambah, daun bawang, bawang goreng, bihun, telur dan juga daging.

Maka dari itu makanan ini sangat di sukai oleh masyarakat disana. Makanan ini akan lebih nikmat apabila Anda menambahkan kerupuk, dan juga bawang goreng. Jika Anda ingin menikmati makanan yang satu ini ada tempat makan yang menyediakan makanan ini.

4. Pallubasa

Foto: Ladiestory.id

Bahan utama hidangan yang satu ini juga masih menggunakan olahan daging sapi dengan kuah beragam rempah. Bagian yang digunakan adalah bagian jeroannya. Selain sapi biasanya Pallu Basa juga menggunakan jeroan kerbau. Pallu Basa biasanya dihidangkan dengan nasi hangat. Kuah Pallu Basa terbuat dari berbagai macam bumbu dan rempah yang membuat rasanya sangat gurih.

Tempat menikmati Pallubasa yang sangat terkenal di Makassar ada di Pallubasa Onta, Jalan Onta Lama No. 103, Mandala, Mamajang, Kota Makassar.

5. Songkolo

Songkolo merupakan wisata kuliner Makassar berupa nasi etan hitam bertabur ikan teri goreng dan serundeng. Biasanya Songkolo dinikmati saat malam hari dan menjadi kuliner malam yang terkenal di Makassar. Tempat menikmati Songkolo yang sangat populer adalah Songkolo Bagadang Alhamdulillah di Jalan Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar.

6. Pisang Epe

Pisang Epe atau Ape merupakan jajanan dan makanan khas Makassar yang bisa kamu jumpai khususnya di daerah pesisir pantai. Pisang Epe terbuat dari pisang raja sebagai bahan utamanya. Pisang Epe biasanya disajikan dengan berbagai toping seperti susu, keju, mesis, coklat, dan masih banyak lagi.

7. Gogos (Gogoso)

Foto: Ladiestory.id

Saat Anda berlibur ke kota Makassar cobalah salah satu makanan yang unik dan nikmat ini yaitu Gogos atau Gogoso. Makanan ini terbuat dari ayam, ketan dan juga cabai. Cita rasa yang lezat dari makanan ini dapat membuat Anda menjadi ketagihan.

Makanan yang satu ini sangat berbeda atau unik jika dibandingkan dengan makanan-makanan lain. Makanan ini didominasi dengan ketan dan di dalamnya berisi ayam pedas.

Dari ketujuh wisata kuliner Makassar ini, mana yang paling ingin kamu cicipi?