8 Rekomendasi Makanan Khas Cilacap yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba!

Minggu, 11 Juni 2023 | 00:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

8 Rekomendasi Makanan Khas Cilacap Yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba!

Ilustrasi brekecek. (special)

Ladiestory.id - Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang cukup terkenal dengan destinasi wisata pantainya. Tak hanya menawarkan pemandangan pantai yang indah, Cilacap juga dikenal dengan aneka kuliner yang menggugah selera. Bagi kamu yang sedang singgah di Cilacap, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi beberapa rekomendasi makanan khas berikut ini.

Brekecek

Ilustrasi brekecek. (special)

Rekomendasi kuliner pertama yang wajib kamu coba saat di Cilacap adalah brekecek. Brekecek merupakan makanan khas Cilacap yang terbuat dari ikan dengan campuran rempah-rempah sehingga menghasilkan citarasa yang gurih dan lezat. Masyarakat Cilacap menyebut makanan tersebut “brekecek” karena proses memasaknya yang dicampur dengan beragam rempah.

Tahu Brontak

Ilustrasi tahu brontak. (special)

Sekilas tampilan tahu brontak hampir sama dengan tahu isi pada umumnya. Namun, yang membedakan tahu brontak khas Cilacap dengan tahu isi lainnya adalah cara memasaknya. Tahu akan diisi dengan berbagai jenis sayuran, kemudian dicelupkan ke dalam adonan santan yang berbumbu, lalu digoreng hingga matang. Hal tersebut dilakukan agar tekstur tahu di bagian luar terasa renyah, namun tetap lembut di bagian dalam.

Abon Tuna

Ilustrasi abon tuna. (special)

Biasanya abon selalu identik menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Namun, berbeda dengan abon khas Cilacap yang terbuat dari ikan tuna segar yang dihaluskan. Perihal rasa abon tuna tidak kalah enak dengan abon sapi. Tekstur ikan tuna yang lembut dipadukan dengan berbagai bumbu pilihan menghasilkan citarasa yang gurih dan nikmat. 

Dages

Ilustrasi dages. (special)

Bagi kamu pecinta gorengan, maka wajib mencicipi dages khas Cilacap. Dages terbuat dari ampas tahu yang telah difermentasi. Bentuk dan tekstur dages hampir mirip dengan gembus, bedanya dages berwarna cokelat kehitamanan. Biasanya dages akan diolah menggunakan tepung beras, daun bawang, kunyit, bawang putih, dan ketumbar lalu digoreng sampai matang. Dages sangat cocok untuk dijadikan camilan di sore hari bersama secangkir kopi atau teh.

Rempeyek Yutuk

Ilustrasi rempeyek yutuk. (special)

Salah satu kuliner unik khas Cilacap lainnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu rempeyek yutuk. Yutuk juga dikenal sebagai undur-undur laut dengan citarasa manis, gurih, mirip kepiting dan udang. Cara mengolahnya sama seperti rempeyek pada umumnya yang dicampur dengan tepung serta berbagai bumbu, lalu digoreng hingga teksturnya menjadi crispy. Tak hanya enak dan lezat, yutuk juga memiliki kandungan gizi yang kaya akan manfaat salah satunya menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Sate Martawi

Ilustrasi sate martawi. (special)

Kuliner khas Cilacap berikutnya yang tak kalah enak untuk disantap adalah sate martawi. Berbeda dengan ukuran sate pada umumnya, sate martawi cenderung lebih besar sehingga harus menggunakan dua tusuk sate untuk satu lilitan. Meski begitu tekstur dari sate martawi cukup empuk dan mampu menggoyang lidah. Sate martawi biasanya disajikan dengan lontong serta bumbu kacang yang konon katanya lebih nikmat disantap tanpa tambahan kecap atau komponen lainnya.

Keripik Sukun

Ilustrasi keripik sukun. (special)

Sebagai salah satu kota penghasil sukun di Indonesia, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cilacap tanpa mencicipi keripik sukun khas Cilacap. Buah sukun yang diiris tipis, kemudian digoreng hingga kering sangat cocok untuk dijadikan camilan ringan keluarga. Keripik sukun dengan aroma khas dan citarasa yang gurih bisa kamu temukan di toko oleh-oleh khas Cilacap.

Nasi Leles

Ilustrasi nasi leles. (special)

Rekomendasi terakhir makanan khas Cilacap yang cukup legendaris yaitu nasi leles. Dikemas dengan porsi kecil, nasi leles mirip dengan nasi kucing yang sering dijumpai di Semarang dan Yogyakarta. Nasi leles merupakan makanan sederhana yang sering dikonsumsi oleh penduduk Cilacap, isinya berupa nasi dengan lauk oseng tempe, suir ayam, soun goreng dan  oseng kacang panjang. Nasi leles biasanya dikemas menggunakan daun pisang sebagai bungkus tradisional.