Acara "Beauty Star on TikTok" Tunjukkan Kabar Baik bagi Kreator Konten Kecantikan

Kamis, 22 September 2022 | 22:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Acara "Beauty Star On Tiktok" Tunjukkan Kabar Baik Bagi Kreator Konten Kecantikan

Beauty Star on TikTok. (Special)

Ladiestory.id - Setelah melalui proses audisi, tantangan, dan sesi mentorship yang ketat, Richard Leo, konten kreator kecantikan asal Medan berhasil dinobatkan sebagai juara dari "Beauty Star on TikTok". Kreator berusia 25 tahun ini berhasil mengungguli 14 finalis di malam grand final "Beauty Star on TikTok" yang digelar pada Selasa (6/9/2022).

TikTok telah menjadi tempat bagi komunitas kecantikan untuk menunjukkan diri mereka secara autentik melalui konten video. Kreativitas dan keterampilan kreator kecantikan Indonesia pun juga terlihat dari para finalis yang berpartisipasi dalam kompetisi "Beauty Star on TikTok".

Haswar Hafid, Head of Brand Partnerships, TikTok Indonesia menjelaskan, bahwa selama kompetisi, TikTok telah menyaksikan bagaimana para finalis ini merayakan kecantikan unik mereka secara kreatif dan autentik. Hal ini terlihat dari lahirnya berbagai konten kecantikan berkualitas tinggi karya para finalis.

Melalui "Beauty Star on TikTok", menyaksikan lahirnya generasi baru dari kreator kecantikan teratas di Indonesia adalah suatu kebanggan. Mereka sangat antusias dalam menghadirkan hal-hal menakjubkan bagi komunitas kecantikan Indonesia.

Dipandu oleh Patricia Gunawan dan Michelle Hendra (alias Michimomo), kemeriahan malam grand final "Beauty Star on TikTok" bisa dirasakan mulai dari red carpet tempat para tamu undangan yang terdiri dari para top beauty content creator yang menunjukkan kecantikan dan keunikannya masing-masing yang mewakili tema "Born to be A Star" dari acara tersebut.

Suasana semakin meriah dengan penampilan spesial dari GLASS, self-produced girl group asal Indonesia yang dibentuk oleh Z-POP Dream Indonesia, yang membawa energi yang tak tertandingi melalui lagu dan tarian mereka. Yang terpenting adalah semua bisa menyaksikan penampilan final dari 15 finalis teratas yang berujung pada pengumuman pemenang final.

Beauty Star on TikTok. (Special)

Sebagai mitra penyelenggaraan "Beauty Star on TikTok", L'Oréal Indonesia juga memberikan tanggapan positif atas terselenggaranya "Beauty Star on TikTok" yang membantu memperluas komunitas kecantikan di Indonesia serta menciptakan lebih banyak peluang kolaborasi antara brand dan kreator untuk menciptakan sinergi yang lebih kuat.

“Setiap finalis yang terlibat sangatlah berbakat dan berhasil menampilkan keunikan diri mereka secara autentik. Setiap cerita yang mereka bawakan sangat menginspirasi dan kami bangga bahwa bersama TikTok, L'Oréal dapat menyediakan platform bagi mereka untuk mengekspresikan diri dan mendukung perjalanan mereka sepanjang kompetisi,” ungkap Fabian Prasetya Wijaya, Chief Digital & Media L'Oréal Indonesia.

Keseruan "Beauty Star on TikTok" juga terlihat dari dukungan komunitas di TikTok yang terus mengikuti perkembangan kompetisi dan mengirimkan pesan positif kepada finalis favorit mereka. Selain itu, tagar #BeautyStarOnTikTok juga telah dilihat sebanyak 626,4 juta kali.

Pada malam grand final yang juga disiarkan melalui live streaming di akun "Beauty Star on TikTok", masing-masing finalis menampilkan video final challenge mereka.

Beauty Star on TikTok. (Special)

Para juri yang terdiri dari Jharna Bhagwani, Pemenang TikTok Awards Indonesia 2021 untuk kategori “Best of Fashion & Beauty”; Bubah Alfian, International Celeb Makeup Artist asal Indonesia; Cindercella, Kreator Konten Kecantikan; Ashilla Sikado, Kreator Konten Kecantikan TikTok; dan Minyo33, Kreator Konten Kecantikan, IBV Founder dan CEO PT.

DKCI memberikan pertanyaan kepada masing-masing finalis tentang hasil final make up look dan apa yang ingin disampaikan oleh para finalis melalui penampilannya.

“Meskipun kami menghabiskan sedikit waktu bersama mereka, kami benar-benar dapat melihat pertumbuhan dan semangat mereka untuk membuat konten sebaik mungkin. Melalui setiap tantangan, kami bisa melihat keunikan mereka dan bagaimana mereka mampu merepresentasikan kecantikan mereka sendiri melalui konten yang dihasilkan," kata Minyo.

"Sangat sulit bagi kami, para juri, untuk memilih pemenang akhir karena semua finalis telah melakukan yang terbaik. Kami sangat berharap pengalaman dan pengetahuan yang mereka peroleh melalui kompetisi ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan karir mereka sebagai kreator konten kecantikan,” lanjutnya.

Sebagai salah satu finalis yang akhirnya terpilih menjadi pemenang, Richard Leo, melihat "Beauty Star on TikTok" sebagai platform baginya untuk menyebarkan pesan positif tentang betapa beragamnya kecantikan di Indonesia dan pentingnya memahami bahwa 'there's no limit to what you can do' ketika seseorang benar-benar menyukai sesuatu.

Selama proses inkubasi dan mentorship, Richard mengalami berbagai momen suka dan duka namun ia bisa merasakan dukungan penuh yang tidak hanya datang dari komunitas TikTok tapi juga dari sesama finalis.

“Saya masih tidak percaya bahwa saya terpilih sebagai pemenang, karena semua finalis sama-sama memberikan yang terbaik dan pantas untuk menang. Kami dikumpulkan menjadi satu bukan sebagai rival, tapi teman yang saling mendukung selama proses kompetisi berlangsung," kata Richard.

"Saya belajar banyak tidak hanya dari para mentor tetapi juga dari mereka. Memenangkan kompetisi ini sangat berarti bagi saya, karena hal ini benar-benar menunjukkan bahwa siapa pun kita, selalu ada ruang untuk kita di TikTok. Hal ini memotivasi saya untuk membuat lebih banyak konten berkualitas tinggi yang dapat menyebarkan pesan yang lebih positif kepada semua orang,” tambahnya.

Beauty Star on TikTok. (Special)

Sebagai pemenang, Richard Leo, berhak mendapatkan hadiah utama senilai ratusan juta rupiah, termasuk di antaranya uang tunai, perjalanan ke Paris, peralatan dan gadget terkini untuk menciptakan konten, serta produk kecantikan dari L’Oréal Indonesia.

Selain Richard Leo, Beauty Star on TikTok juga memilih beberapa pemenang untuk beberapa kategori, seperti Mila Alawiyah sebagai Public’s Favorite, Ari Irzam sebagai Most Sociable, Christy Raina sebagai Best of Garnier, Evelyn Yulistine sebagai Best of L'Oréal Paris, dan Dinda Azzura sebagai Best of Maybelline.

"Kompetisi ini hanyalah permulaan. Melalui Beauty Star on TikTok, kami berharap untuk tidak hanya menemukan generasi berikutnya dari kreator konten kecantikan di Indonesia, namun juga terus mendukung pertumbuhan komunitas dan industri kecantikan di tanah air," jels Haswar.

"Kami harap para finalis yang luar biasa ini dapat terus saling menginspirasi dan mendorong komunitas kecantikan Indonesia untuk terus merayakan kecantikan unik mereka secara kreatif dan autentik bersama TikTok,” tutup Haswar.

s