Akibat Tak Minum Air Putih, Suti Karno Kena Dibetes sampai Amputasi Kaki

Senin, 26 Desember 2022 | 19:00:00

Akibat Tak Minum Air Putih, Suti Karno Kena Dibetes Sampai Amputasi Kaki

Suti Karno. (Instagram.com/sutykarno)

Ladiestory.id - Artis Suti Karno kini hanya bisa menyesali gaya hidupnya semasa muda. Pemain sinetron kondang "Si Doel Anak Sekolahan" ini terpaksa kehilangan satu kakinya karena penyakit diabetes. 

Suti memilih untuk menjalani tindakan amputasi setelah menderita diabetes selama 18 tahun. Dia mengaku bahwa penyakitnya ini disebabkan oleh gaya hidupnya yang tidak sehat, contohnya tidak pernah minum air putih. 

"Saya diabetes itu udah hampir 18 tahun, dari saya kecil tapi itu kesalahan kita," kata Suti Karno di sebuah program TV yang dipandu oleh Feni Rose belum lama ini. 

"Kesalahan kita waktu muda karena nggak dengerin omongan orang," akunya.

Suti Karno. (Youtube.com/TRANS TV Official)

Saat masih muda, Suti memilih mengonsumsi minuman bersoda daripada air putih. Adik Rano Karno tersebut akhirnya terkena diabetes dan sebelah kakinya mengalami luka berat. 

"Ya karena saya tidak pernah minum air putih selalu minum bersoda," ujarnya.

"Sama sekali saya tidak pernah minum air putih," tegas Suti. 

Luka yang tidak kunjung membaik pada satu kakinya membuat Suti Karno memutuskan untuk amputasi. Dia menekankan bahwa keputusannya ini murni keinginan sendiri bukan dokter.

"Diamputasi sebetulnya keputusan saya loh, bukan dokter. Karena kan merambat luka saya, pembuluh darah saya sudah rusak yang bagian atas, jadi saya bilang kenapa enggak potong saja," ungkapnya.

Suti juga meminta maaf kepada Sang Pencipta karena merasa telah merusak tubuh pemberian dari-Nya. Sekarang Suti Karno hidup dengan satu kaki. Dibantu dengan kursi roda sebelum mendapatkan kaki palsu. 
 
"Yang pasti saya minta ampun sama Allah, karena ciptaannya saya rusak. Saya kurang mencintai diri saya. Mencintai orang mulu," ujar Suti Karno sambil bercanda.

"Mudah-mudahan satu sampai dua bulan ke depan saya bisa pakai kaki palsu. Sekarang saya lagi fisioterapi, sekarang saya masih punya semangat dan dikasih kesempatan Allah berbuat baik," tambahnya.