Alami Baby Blues, Ria Ricis Ungkap Omelin Moana Karena Gumoh

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Alami Baby Blues, Ria Ricis Ungkap Omelin Moana Karena Gumoh

Ria Rici menggendong sang anak. (Instagram.com/riaricis)

Ladiestory.id - YouTuber Ria Ricis mengaku sempat mengalami baby blues, yakni masalah psikologi yang kerap dialami oleh ibu baru melahirkan. Dalam pengakuannya, melalui channel YouTube Ricis Official, adik Oki Setiana Dewi tersebut membagikan kisah pilu sebagai ibu baru.

Ia mengungkapkan, anak pertamanya, Cut Raifa Aramoana atau akrab disapa Moana, lahir dengan berat 2,5 kilogram. Hal itu membuatnya sedih karena banyak orang yang berkomentar bayinya kecil. Belum lagi setiap kali ia bertemu dengan sesama ibu baru yang memiliki bayi dengan berat di atas 3 kilogram.

"Baby blues-nya adalah, salah satunya, ya karena itu, di mindset aku sejak dalam kandungan, beberapa dokter, bahkan hampir semua bilang 'Moana kecil, Moana kecil,  Moana kecil' gitu. Jadi dalam pikiran aku selalu 'ayo, gede dong, gede dong'," ungkap istri Teuku Ryan tersebut.

Persalinan Ria Ricis. (Instagram.com/riaricis1759)

 

"Baby blues-nya itu pernah salah satunya di titik aku nyusuin Moana dan aku tuh bilang sama Moana 'ayo abisin, ayo abisin, biar cepet gede, ibu gak tahan Moana dibilang kecil mulu, ibu pengen Moana cepet gede', aku ngomong gitu sambil nangis," sambungnya.

Ricis mengungkapkan, kondisi itu tak diketahui sang suami lantaran terjadi pada waktu dini hari, saat Moana dan dirinya terbangun.

"Kalau Moana kan nyusu nyedot-berhenti-nyedot-berhenti, jadi gak yang nyedot mulu, ada napasnya dulu lah. Jadi aku sampai di titik 'kenapa berhenti? ayo terus' gitu. Pernah di titik sampe Moana gumoh, dan aku bilang di deket telinganya, aku deketin di kupingnya, aku bilang 'jangan keluarin lagi, ibu susah keluarin ASI-nya, Moana kapan gedenya kalau dikeluarin lagi?' gitu-gitu," ceritanya.

Meski begitu, Ricis menyadari kesalahannya. Setelah mendapat support, terutama dari suami, ia mulai menyadari dan menerima bahwa apa yang terjadi padanya sudah kehendak Sang Pencipta.

Ria Ricis Melahirkan. (Instagram.com/riaricis1795)

"Akhirnya barulah aku sadari bahwa ya itu memang udah kehendak Allah, dan alhamdulillah-nya aku juga banyak support juga, dan akhirnya singkat waktu dapet support banyak dari orang-orang terdekat terutama suami," paparnya.

"Suami selalu bilang 'kamu sedih ya Moana dibilang kecil sama orang-orang?'. Aku gak ngaku kan, aku bilang 'nggak, biasa aja', 'tapi aku bisa liat muka kamu' katanya gitu. 'Ayo, kamu ibu yang hebat, Moana gak kecil kok, kamu ibu yang hebat, jangan putus asa ya, nyusuin terus' katanya gitu" tutup Ricis.