3 Alasan Kenapa Janin Lebih Aktif Bergerak di Sebelah Kanan

Kamis, 9 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Alasan Kenapa Janin Lebih Aktif Bergerak di Sebelah Kanan

Foto: Ladiestory.id

Saat kita mengandung pasti banyak yang kita rasakan, bahkan keaktifan si buah hati saat mengandung terkadang bisa membuat kita kesakitan atau bahkan kegelian.

Tapi apa kamu tahu arti jika janin kamu lebih aktif sebelah kanan? Banyak yang mengira kalo janin aktif bergerak sebelah kanan menandakan jenis kelamin, padahal sebenarnya itu menandakan posisinya di rahim.

Nah, mungkin kamu banyak yang tahu mitos bahwa janin yanh bergerak aktif sebelah kanan menandakan jenis kelaminnya. Itu semua hanya mitos, sehingga jangan terkecoh. Pasti ada beberapa ibu hamil yang mungkin penasaran ketika janin aktif bergerak sebelah kanan, terutama bila saat persalinan sudah hampir tiba.

Pertanda Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan

Merasakan gerakan janin itu merupakan hal yang normal, bahkan itu merupakan pertanda baik karena calon buah hati kamu masih aktif selama berada di dalam rahim. Ketika waktu persalinan sudah dekat, posisi bayi di dalam rahim sangat penting dan menentukan jalannya persalinan yang akan kamu lakukan nanti.

Oleh karena itu, dokter perlu melakukan pemantauan secara rutin untuk mengetahui perkembangan poisisi janin di trimester dan minggu-minggu terakhir kehamilan. Nah sekarang kita akan membahas apa sih alasan dan arti jika janin aktif bergerak sebelah kanan?

Ternyata janin yang aktif bergerak sebelah kanan bisa jadi suatu pertanda bahwa posisi kaki dan tangan calon bayi tersebut sedang menghadap di sebelah kanan rahim kamu. Dalam posisi seperti ini, kepala janin mungkin seperti melihat ke arah paha kanan ibu atau seperti orang yang sedang tidur dalam posisi miring dan kaki menekuk.

1. Posisi Janin Tidak Ideal

Pertanda Janin Aktif Bergerak
Foto: Ladiestory.id

Posisi seperti ini disebut sebagai left occiput transverse (LOT). Kondisi ini memang tidak ideal untuk ibu hamil yang sudah memasuki masa-masa menjelang persalinan.

Alasannya karena posisi janin ini akan membuat persalinan berjalan kurang lancar dan salah satunya ditandai dengan bukaan jalan lahir yang lambat dan rasa nyeri yang lebih hebat.

Seharusnya posisi kepala janin yang ideal itu berada di tengah panggul ibu dengan wajah menghadap ke bawah dan punggungnya sejajar dengan perut ibu hamil, yang biasa disebut anterior. Posisi seperti ini sangat ideal dan memungkinkan bayi mendorong dirinya sendiri keluar dari rahim.

Dan untuk janin pada posisi LOT tidak mungkin melakukan hal seperti itu. Tetapi ada pertanda juga jika janin aktif bergerak sebelah kanan. Hal ini merupakan suatu sinyal bagi ibu hamil yang baru menjalani pemeriksaan ultrasonografi dengan citra posisi janin terlihat sungsang.

LOT menandakan janin Anda terus berputar mencari jalan lahir hingga akhirnya akan berada pada posisi anterior jelang persalinan.

2. Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan Menentukan Jenis Kelamin

Pertanda Janin Aktif Bergerak
Foto: Ladiestory.id

Lalu kenapa beredar informasi kalau janin aktif bergerak sebelah kanan bisa menentukan jenis kelaminnya? Sebenarnya untuk mengetahui jenis kelamin bayi bisa dilakukan dengan pemeriksaan USG, terutama ketika usia kehamilan Anda sudah mencapai 18-20 minggu.

Tetapi untuk saat ini tidak sedikit orang tua yang percaya bahwa jenis kelamin janin juga bisa diketahui lewat penerawangan tertentu, seperti sah satunya dari gerakan janin.

Orang-orang mengira kalo janin aktif sebelah kanan atau kiri misalnya, identik dengan jenis kelamin laki-laki. Sementara itu janin yang kurang aktif bergerak dikatakan berjenis kelamin perempuan.

Tetapi sebenarnya gerakan janin tidak bisa mengetahui jenis kelamin. Bahkan belum ada bukti juga secara ilmiah bahwa dengan melakukan penerawangan non-USG bisa mengetahui jenis kelamin. Dan ternyata baik janin berjenis kelamin perempuan ataupun laki-laki akan sama-sama aktif ketika berada di dalam rahim.

Namun keaktifannya akan berkurang ketika usia kehamilan sudah di atas 36 minggu, karena memang ruang geraknya di dalam rahim sudah tidak seluas sebelumnya. Keaktifan gerakan janin juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti: kondisi perut ibu hamil, berat badan ibu hamil, aktivitas ibu hamil, dan lain sebagainya.

3. Kondisi Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Pertanda Janin Aktif Bergerak
Foto: Ladiestory.id

Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi pada ibu hamil yang baru mengandung, tetapi juga bisa terjadi kepada ibu hamil yang mengandung anak kedua atau ketiga dan seterusnya.

Nah, itu dia alasan kenapa janin lebih aktif bergerak di sebelah kanan. Jadi karena janin aktif bergerak sebelah kanan lebih intens dibanding janin yang kamu kandung di kehamilan sebelumnya, tidak berarti hal itu menunjukkan perbedaan gender, ya. Sebab, karakteristik setiap kehamilan memang berbeda-beda.

Apapun keadaannya kalau kamu merasa hal berbeda saat mengandung kamu bisa memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter kandungan kamu. Tetap jaga kesehatan selalu dan semoga informasi ini bermanfaat.

Berita Terkait