Diakui oleh UNESCO Dunia, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Bangga Memakai Batik

Senin, 8 November 2021 | 17:46:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Diakui Oleh Unesco Dunia, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Bangga Memakai Batik

Foto: nstagram/mamamoo_official

Ladiestory.id - Siapapun pasti tahu jika batik berasal dari negara Indonesia. Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, batik sudah ada sejak dulu dan terus dijaga hingga sekarang. Dan semakin diperkuat dengan ditetapkannya oleh UNESCO sebagai Warisan Tak Benda pada 2 Oktober 2009 lalu.

Di Indonesia, batik kini tidak hanya sekadar untuk pakaian biasa saja. Mulai dari sekolah, instansi pemerintahan, hingga swasta menetapkan batik sebagai seragam kerja untuk hari-hari tertentu.

Selain itu banyak juga orang-orang yang menggunakannya untuk menghadiri acara-acara penting lainnya, seperti pesta pernikahan, hajatan, dll.

Alasan Kenapa Harus Bangga Menggunakan Batik

Pada zaman dahulu, batik hanya digunakan oleh kalangan kerajaan atau orang-orang tertentu saja. Namun kini semua kalangan masyarakat sudah bisa menggunakannya dengan leluasa. Bahkan memakai batik juga sudah tidak sekuno dulu.

Hal ini karena mulai dari motif dan desainnya kini semakin beragam. Kamu harus bangga mengunakan batik Indonesia, karena berbagai alasan berikut.

1. Bisa Turut Mempromosikan Batik ke Seluruh Dunia

Foto: Instagram/xxteukxx

Dengan kamu menggunakan batik, maka secara tidak langsung juga ikut memperkenalkan batik ke seluruh dunia. Apalagi jika kamu menggunakannya ke tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi turis. Pastinya membuat turis tertarik untuk melihat dan mengenal batik yang biasa digunakan masyarakat Indonesia.

2. Batik Itu Fun

Siapa bilang pakai batik akan terlihat norak? Justru memakai pakaian batik akan terlihat lebih fun. Kini ada banyak pilihan motif dan warna batik yang seru banget untuk di mix and match dengan pakaian kamu yang lain.

3. Memakai Batik Sama Saja dengan Mendorong Perekonomian Lokal

Batik diproduksi dan didistribusikan oleh anak-anak bangsa. SehinggaT jika kamu membeli dan menggunakan batik, sama saja dengan ikut mendukung roda perekonomian lokal secara tidak langsung. Apalagi jika batik yang kamu gunakan adalah batik tulis, tentunya turut menghargai usaha di balik pembuatannya.

4. Sebagai Tanda Jika Kamu Bangga dengan Indonesia

Foto: instagram/claurakiehl

Batik sudah menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Sehingga dengan menggunakan batik, bisa dikatakan ikut andil dalam melestarikan warisan budaya Indonesia, sekaligus bangga menjadi bagian dari Indonesia.

5. Bisa Menunjukkan Kepribadianmu

Ada banyak pilihan warna dan motif batik yang bisa kamu pakai sesuai dengan kepribadianmu. Sehingga nantinya bisa menjadi ciri khas kepribadianmu.

6. Membuat Penampilan Lebih Berbeda dan Nampak Elegan

Foto: nstagram/mamamoo_official

Saat ini batik bisa dibuat menjadi jenis pakaian yang lebih modern, tanpa menghilangkan unsur budaya yang kental di dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari peran para desainer dalam negeri yang memperkenalkan batik menjadi pakaian yang berbeda dan elegan.

Sekarang pastinya sudah tahu bukan alasan kenapa kamu harus bangga menggunakan batik. Ayo mulai cintai dan gunakan batik Indonesia di berbagai kesempatan.