Alkohol hingga Pemutih Pakaian, Ini 8 Cara Bersihkan Kaca yang Buram

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Alkohol Hingga Pemutih Pakaian, Ini 8 Cara Bersihkan Kaca Yang Buram

Ilustrasi orang bercermin. (Special)

Ladiestory.id - Kaca di rumah yang sudah buram biasanya disebabkan oleh kuman, jamur, dan bakteri. Karena hal tersebut, kaca yang terlihat kotor dan penuh dengan kuman pasti membuat orang merasa tidak nyaman.

Hal ini disebabkan karena kunci kesehatan untuk keluarga terletak pada kebersihan rumah. Supaya dapat terhindar dari berbagai penyakit, maka Kamu perlu rajin menjaga kebersihan rumah dengan membersihkan kaca secara rutin agar tetap bersih. Agar lebih mudah, ayo ketahui cara membersihkan kaca buram berikut ini.

Alkohol

Foto: indochem

Cairan paling efektif yang dapat membunuh kuman adalah alkohol. Selain itu, alkohol juga bisa digunakan sebagai pembersih noda seperti membersihkan kaca yang buram.

Cukup tuangkan alkohol ke lap kering dan gosok-gosokan lap tersebut ke seluruh area secara merata. Lalu, jangan lupa untuk usap kembali dengan lap kering.

Cuka

Ilustrasi cuka putih. (Special)

Kaca buram diketahui dapat dibersihkan dengan cuka yang merupakan cairan asam. Untuk mencobanya, Kamu dapat memberikan air hangat sebagai bahan campuran cuka.

Setelah itu, ratakan campuran tersebut ke kaca yang buram. Jangan lupa untuk dilap dengan kain kering setelah menunggu beberapa menit.

Pasta Gigi

Ilustrasi pasta gigi mengandung flouride. (Special)

Fungsi utama pasta gigi adalah untuk mencegah gigi berlubang dan membersihkan gigi. Namun, benda satu ini ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca. Kamu hanya perlu menyediakan lap kering untuk diolesi pasta gigi.

Jika sudah, ratakan pada permukaan kaca. Kemudian Kamu dapat membilasnya dengan kain lap setengah basah dan mengeringkannya dengan lap yang kering.

Air Soda

Ilustrasi soda. (Special)

Kaca buram ternyata dapat dibersihkan dengan minuman menyegarkan seperti air soda. Kamu dapat menuangkannya ke sebuah lap untuk digosok-gosokkan ke kaca dengan perlahan.

Usai dilakukannya hal tersebut, diamkan beberapa menit, sebelum pada akhirnya Kamu membersihkannya dengan lap yang. Jangan lupa untuk menggunakan lap yang masih kering.

Cairan Pembersih Kaca

Membersihkan rumah

Cairan pembersih kaca merupakan solusi paling praktis ketika Kamu ingin membersihkan kaca yang buram. Kamu bisa membelinya di minimarket terdekat untuk membuat kacamu kembali kinclong.

Untuk menggunakannya, Kamu dapat membasahi kaca dengan lap. Lalu, semprotkan cairan pembersih kaca ke permukaan. Diamkan dahulu beberapa saat supaya cairan pembersihnya bereaksi, kemudian lap sampai kering.

Air Lemon

Ilustrasi menghilangkan noda jamur dengan lemon. (Spesial)

Hal yang kerap dijadikan andalan untuk membersihkan noda membandel akibat jamur, kuman, dan bakteri adalah lemon. Begitu pula dengan noda kaca buram. Kamu bisa membersihkannya dengan lemon, loh.

Cara mengaplikasikannya juga terbilang begitu mudah. Cukup tuangkan air lemon ke dalam wadah, lalu oleskan secara merata pada noda yang ada di permukaan kaca. Setelah itu, Kamu dapat membersihkannya dengan lap kering yang bersih.

Filter Kopi

Ilustrasi filter kopi. (Special)

Filter kopi ternyata juga termasuk salah satu hal yang bisa membersihkan kaca buram, loh. Kamu dapat mengenakan filter kopi bekas yang sudah pernah digunakan.

Cara menggunakannya yaitu, Kamu dapat menggosokan filter kopi dengan perlahan pada permukaan kaca. Filter ini mempunyai daya serap yang bagus dan sangat cocok untuk membersihkan kaca yang buram. Selanjutnya, Kamu dapat membersihkannya dengan air kemudian lap dengan kain kering.

Pemutih Pakaian

Ilustrasi pemutih. (Special)

Pemutih pakaian dapat digunakan untuk membersihkan noda membandel pada kaca yang buram selain dapat membersihkan noda membandel yang ada pada pakaian. Cara memakainya juga sangat mudah, cukup tuangkan pembersih pakaian pada lap yang kering.

Lalu, gosokkan ke bagian cermin yang tampak buram dengan merata. Gosok dengan lap bersih supaya hasil tampak maksimal.