Anti Gagal, 6 Langkah Mencukur Alis bagi Pemula

Rabu, 25 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Anti Gagal, 6 Langkah Mencukur Alis Bagi Pemula

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Alis menjadi salah satu bagian yang terpenting bagi perempuan. Bahkan banyak perempuan yang tidak percaya diri jika keluar rumah tidak menggambar alis terlebih dahulu. Pada dasarnya bentuk alis setiap orang berbeda-beda. Ada yang tebal, tipis, hingga tidak beraturan.

Hal tersebut bisa diatasi dengan mengalis atau membingkai alis. Namun agar hasil lebih maksimal, banyak perempuan yang rutin mencukur alis atau sekedar merapikannya.Tapi mencukur alis bukanlah hal yang mudah terlebih bagi pemula. Jangan khawatir, coba ikuti langkah mencukur alis bagi pemula di bawah ini!

Membersihkan Alis

Alis. (Special)

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bagian alis bersih dari makeup dan segala kotoran yang ada. Kamu bisa membersihkannya dengan produk kesehatian yang sering digunakan. Sebab jika alismu masih menempel make up, kita tidak akan tahu seberapa banyak mencukur alis. Oleh sebab itu pastikan alismu bersih ya.  

Mengompres Alis dengan Air Hangat

Kebiasaan Pakai Handuk Badan untuk Wajah (Special)

Langkah selanjutnya untuk mencukur alis bagi pemula ada mengompres air dengan air hangat. Cara ini digunakan untuk memastikan bagian alis bersih dari make up hingga kotoran. Tak hanya itu, mengompres alis dengan air hangat akan membantu mempermudah mencukur bagi pemula. Pasalnya air hangat akan membuka pori-pori yang ada di sekitaran alis.

Sikat Alis Terlebih Dahulu

Foto: Ladiestory.id

Seusai mengompres alis dengan air hangat, jangan lupa keringkan alismu. Kemudian sebelum mencukur alis, sisirlah alis terlebih dahulu. Langkah ini tidak ada bedanya dengan potong rambut biasa. Sebelum potong rambut, pastinya rambut akan disisir untuk menentukan seberapa panjang rambut yang akan dipotong.

Begitu pula dengan alis, kita harus menyisirnya terlebih dahulu. Nantiya akan membantu kita mengetahui seberapa panjang alis yang akan dicukur.

Menentukan Titik Alis

Alis. (Special)

Nah, inilah saat yang menegangkan bagi pemula yang ingin mencukur alis. Langkah selanjutnya yakni Kamu harus menentukan titik-titik alis. Tempatkan pulpen atau kuas rias tegak lurus dari ujung terdalam alis ke batang tengah hidung, lalu tandai dengan eyeliner pensil. Kemudian cari titik tertinggi alis atau arch.

Diukur dari sisi hidung paling pinggir ditarik 45 derajat ke arah bola mata, kemudian tandai. Untuk titik terakhir alis berada ujung terluar. Cara mengukurnya dengan menarik pulpen atau kuas dari pinggir hidung ke ujung terluar mata dan tandai.

Setelah mendapatkan titik-titiknya, arsir alis dengan pensil alis, sehingga kelebihan rambut di luar arsiran bisa terlihat. Kemudian cabut dengan tweezer atau cukur dengan alat pencukur alis khusus. Pada prinsipnya, jangan sampai mengubah bentuk alis asli Kamu. Sebaliknya, gunakan alismu sebagai acuan untuk mencukur.

Cabut Bulu Alis Menggunakan Pinset

Alis. (Special)

Memang terdengar menyakitkan, namun memang mencabut bulu alis dengan pinset menjadi cara selanjutnya. Cabutlah rambut alis yang berada di luar bentuk alis asli. Sebaiknya dimulai dengan mencabut rambut alis yang terlihat halus dan tipis menggunakan pinset.

Pasalnya tipe rambut halus dan tipis ini biasanya tidak terjangkau dengan pisau cukur. Cabutlah dengan perlahan dan hati-hati ya agar tidak terluka dan tidak ada bulu alis yang tersisa.

Bersihkan dan Aplikasikan Pelembab

Alis. (Special)

Langkah terakhir dari rangkaian mencukur alis untuk pemula adalah memberishkan alis. Bersihkan alis dengan tisu basah atau handuk supaya tidak ada bulu sisa yang menempel. Kemudian oleskan pelembap atau gel aloe vera pada alis.

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi kemerahan seusai alis dicukur. Setelah mencukur alis, Kamu dapat mengisi kekosongan alis dengan produk pensil alis. Saat ini, makeup alis lebih bervariasi, tidak hanya pensil alis.Di antaranya terdapat maskara alis dan shadow alis.

Bagi Kamu yang ingin membuat tampilan alis ala Korea yang natural bisa menggunakan shadow alis. Pasalnya produk tersebut membuat hasil pulasan lebih tipis dibanding maskara atau pensil alis.

s