Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | APA SAJA MANFAAT KOLAGEN BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKANMU?

Apa Saja Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Dan Kecantikanmu?

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 18 Maret 2021 | 10:49:20
Durasi baca: 2 menit, 1 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Apa Saja Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Dan Kecantikanmu?

Kini kamu dapat dengan mudah menemukan makanan, vitamin, bahkan produk skincare yang mengandung kolagen. Secara alamiah, tubuh dapat memproduksi sendiri kolagen melalui asam amino, vitamin, dan juga mineral yang masuk ke dalam tubuh. Namun, ada berbagai faktor yang dapat membuat produksi kolagen dalam tubuh berkurang dan juga berpotensi merusak kolagen alami dalam tubuh, seperti radikal bebas serta paparan sinar UV A dan UV B. Kekurangan kolagen alami ini harus segera diatasi karena kolagen memiliki lima manfaat untuk kulit.

Berikut penjelasannya. Apa yang membuatnya begitu populer? Apa saja manfaat kolagen bagi kesehatan dan kecantikanmu?

Anti Aging

Kolagen memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit, seperti kulit jadi lebih kencang dan bersinar, karena kolagen membantu prosesperemajaan pada kulit. Semakin tua usia maka produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan kondisi kulit mulai berubah seperti keriput. Itulah sebabnya kamu harus mulai memakai produk skincare atau mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen.

Baca juga: Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengurangi Stretch Mark

Selulit membuatmu tidak percaya diri. Selain meremajakan kulit, kolagen juga dapat memperhalus garis-garis yang ditimbulkan karena selulit lho. Jika kamu rajin merawat diri atau menjaga asupan kolagenmu, tekstur kulitmu akan menjadi lebih halus.

Memperkuat Tulang dan Sendi

Selain untuk kulit, kolagen juga memiliki fungsi yang hampir mirip dengan kalsum bagi tulang. Kolagen berfungsi sebagai perekat antara tulang dan sendi. Struktur tulang juga dapat tercipta karena terjadi gabungan antara kolagen dan hydroxyapatite. Keduanya membuat tubuh agar tetap fleksibel, terstruktur, dan membuat pertumbuhan tulang menjadi lebih baik. Penyakit tulang seperti osteoporosis juga dapat dicegah dengan mengonsumsi kolagen lho!

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Untuk Kesehatan Wanita


Kolagen pada rambut memiliki fungsi untuk memperkuat akar rambut serta merangsangnya agar dapat tumbuh kembali. Jika sebelumnya kamu memiliki masalah rambut rontok, mengonsumsi kolagen bisa menjadi salah satu solusinya, karena regenerasi rambut bisa terjadi lebih cepat. Rambut yang rontok bisa segera digantikan oleh rambut baru, dan rambut akan menjadi lebih kuat karena nutrisi yang dibutuhkan tercukupi.

Memperlancar Sistem Sirkulasi Tubuh

Kolagen sangat mempengaruhi sistem sirkulasi tubuh, karena ia memiliki pengaruh terhadap stabilitas tekanan darah, menjaga keseimbangan kolesterol, memperlancar sirkulasi darah, sehingga kamu jauh dari risiko penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.

Tak hanya buah dan sayur, jangan lupa juga untuk mengonsumsi beragam ikan laut seperti tuna, salmon, dan sarden yang mengandung protein tinggi. Protein yang terkandung di dalam ikan merupakan salah satu protein yang membentuk kolagen yang berasal dari olahan hewani. Itu dia manfaat lain dari kolagen. Yuk, jika kamu sudah berada di usia akhir 20–an, saatnya mulai perhatikan asupan kolagenmu.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Cek Kesehatan dari 6 Warna Darah Menstruasi

 

Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Manfaat Kolagen Bagi Kecantikan Kolagen

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty