AQUA Ajak Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan Minum Air Putih

Rabu, 24 Agustus 2022 | 22:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Aqua Ajak Jaga Kesehatan Di Tengah Cuaca Ekstrem Dengan Minum Air Putih

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Ladiestory.id - Guna menunjang kesehatan dan kebugaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari, penting bagi keluarga Indonesia untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan akan asupan air minum. Sayangnya menurut survei, 1 dari 4 orang dewasa Indonesia belum cukup minum. Resiko dehidrasi pun meningkat saat kita menghadapi cuaca ekstrem yang tak menentu, seperti saat cuaca panas dan kita kurang minum.

Sebagai zat gizi makro yang tidak diproduksi dalam tubuh kita, perlu dipahami bahwa tidak semua air layak untuk diminum. Kita perlu memperhatikan kualitas air yang kita konsumsi. Cuaca ekstrem yang melanda akhir-akhir ini ternyata juga dapat mempengaruhi kualitas air.

Mengkonsumsi air yang tercemar bakteri, logam berat, senyawa kimia, pestisida, dan organik, dapat membahayakan kesehatan. Berkomitmen dalam menjaga kesehatan keluarga Indonesia, Danone-AQUA menghadirkan air minum berkualitas dalam kemasan galon yang dapat diakses dengan mudah dan ekonomis melalui gerai AQUA Home Service (AHS) yang tersebar di penjuru Indonesia. 

Acara Webinar Danone AQUA Home Service. (Special)

“Survei menyatakan bahwa penduduk Indonesia masih kurang minum, kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko kesehatan. Ditengah rendahnya tingkat asupan air minum keluarga Indonesia, ancaman kesehatan pun semakin meningkat akibat cuaca ekstrem yang kita alami saat ini.  Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas air,” ujar Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia.

Acara Webinar Danone AQUA Home Service. (Special)

Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menambahkan bahwa, salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan terutama dalam menghadapi cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan air minum.

Selain jenis kelamin dan usia, faktor lain yang dapat mempengaruhi kebutuhan air adalah suhu, kelembaban dan lingkungan. Ada banyak manfaat air bagi tubuh, diantaranya untuk pembentukan sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, mendukung ketahanan fisik anak, mengeluarkan zat tidak berguna dari dalam tubuh, hingga mendukung fungsi kognitif/konsentrasi. Sebagai zat gizi makro, pada tahun 2013, air masuk dalam AKG (Angka Kecukupan Gizi) untuk orang Indonesia.

Menurut Kementerian Kesehatan RI mengenai Angka Kecukupan Gizi bagi Orang Indonesia, orang dewasa membutuhkan sekitar 2 liter atau kurang lebih 8 gelas air minum setiap harinya. Kebutuhan ini dapat bertambah sesuai dengan kondisi tertentu misalnya bagi ibu hamil dan menyusui.

Lebih lanjut Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK menambahkan, jika kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat berdampak pada kesehatan, diantaranya seperti mudah lelah, daya ingat dan konsentrasi menurun.

Jika terjadi secara berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis, bahkan meningkatkan resiko kegemukan. Selain kuantitas, kita juga perlu memperhatikan kualitas air yang kita minum. Air dapat tercemar oleh bakteri dan senyawa berbahaya penyebab penyakit. Karenanya, sebaiknya pilih air minum yang berasal dari sumber terlindungi dan diproses sesuai dengan standar kesehatan.

Acara Webinar Danone AQUA Home Service. (Special)

Selain pencemaran lingkungan, cuaca ekstrem juga ternyata berkontribusi terhadap penurunan kualitas air. Oleh karena itu penting bagi keluarga Indonesia untuk mendapatkan air minum yang berkualitas dan terjamin guna menjaga asupan air minum sehari-hari.

Mengerti akan pentingnya memenuhi asupan air minum dengan air minum yang terjamin kualitasnya, Flora Tobing, Senior Brand Manager Danone-AQUA mengatakan, selama hampir 50 tahun AQUA tetap berkomitmen menghadirkan air mineral berkualitas yang sehat dan aman bagi seluruh keluarga Indonesia, karena AQUA Murni & Terlindungi.

Air AQUA murni dari alam dan prosesnya tidak tersentuh tangan manusia. Air AQUA juga datang dari sumber alami yang terlindungi dari pencemaran, karena kami memiliki proses yang sangat selektif dalam memilih sumber kami dengan 9 kriteria, 5 tahapan, dan minimal 1 tahun penelitian.

Acara Webinar Danone AQUA Home Service. (Special)

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memenuhi kebutuhan asupan air minum yang berkualitas dalam menjaga kesehatan keluarga, Danone-AQUA menghadirkan program AQUA Home Service (AHS). Ratih Retno Purwaningrum, Emerging Channel Director Danone-AQUA menjabarkan, AQUA Home Service (AHS) hadir sebagai inovasi yang bertujuan untuk membantu menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia. 

Lebih jauh, Ratih menambahkan, Program AHS juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat yang ingin berwirausaha dengan waktu kerja yang flexible. Dengan menjadi mitra AHS, banyak bimbingan dan dukungan yang kami berikan seperti pelatihan finansial dalam berbisnis dan dukungan beragam alat marketing yang dapat bermanfaat dalam menjalankan usaha mereka.

Salah satu mitra AHS, Luqman Hakim yang telah bergabung sejak 2015 membagikan kisah suksesnya “Sama seperti kepala keluarga lain, saya selalu berkeinginan untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarga terutama dalam hal pendidikan anak-anak. Saya pun berinisiatif menjadi wirausahawan dan memutuskan untuk menjadi mitra AHS karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan syaratnya juga relatif mudah.

“Penting bagi masyarakat untuk lebih jeli dalam memilih air minum sehari-hari bagi keluarga, karena tidak semua air sama. Walaupun sama-sama terlihat jernih, tidak berasa dan tidak berbau belum tentu bebas dari bakteri ataupun zat berbahaya lainnya. Hingga saat ini  Danone-AQUA terus memastikan kualitas air mineral tetap terjaga dan aman dikonsumsi oleh keluarga Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, ” tutup Flora Tobing, Senior Brand Manager Danone-AQUA.