Tak Ingin Terkenal, Arief Muhammad Sempat Nangis Ketika Identitas Akun ‘Poconggg’ Terungkap

Kamis, 29 September 2022 | 15:30:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Tak Ingin Terkenal, Arief Muhammad Sempat Nangis Ketika Identitas Akun ‘Poconggg’ Terungkap

Arief Muhammad. (instagram.com/ariefmuhammad)

Ladiestory.id - Influencer sekaligus pebisnis, Arief Muhammad, baru-baru ini membagikan kisah hidupnya sebelum dikenal banyak orang. Ia mengawali kisahnya ketika menjadi perantau di Jakarta, karena harus mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan pada 2009 silam. 

Saat itu, Arief membuat sebuah akun Twitter anonim yang tidak diketahui oleh orang-orang terdekatnya, lantaran ia merasa bosan dengan rutinitasnya.

Arief Muhammad. (youtube.com/EnzyStoria)

"Momen-momen gue bikin Twitter 'Poconggg' itu karena gue gabut parah. Jadi kayak di kampus kuliah kelar pulang, kuliah pulang gitu, terus di kosan kayak aduh gini-gini doang. Akhirnya iseng bikin Twitter tapi anonim nggak ada yang tahu, jadi awalnya suka kayak mention temen-temen kampus gue. Terus orang-orang kayak apa nih siapa nih," jelas Arief, dikutip dari podcast Story Of Storia, Kamis (29/9/2022). 

Arief akhirnya menuliskan berbagai cuitan sesukanya di akun tersebut. Namun, siapa sangka cuitan iseng dirinya viral dan ramai di kalangan pengguna Twitter, yang mana pada tahun itu Twitter menjadi salah satu platform yang sangat digemari oleh anak muda bahkan hingga saat ini. Hal tersebut membuat pengikut akun ‘Poconggg’ secara bertahap mengalami pertumbuhan. 

Arief Muhammad. (youtube.com/EnzyStoria)

Tiga tahun berselang, identitas dibalik akun 'Poconggg' akhirnya mulai terungkap berkat sebuah artikel. Sang penulis melakukan penelusuran dan menuliskan hasil dari berbagai 'cocoklogi'-nya terhadap sosok Arief Muhammad dan Twitter anonim tersebut. Kabar ini Arief dapatkan dari temannya, Benakribo, yang menjadi salah satu orang yang mengetahui identitas asli akun 'Poconggg' selain Raditya Dika.

"Di suatu siang gua lagi di kampus tuh tiba-tiba Bena chat gue kan. 'Rief rame nih identitas lo ketauan' kata Bena gitu. Pas gue liat wah rame nih ketauan, jadi ada yang bikin artikel gitu 'sebenernya Poconggg menurut gue adalah Arief Muhammad ini bukti-buktinya'. Jadi dia kayak cocoklogi-cocoklogi gitu, pokoknya dia bikin artikel yang kayak gitu deh zaman dulu," terang Arief.

Arief Muhammad. (youtube.com/EnzyStoria)

Mengetahui identitasnya terungkap, Arief merasa panik karena dirinya tidak memiliki niatan untuk menjadi terkenal. Pria yang gemar mengoleksi mobil ini pun mengaku sempat menangis bahkan stres. 

"Itu gue panik banget kan, disitu gue langsung nelfon Bena sama Radit waktu itu. Terus malem-malem gue janjian di Kemang, gue nangis. Demi Allah beneran, karena konsepnya gue nggak mau terkenal, gue nggak mau orang tahu itu siapa waktu itu. Begitu ketauan gua stres banget, gua sampe tiga hari nginep di Bena waktu itu," ungkapnya.

Karena informasi yang diungkap sangat detail menggambarkan dirinya yang sebenarnya, Arief memutuskan untuk mengaku jika ia adalah sosok dibalik akun 'Poconggg'.