Arti Assalamualaikum, Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui!

Wednesday, 16 Jun | 14:26:05

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Arti Assalamualaikum, Informasi Yang Wajib Kamu Ketahui!

Foto: Ladiestory.id

Arti Assalamualaikum adalah salah satu informasi penting yang wajib kamu ketahui. Sebab, ucapan salam yang berbunyi Assalamualaikum ini memang sering diucapkan oleh kaum Muslim yang ada di seluruh dunia.

Jika melihat fakta yang berkaitan dengan agama mayoritas di Indonesia yaitu agama Islam, hal ini akan menjawab mengapa arti Assalamualaikum menjadi informasi yang wajib untuk diketahui oleh banyak orang.

Arti Assalamualaikum yang sebenarnya!

Mengucapkan salam adalah salah satu kebiasaan, atau bahkan ada yang mengatakan bahwa hal itu merupakan kewajiban, yang dapat berperan sebagai pembentukan rasa cinta kepada satu sama lain. Selain dapat membentuk rasa cinta antara satu individu dengan individu lainnya, ucapan salam juga dapat membentuk akhlak mulia bagi sang manusia.

Nah, di agama Islam sendiri, ucapan salam telah diajarkan sejak dini dan ucapan salah tersebut berbunyi Assalamualaikum. Lalu, mungkin kamu memang sudah mengetahui bahwa ucapan salam ini memiliki arti yang sangat positif dan memiliki banyak manfaat di dalamnya, tapi apakah kamu sudah tahu arti sebenarnya dari kata Assalamualaikum tersebut?

Jika diartikan secara bahasa, arti Assalamualaikum adalah semoga keselamatan dari Allah tercurah untukmu. Ucapan salam yang berbunyi Assalamualaikum memiliki dan mengandung makna yang sangat bersifat positif, yaitu selamat dari segala kejelekan.

Sementara itu, meskipun memang ada sebagian orang yang hanya mengucapkan kata Assalamualaikum saja untuk ucapan salamnya, akan tetapi mayoritas kaum Muslim akan mengucapkan kalimat “Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh” untuk ucapan salamnya.

Jika kata Assalamualaikum itu sendiri memiliki makna selamat dari segala kejelekan, makna dari kedua kata selanjutnya pun akan berbeda namun sama-sama memiliki makna yang bersifat positif.

Makna dari kata Wa Rahmatullahi adalah tercapainya kebaikan. Lalu apa makna dari kata Wa Barakatuh? Makna dari kata ini adalah tetap dan langgengnya suatu kebaikan. Hal ini tidak jauh berbeda dengan makna dari kata barokah itu sendiri yang makna sebenarnya adalah kebaikan yang banyak dan akan terus ada.

Pentingnya mengucapkan salam

Mengucapkan salam akan memberikan aura positif kepada kita sehingga kehidupan kita akan terasa lebih damai dan terhindar dari semua keburukan yang ada di dunia ini. Selain itu, pengucapan salam juga tidak hanya bisa diucapkan pada saat menyapa saja, akan tetapi sebuah salam juga dapat diucapkan pada situasi-situasi tertentu seperti:

  1. Salam sebagai doa, karena arti dari kalimat sapaan Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh itu sendiri bermakna sangat positif, jadi hal ini juga bisa menjadi doa yang ditujukan untuk orang lain. Sebab, seseorang yang mengucapkan salam sadar betul bahwa pengucapan salam tersebut bukan hanya sekedar basa-basi saja.
  2. Salam sebagai unsur syariat, karena kedudukan dari salam itu sendiri tidak bisa digantikan oleh ucapan-ucapan lainnya dan memang sudah menjadi bagian dari unsur syariat itu sendiri.

Sekarang sudah tahu kan betapa bermaknanya arti assalamualaikum yang sebenarnya? Karena sekarang kalian semua sudah tahu bahwa kalimat “Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh” ini memiliki arti yang positif dan mampu memberikan manfaat yang tiada taranya, maka mulailah membiasakan diri untuk mengucapkan salam dengan menggunakan kalimat ini.

Sebab, manfaat dari pengucapan salam ini bukan hanya bisa didapatkan oleh sang penerima salamnya saja namun sang pengucap salam juga bisa mendapatkan manfaat tersebut. Jadi, mulailah tebarkan kebaikan sedini mungkin dan tidak ada kata terlambat untuk berusaha!

Berita Terkait