Tampil di RSL, 5 Artis Muda Berbakat Bawakan Lagu Unggulan secara Akustik

Selasa, 5 Juli 2022 | 14:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tampil Di Rsl, 5 Artis Muda Berbakat Bawakan Lagu Unggulan Secara Akustik

Resso Studio Live. (Special)

Ladiestory.id - Resso Studio Live (RSL), program yang menampilkan musisi lokal berbakat, kembali dihadirkan oleh aplikasi streaming musik sosial, Resso. Konser musik yang dikemas dengan ringan, intim dan hangat ini akan disiarkan langsung pada Jumat (8/7/2022) pukul 17.00 WIB melalui akun @RessoID di TikTok, YouTube, dan Instagram. 

RSL kali ini dihadiri lima artis muda berbakat terpilih, yakni Hanin Dhiya, Tissa Biani dan Dul Jaelani, Gabriel Prince, Fabio Asher, serta Dare. Mereka akan membawakan lima lagu unggulan dengan nuansa berbeda dengan versi rekamannya. 

“Resso Studio Live memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperkenalkan profil dan lagu baru mereka sekaligus menunjukkan sisi lain dari para musisi ini ke audiens yang lebih luas,” kata Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead Resso Indonesia.

“Kami juga mendukung terciptanya keakraban dari para musisi berbakat ini dengan para penggemarnya melalui fitur komen di aplikasi atau media sosial," sambungnya.

Dere mengungkapkan bahwa tampil di RSL sangat menyenangkan, dan ia memilih membawakan lagu ciptaannya, "Berisik". Menurutnya, tidak ada yang berbeda dalam cara menyanyikan lagu tersebut.

Resso Studio Live. (Special)

"Tapi, yang menjadi beda saat dinyanyikan live, bisa sambil ngobrol dengan teman-teman yang menyaksikan,"kata Dare.

Pelantun lagu "Rumah Singgah", Fabio Asher, mengaku menyanyi di RSL lebih menantang karena harus lebih bagus dari versi rekaman. Sedangkan, Tissa Biani, yang berduet dengan Dul Jaelani dalam lagu “Anggur Cinta”, mengungkap jika feel atau chemistry-nya lebih terlihat.

Hal terkait feel dalam menyanyi di panggung live juga diungkapkan oleh penyanyi Hanin Dhiya. Membawakan lagu unggulan "Kembalilah Padanya", Hanin, yang juga mengungkapan rasa senangnya mendapatkan pengalaman baru tampil di RSL.

"Tentu beda membawakan lagu live di RSL, tidak ada edit suara dan lain-lain, sehingga feel saat bernyanyi pasti terdengar lebih real," ujar Hanin Dhiya.

Improvisasi ternyata banyak dilakukan oleh Gabriel Prince untuk lagu "Maybe" versi RSL. 

"I think the main difference was that I sang an acoustic version of the song for RSL, whereas the mastered version has a more ballad feel to it. Another different aspect was that I added my own riff and runs towards the end of the song, in order to give the two versions a sort of different vibe," jelas Gabriel. 

RSL memang memberikan kebebasan bagi para musisi untuk dapat berkreasi dalam membawakan lagu unggulan mereka, dengan cara yang berbeda karena dilakukan secara live dan akustik.

Pertama kali diselenggarakan pada Desember 2021 lalu, RSL mengajak lima musisi lokal berbakat untuk mengadaptasi dan mengimprovisasi cara mereka membawakan lagunya dalam versi live di studio di Studio Resso di Jakarta. Beberapa musisi dan penyanyi bertalenta yang pernah menghiasi panggung RSL antara lain Arvian Dwi, Elsa Japasal dan Ade Govinda, Hana Wilianto, IDGITAF, Rifqi FTR, Fatin, FILDABEAT, Indahkus, Shakira Jasmine, dan Ziva Magnolya.