Bagaimana Cara Mengatasi Maskne?

Rabu, 3 Maret 2021 | 20:45:56

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Bagaimana Cara Mengatasi Maskne?

Semenjak datangnya wabah virus COVID-19, masker merupakan benda wajib yang harus selalu kamu gunakan. Tidak peduli kemana pun kamu pergi, mengenakan masker adalah salah satu cara untuk melindungi keluarga dan kesehatan kamu selama pandemi ini. Namun tahukah kamu, penggunaan masker yang terlalu lama dapat menyebabkan jerawat lho.

Maskne atau Mask Acne, merupakan istilah baru untuk jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker yang terlalu lama. Biasanya jenis jerawat ini muncul di area yang tertutup oleh masker, seperti sekitar hidung, mulut, pipi, dan dagu. Tidak perlu khawatir, berikut ini merupakan cara agar kamu terhindar dari maskne tanpa harus melepaskan masker yang dapat melindungi kamu dari virus. 

Bagaimana Cara Mengatasi Maskne?

Gunakan Masker Secara Bijak

Sesuai rekomendasi dari WHO, penggunaan masker tidak lebih dari 4 jam. Ganti masker maksimal setiap 4 jam sekali, atau ketika maskermu terasa basah dan kotor. Jangan gunakan kembali masker yang belum dicuci ya. Walau terlihat masih bersih, maskermu sudah memiliki bakteri maupun minyak yang tertahan di serat kainnya. Untuk masker kain, pastikan kamu mencucinya hingga bersih dan menggunakan air panas untuk membunuh bakteri yang menempel pada kain.

Double Cleansing

Ketika kamu sudah sampai di rumah, lakukanlah double cleansing agar tidak ada sisa kotoran atau makeup yang tertinggal. Double cleansing adalah kegiatan untuk membersihkan wajah dengan dua tahap yang berbeda.

Tahap pertama dilakukan dengan menggunakan pembersih berbahan dasar air (micellar water), susu (milk cleanser), ataupun minyak (cleansing oil). Tahap kedua dari double cleansing adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih atau facial wash. Pilihlah facial wash yang memiliki busa lembut agar partikel dari busa tersebut semakin efektif dalam membersihkan pori-pori wajahmu.

Gunakan Pelembab Nonkomedogenik

Kulit yang terlalu lembab dapat menyebabkan pori-pori tersumbat yang memicu munculnya komedo dan jerawat. Oleh karena itu gunakan pelembab nonkomedogenik yang berbahan dasar air atau bentuk gel. Jika kulitmu cenderung berjerawat, kamu bisa mencoba pelembab yang mengandung tea tree oil dan salisylic acid.

Hindari Penggunaan Makeup Berlebihan

Walaupun sudah menggunakan masker, sebagian orang tetap ingin mengenakan makeup agar terlihat menawan. Gunakan makeup seminimal mungkin ya! Penggunaan makeup yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba tinted moisturizer yang dilengkapi dengan SPF agar makeup di wajah menjadi lebih ringan.

Lindungi Area Jerawat dengan Acne Patch

Jika saat ini kamu sedang berjerawat, penggunaan masker bisa jadi memperburuk kondisinya. Sebab, gesekan masker dengan kulit yang berjerawat akan berpotensi menimbulkan peradangan. Kamu bisa atasi dengan menggunakan acne-patch atau pimple patch. Semacam lapisan stiker pelapis yang dapat melindungi area jerawat kamu dari gesekan masker.

Jadi sekarang kamu tidak perlu lagi pusing, karena kamu sudah memahami cara mengatasi maskne meski harus selalu pakai masker di tengah pandemi ini.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com