Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | PARENTING | BAGAIMANA MEMBERIKAN PENGERTIAN PADA SI KECIL JIKA IA AKAN MENJADI KAKAK

Bagaimana Memberikan Pengertian Pada Si Kecil Jika Ia Akan Menjadi Kakak

LS Parenting
Jum'at, 16 April 2021 | 10:57:22
Durasi baca: 1 menit, 47 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bagaimana Memberikan Pengertian Pada Si Kecil Jika Ia Akan Menjadi Kakak

Mempersiapkan anak untuk menerima adik tidaklah mudah. Seringkali, Si Kecil merasa cemburu dengan adik bayi yang baru lahir. Si Kecil merasa takut perhatian orang tua akan beralih pada adiknya. Sehingga, beberapa anak akan melampiaskan rasa cemburunya dengan merengek dan berusaha mencari perhatian lebih pada orang tuanya.

Nah, bagaimana sih cara mempersiapkan Si Kecil agar dapat menerima adik baru? Intip tipsnya berikut ini, yuk!

Beritahu Segera

Sejak bayi masih di dalam kandungan, Si Kecil sudah bisa diberi tahu tentang kehadiran adik baru. Semakin cepat Si Kecil tahu, ia akan semakin siap menyambut kehadiran adik baru. Bila Si Kecil sudah siap menerima kehadiran adiknya, ia dapat membantu orang tua menjaga dan merawat adik barunya di kemudian hari. Karena itu, kamu dapat memberi tahu Si Kecil tentang kehadiran adik baru saat masih di dalam kandungan dengan bahasa yang mudah ia mengerti.

Baca juga: Catat! Ini 5 Bulan yang Baik Untuk Menikah Berdasarkan Penanggalan Jawa

Perkenalkan Konsep Kakak Beradik

Si Kecil perlu diberi tahu tentang konsep kakak beradik. Kamu bisa memberi tahu Si Kecil tentang cerita kakak beradik melalui dongeng. Kamu juga bisa membuka kembali album foto lama ketika Si Kecil masih bayi, sehingga ia memiliki gambaran seperti apakah adik bayinya nanti. Atau, jika kamu memiliki adik, kamu bisa menceritakan ke Si Kecil tentang masa kecil kamu dengan adik.

Libatkan dalam Persiapan

Kamu dapat melibatkan Si Kecil dalam persiapan menyambut adik baru, termasuk saat membeli perlengkapan bayi. Minta lah pendapat Si Kecil tentang warna baju, celana, atau perlengkapan lain yang akan dibeli untuk adik baru.

Tetap Beri Si Kecil Perhatian

Kecemburuan Si Kecil biasanya disebabkan oleh rasa takut kehilangan kasih sayang dari orang tua. Karena itu, tetap berikan perhatian yang ia butuhkan dan yakinkan dirinya untuk tidak merasa tersaingi dengan kehadiran adik baru.

Bekerjasama dengan Pasangan

Untuk mempersiapkan Si Kecil menerima adik baru, kamu tidak bisa bekerja sendirian. Kamu perlu bekerjasama dengan pasangan untuk memberikan pengertian pada Si Kecil. Biarkan Si Kecil menghabiskan waktu dengan ayahnya, sehingga Si Kecil tidak rewel dan bisa bermain dengan ayahnya di saat kamu fokus mengurus adikn baru. Ayah juga bisa merencanakan kegiatan seru bersama Si Kecil yang bisa dilakukan ketika nanti kamu sedang mengurus adik baru, seperti menggambar, mewarnai, menonton film, atau kegiatan seru lainnya.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Rekomendasi Warna Baju yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang


Mempersiapkan Si Kecil untuk Punya Adik Cara Mempersiapkan Si Kecil untuk Menerima Adik Tips Agar Kakak Tidak Cemburu Pada Adik Barunya

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting