Bagaimana Uang Bisa Memengaruhi Hubungan Percintaanmu? Inilah Jawabannya…

Wednesday, 29 Jan | 15:54:56

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Bagaimana Uang Bisa Memengaruhi Hubungan Percintaanmu? Inilah Jawabannya…

Memutuskan untuk membuka tabungan bersama dalam satu rekening kerap kali menjadi pilihan beberapa pasangan yang akan menikah. Tentu, perlu dibutuhkan keyakinan, kepercayaan, dan keterbukaan, ketika kita membahas soal keuangan yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan bersama. Akan tetapi, menghadirkan pembahasan soal uang di antara kamu dan pasanganmu ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan, Ladies. Akan ada banyak perbedaan di antara kamu dan dia dalam hal mendapatkan, menggunakan, dan mengelola keuangan. Sebab itulah, keterbukaan sejak dini itu perlu, bahkan ketika kalian masih merencanakan tabungan bersama dan belum memutuskan untuk membuatnya. Melengkapi apa yang telah kita usahakan sejak dini, kita pun tetap tidak bisa tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan, inilah beberapa jawaban tentang pertanyaan, “bagaimana uang bisa memengaruhi hubungan percintaanmu?” Mari kita simak!

1. Uang membuatmu belajar mengelola keuangan dengan benar, sebab harga diri

Bagaimana uang memengaruhi hubungan asmara
sumber: freepik.com

Ketika kamu dan pasanganmu berencana ingin membuat tabungan bersama dan mengelola keuangan bersama, kalian akan tahu, siapa yang sebenarnya lebih baik ketika mengelola keuangan. Misalnya saja, ternyata pasanganmu lebih bisa irit dalam berbelanja dan hanya mengeluarkan uang untuk kebutuhan. Berbeda denganmu yang tanpa pikir panjang ketika menggunakan uang. Maka, alih-alih menjaga harga diri supaya tidak disebut wanita yang bergantung pada pasangan, kamu pun bisa belajar darinya dalam mengelola keuangan. Dengan begitu, kamu bisa menambah saldo tabunganmu dengannya tanpa perlu merasa khawatir, jika kelak pasangan akan menjadi perhitungan soal uang.

2. Uang membuatmu dan pasangan merasa benar-benar perlu menabung untuk masa depan

Bagaimana uang memengaruhi hubungan asmara 2
sumber: freepik.com

Di saat kamu dan pasanganmu sudah bisa saling percaya untuk mengelola keuangan bersama, kamu dan dia akan membuat daftar apa saja yang kalian butuhkan untuk masa depan yang cerah. Misalnya saja, rencana pernikahan, memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, membeli rumah, membeli mobil, menyiapkan dana untuk pendidikan anak, dan sebagainya. Setelah memahami bahwa ternyata kalian membutuhkan uang dalam jumlah banyak, supaya daftar kebutuhan di masa depan bisa terpenuhi, maka kalian akan semakin merasa benar-benar perlu menabung untuk masa depan. Kalian pun akan lebih bersemangat lagi ketika menabung.

3. Uang membuat salah satu pasangan lebih sensitif, jika penghasilannya di bawah pendapatan pasangannya

Bagaimana uang memengaruhi hubungan asmara 3
sumber: freepik.com

Jika penghasilanmu ternyata lebih rendah dari pendapatan yang diterima pasanganmu setiap bulannya, bisa jadi membahas soal keuangan bersama akan membuatmu lebih sensitif. Sebab, kamu akan merasa bahwa dia bisa menabung lebih banyak ketimbang dirimu. Jika pasanganmu adalah seorang yang tidak memedulikan hal itu, dia tak akan ambil pusing, dan justru akan terus mendukungmu bagaimanapun keadaanmu, Ladies. Hanya saja, jika pasanganmu adalah seorang yang perhitungan dalam menggunakan uang, maka bersiaplah untuk mendapat sindiran dan penghinaan darinya ketika hubungan kalian sedang tidak baik.

4. Uang membuatmu bergantung kepada pasangan dan tak sedikit pasangan yang merasa dirugikan

Bagaimana uang memengaruhi hubungan asmara 4
sumber: freepik.com

Ada juga tipe wanita yang gemar bergantung kepada pasangan meskipun ia juga memiliki penghasilannya sendiri tiap bulan. Begitupula sebaliknya. Nah, jika kamu termasuk wanita yang suka bergantung pada pasangan, terlebih dalam urusan keuangan, maka sebaiknya kamu hentikan kebiasaanmu itu, Ladies. Sebab, pasanganmu akan merasa baik-baik saja dan tidak masalah ketika harus mengeluarkan uangnya untuk memenuhi kebutuhanmu. Tapi, takdir manusia siapa yang tahu? Bisa saja, di kemudian hari ketika kondisi keuangan kalian sedang tidak baik, pasangan akan merasa dirugikan oleh sikap bergantungmu itu kepadanya.

5. Uang menjadi masalah yang paling rumit jika kalian bertengkar atau berpisah

Bagaimana uang memengaruhi hubungan asmara 5
sumber: freepik.com

Saat kalian dalam keadaan baik dan mesra, mengeluarkan uang berapapun untuk pasangan bukanlah suatu masalah. Tapi, akan menjadi masalah ketika kalian sedang bertengkar, apalagi ketika memutuskan untuk berpisah. Terlebih, jika selama ini yang paling banyak menggunakan tabungan bersama adalah dirimu. Jadi, alih-alih menghindari risiko dihina pasangan sendiri, akan lebih baik jika kamu juga sama bijaknya ketika menggunakan uang.

Begitulah. Uang bisa menjadi hal baik dalam hubungan, tapi juga bisa menjadi hal buruk ketika ketenangan hubungan berubah menjadi suatu kegentingan. Jadi, yuk sama-sama lebih bijak lagi dalam menggunakan uang!

Berita Terkait