Bagian Tubuh yang Selalu Dilewatkan Saat Penggunaan Sunscreen

Rabu, 21 Februari 2024 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Bagian Tubuh Yang Selalu Dilewatkan Saat Penggunaan Sunscreen

Ilustrasi Sunscreen. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Penggunaan sunscreen kini telah menjadi satu hal yang penting dan wajib untuk dilakukan. Namun,  biasanya banyak orang yang memakai sunscreen hanya pada bagian wajah, lengan, dan kaki semata.

Selalu ada area kulit yang terlewatkan saat menggunakan sunscreen, dan sayangnya, saat menyadarinya, kulitmu mungkin sudah tidak dapat diselamatkan lagi dan kamu harus menghadapi akibatnya, sengatan matahari yang menyengat dan hingga memmbuat kulit terkelupas.

Seperti halnya kulit yang terbakar sinar matahari, area ini berisiko mengalami kerusakan kulit atau berkembangnya sel-sel abnormal di kemudian hari.

Meskipun tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya sengatan matahari yang menyakitkan, dalam jangka panjang, tujuan dari perlindungan sinar matahari yang tepat adalah untuk mencegah kanker kulit . Dilansir dari Healthline Online, berikut beberapa area paling umum yang sering terlewatkan saat penggunaan sunscreen.

Bagian Samping dan Belakang Leher

Ilustrasi Sunscreen. (Freepik.com)

Orang-orang mungkin pandai mengaplikasikan tabir surya pada wajah mereka, namun area yang sering diabaikan adalah leher.

Meskipun seluruh leher membutuhkan SPF, termasuk bagian depan yang biasanya berada di bawah bayangan rahang, bagian samping dan belakang leher sangat rentan terhadap sinar matahari yang merusak.

Untuk mencegah lehermu terbakar, mulailah dengan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan idealnya yang tahan air jika berencana untuk berkeringat atau berenang.

Selain itu, kamu bisa mengenakan topi bertepi lebar atau topi dengan penutup leher untuk perlindungan ekstra di area tersebut.

Dada Bagian Atas

Ilustrasi Sunscreen. (Freepik.com)

Bagian dada atas atau tepatnya bagian dada yang tidak tertutup kaus sering menjadi area yang tampaknya diabaikan. Memang akan lebih sulit mengingat untuk melindungi leher dan dada bagian atas. Meskipun kamu mungkin mengenakan T-shirt, bagian atas dada akan tetap terbuka.

Untuk area ini, kamu perlu mengoleskan sunscreen ekstra atau mengenakan kemeja pelindung matahari berleher tinggi. Kamu bahkan bisa mendapatkan kemeja yang memiliki SPF (lebih sedikit sinar matahari yang menembus kain) sehingga dapat memberikan perlindungan tambahan.

Bibir

Ilustrasi Sunscreen. (Freepik.com)

Bibir seringkali menjadi area yang terlewatkan saat menggunakan sunscreen untuk melindungi dari sinar matahari, dan sering terkena sinar UV. Jika kamu pernah mengalami luka bakar pada bibir sebelumnya, kamu pasti tahu bahwa ini adalah pemulihan yang menyakitkan dan menjengkelkan.

Untungnya, ada banyak sunscreen atau pelembap bibir yang dibuat khusus untuk digunakan pada bibir.

Bagian Atas Telinga

Ilustrasi Sunscreen. (Freepik.com)

Tempat terbakar yang tidak disengaja dan populer adalah bagian atas telinga. Ini adalah yang menjadi salahh satu area berkembangnya kanker kulit dan merupakan area yang terlupakan saat mengaplikasikan tabir surya.

Tidak hanya telinga saja, tapi juga bagian belakang telinga, terutama di belakang telinga kiri bagi orang-orang yang melakukan perjalanan jarak jauh setiap hari karena mereka akan selalu terpapar sinar UV tersebut.

Kamu harus selalu mengoleskan sunscreen di bagian atas telingamu, kamu juga bisa menambahkan perlindungan ekstra dengan mengenakan topi baseball, yang tidak menutupi dan melindungi telinga seperti halnya topi bertepi lebar.