Gunakan 7 Bahan Alami Ini untuk Atasi Luka Jatuh pada Anak

Rabu, 11 Januari 2023 | 14:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Untuk Atasi Luka Jatuh Pada Anak

Ilustrasi anak terluka. (Special)

Ladiestory.id - Anak yang sehat dan tumbuh dengan baik akan cenderung aktif bergerak, bermain, dan mencari hal-hal baru. Namun, terkadang risiko jatuh bisa saja dialami oleh anak saat sedang bermain. Luka memar dan lecet adalah hal umum yang terjadi ketika anak terjatuh. 

Meskipun luka tersebut biasanya tidak terlalu parah dan berbahaya, namun orang tua tidak boleh menyepelekan. Hal ini dikarenakan luka yang terlihat ringan jika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi.

Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa gunakan bahan alami untuk mengatasi luka jatuh pada anak. Ladiestory.id telah merangkum 7 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi luka jatuh pada anak. 

Air Bersih

Ilustrasi air mengalir. (Special)

Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat anak terjatuh dan terluka adalah membersihkan luka dengan air bersih yang mengalir. Dengan cara ini, maka kotoran, debu, ataupun benda asing dapat hilang dari kulit dan menghindarkan dari risiko terjadinya infeksi.

Jika terjadi pendarahan ringan, kamu bisa tekan bagian yang berdarah menggunakan kain kasa selama lima menit hingga pendarahan dapat berhenti. 

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Setelah luka dibersihkan dengan air bersih yang mengalir, kamu bisa lakukan langkah selanjutnya yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada bagian yang lecet.

Lidah buaya memiliki kandungan zat antimikroba, antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang sangat bagus untuk menyembuhkan luka. Selain itu, dalam gel lidah buaya juga terdapat banyak vitamin dan mineral yang akan membantu proses penyembuhan luka.

Madu

Ilustrasi madu. (Special)

Madu telah dikenal khasiatnya untuk menjaga kesehatan. Selain itu, ternyata madu juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka jatuh pada anak.

Caranya adalah dengan mengoleskan madu murni atau madu asli pada bagian yang terluka. Kemudian, tutup dengan perban. Madu dapat membuat luka menjadi lebih cepat kering dan membunuh bakteri yang ada di sekitar luka tersebut. 

Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa. (Special)

Minyak kelapa bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati luka jatuh pada anak. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang terluka dan sudah mulai menutup. Minyak kelapa dapat membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga luka akan lebih cepat sembuh. 

Kunyit

Ilustrasi kunyit. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati luka jatuh pada anak adalah kunyit. Pada kunyit terdapat kandungan kurkumin yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Dengan tingginya kolagen, maka dapat membuat luka cepat menutup dan sembuh. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dan air sehingga seperti berbentuk seperti pasta. Lalu, oleskan secara tipis pada luka dan tutup dengan perban.

Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih. (Special)

Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih juga bisa kamu gunakan sebagai obat alami untuk luka jatuh. Pasalnya, dalam bawang putih terdapat kandungan antimikroba dan anti inflamasi, di mana dapat membantu menghentikan pendarahan, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Kayu Manis

Kayu Manis (Special)

Bumbu rempah dengan bau khas yaitu kayu manis juga bisa kamu jadikan pilihan sebagai obat alami untuk mengatasi luka jatuh. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kayu manis dan air hingga berbentuk pasta dan oleskan tipis-tipis ke bagian kulit yang terluka.

Kayu manis memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan infeksi dan mengurangi peradangan. Anak juga akan merasa nyaman karena sensasi dingin dari kayu manis ini. 

Nah, itulah beberapa obat alami untuk mengatasi luka jatuh pada anak. Menggunakan bahan alami cenderung lebih aman dan mudah didapatkan. Namun, jika luka tak segera membaik, maka tak ada salahnya segera membawa anak ke dokter.