Terbukti Aman, 7 Bahan Alami Cerahkan Puting Payudara

Sabtu, 2 April 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Terbukti Aman, 7 Bahan Alami Cerahkan Puting Payudara

Ilustrasi tanda menstruasi. (Special)

Ladiestory.id - Banyak perubahan alami yang sering terjadi pada wanita usai melahirkan. Salah satu perubahan yang paling sering terjadi adalah pigmentasi kulit di area tertentu. Hal ini disebabkan ketika wanita hamil akan adanya perubahan hormon dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya peningkatan pigmentasi kulit.

Meski tidak terlihat secara langsung, pigmentasi kulit pada area puting payudara bisa mengganggu rasa percaya diri seorang wanita. Pada dasarnya, permasalahan pigmentasi bisa hilang dengan sendirinya, namun ada juga yang membutuhkan bantuan krim kulit.

Seperti yang diketahui, krim kulit kebanyakan menggunakan bahan kimia yang kurang baik bagi ibu menyusui. Nah, agar lebih aman, Kamu bisa gunakan beberapa bahan alami berikut.

Jeruk Nipis

Foto: Ladiestory.id

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang dipercaya efektif mampu mencerahkan kulit. Kamu bisa campur air perasan jeruk nipis dengan madu, atau yogurt hingga bertekstur seperti pasta, lalu oleskan ke area puting payudara diamkan sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin, dalam tujuh hari puting payudara akan semakin cerah dan sehat.

Pepaya

Foto: Ladiestory.id

Selain dikonsumsi, pepaya memiliki kandungan alami yang berkhasiat mengangkat sel-sel kulit mati serta menjaga keremajaan kulit. Kamu bisa menggunakan pepaya untuk membantu mengembalikan warna alami di sekitar puting payudara.

Caranya adalah cukup campurkan sekitar 2 sendok makan pepaya yang telah dihaluskan dengan madu. Oleskan ke bagian tubuh yang berpigmen gelap. Diamkan sekitar 20 menit hingga meresap ke kulit, lalu bilas menggunakan air bersih. Hasilnya akan langsung terlihat setelah 2 atau 3 kali pemakaian.

Lidah Buaya

Foto: Kupastuntas

Bahan yang satu ini tentunya tidak diragukan lagi manfaatnya. Lidah buaya sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk perawatan kulit. Lidah buaya sudah terbukti mampu menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

Kamu bisa gunakan gel lidah buaya secara langsung untuk dioleskan ke area puting payudara. Diamkan sekitar 15 menit sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal, gunakan secara rutin.

Almond

Ilustrasi almond. (Special)

Selain memiliki rasa yang enak dan bermanfaat untuk memperlancar ASI. Almond juga dapat membantu mencerahkan puting payudara. Kamu bisa haluskan almond, kemudian campurkan dengan susu. Setelah kedua bahan tercampur rata, Kamu bisa oleskan ke puting payudara diamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

Jika Kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membuat masker almond, Kamu bisa menggantinya dengan menggunakan minyak almond alami yang ada di supermarket.

Kentang

Ilustrasi irisan kentang. (Special)

Bahan alami lainnya yang dapat membantu mencerahkan puting payudara adalah kentang. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, kentang dipercaya efektif mencerahkan warna kulit. Kamu bisa ambil beberapa potong kentang yang telah dicuci bersih, gosokkan secara perlahan dan lembut ke area puting, lalu bilas dengan air bersih.

Tomat

Foto: Ladiestory.id

Memiliki kandungan vitamin A, C, serta protein lainnya menjadikan tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tomat terbukti ampuh untuk mencegah penuaan dini, mengurangi kadar minyak berlebih di wajah serta mampu mencerahkan kulit termasuk di area puting payudara. Kamu bisa gunakan tomat sebagai masker di area puting payudara, atau bisa Kamu konsumsi langsung sebagai bentuk perawatan dari dalam.

Susu

Ilustrasi susu. (Special)

Bahan alami untuk mencerahkan puting payudara selanjutnya adalah susu. Kandungan asam laktat yang terdapat pada susu dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan lebih cerah.

Kamu bisa campurkan susu dengan bahan lainnya misalkan pepaya untuk dijadikan masker pada area puting payudara. Jika tidak memiliki banyak waktu, Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung. Selamat mencoba ladies.