5 Bahan Alami Jadi Obat Atasi Biduran di Kulit

Rabu, 1 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Bahan Alami Jadi Obat Atasi Biduran Di Kulit

Ilustrasi biduran. (Special)

Ladiestory.id - Biduran atau yang memiliki nama lain urtikaria merupakan reaksi vaskular pada kulit. Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan keluarnya bilur atau ruam merah yang memutih. Biduran akan memberikan sensasi rasa gatal dan ruam. Di mana rasa gatal dan ruam tersebut dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lain.

Biduran disebabkan tubuh yang melepaskan zat histamin dan mediator lainnya. Zat ini akan dilepas ke dalam pembuluh darah sebagai respon alami terhadap alergen. Di antaranya, obat, makanan, rangksangan fisik, lingkungan.

Kondisi kulit ini dapat terjadi beberapa kali pada setiap orang. Tak perlu khawatir, jika Kamu mengalami biduran, berikut adalah beberapa bahan alami untuk mengatasinya.

Mengompres dengan Air Dingin

Ilustrasi es batu. (Special)

Salah satu cara yang paling mudah menyembuhkan biduran adalah mengompresnya dengan air dingin. Bahkan, cara ini terbilang paling praktis dan mudah dilakukan menurut Healthline. Hal ini karena kulit yang merah-merah dapat diredakan dengan mengompres air dingin. Jika tidak memiliki air dingin, Kamu pun bisa menggantinya dengan es batu.

Namun sebaiknya jangan tempelkan es batu secara langsung ke kulit. Kamu perlu handuk atau kain untuk membungkus es batu tersebut. Barulah Kamu bisa mengoleskannya di kulit yang biduran. Untuk durasi kompres ini Kamu bisa lakukan selama 10 menit.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Lidah buaya memang dikenal dengan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kulit. Salah satu manfaat lidah buaya yakni dapat menjadi obat biduran. Bahkan, lidah buaya terbilang bahan alami yang efektif mengatasi biduran pada kulit. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki kandungan senyawa antiinflamasi.

Yang Kamu perlukan dari lidah buaya untuk dijadikan obat biduran adalah daging lidah buaya. Bahkan, Kamu bisa langsung mengoleskan daging lidah buaya ke kulit yang biduran. Agar hasil maksimal dan biduran cepat sembuh, lakukan tindakan tersebut secara rutin ya.

Soda Kue

Foto: Ladiestory.id

Bahan alami selanjutnya yang bisa mengobati biduran adalah soda kue. Tak hanya meredakan warna kemerahan pada kulit, namun soda kue dapat menghentikan iritasi pada kulit biduran. Selain itu, soda kue juga dapat membantu meredakan rasa gatal pada area kulit biduran.

Menggunakan soda kue untuk menyembuhkan biduran pun terbilang mudah. Kamu hanya memerlukan soda kue yang dicampur dengan air. Aduk adonan tersebut hingga kental menjadi seperti pasta. Kemudian, oleskan adonan soda kue tersebut ke kulit yang biduran. Oleskan sampai merata di daerah kulit yang terasa gatal.

Daun Sirih

Ilustrasi daun sirih. (Special)

Selanjutnya, daun sirih merupakan salaah satu bahan alami yang dapat menghilangkan biduran. Bahkan, daun sirih dapat menghilangkan biduran selamanya sehingga tidak akan pernah kambuh. Pasalnya, daun sirih mempunyai kandungan chavical para allyphenol, yang mana bersifat antibakteri serta anti inflamasi. Oleh sebab itu, daun sirih dipercaya mampu mengatasi bau badan.

Bahkan daun siri dipercaya dapat mengatasi ruam dan gatal-gatal yang muncul karena biduran atau alergi. Agar hasil lebih maksimal, sebaiknya tambahkan sedikit kunyit. Ambil beberapa lembar daun sirih serta sedikit kunyit. Kemudian haluskan kedua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur menjadi satu.

Lalu, tempelkan daun sirih tersebut di area kulit biduran selama kurang lebih 20 menit. Untuk hasil yang maksimal, Kamu bisa mengulangi cara tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

Oatmeal

Oatmeal (Special)

Oatmeal dikenal memiliki banyak manfaat untuk merawat kulit. Termasuk oatmeal dapat digunakan untuk meredakan kulit biduran. Pasalnya, oatmeal mempunyai kandungan saponin. Diketahui saponin menjadi bahan pembersih alami.

Sehingga oatmeal sangat aman digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Bahkan, oatmeal juga mampu membantu menormalkan lagi kadar pH kulit. Tak hanya itu, namun rasa gatal akibat biduran pun dapat diredakan dengan oatmeal ini. Kamu hanya perlu campurkan air hangat dengan segelas oatmeal.

Kemudian, tambahkan 2 sendok makan baking soda serta minyak esensial untuk membuat sensasi menangkan. Larutan ini dapat digunakan untuk mandi agar seluruh kulit area biduran dapat hilang secara sempurna.