6 Bahan Alami Tuk Kecilkan Pori-pori Wajahmu

Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:15:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Bahan Alami Tuk Kecilkan Pori-Pori Wajahmu

Ilustrasi pori-pori wajah. (Special)

Ladiestory.id - Pori-pori wajah yang membesar menjadi salah satu masalah yang paling umum dihadapi. Biasanya ini terjadi di area dahi dan hidung.

Perlu Kamu ketahui sebenarnya pori-pori kulit itu tidak benar-benar membesar seperti yang Kamu lihat. Seseorang yang memiliki kulit putih cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan dengan orang berkulit lebih gelap. Begitu juga dengan jenis kulit seseorang, seseorang dengan jenis kulit berminyak cenderung tampak pori porinya dibandingkan dengan jenis kulit kering.

Cara Ampuh Kecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Bila Kamu adalah salah satu yang mengalami masalah pori-pori yang tampak besar, maka bisa mengatasinya dengan cara alami untuk mengecilkan pori-pori. Adapun bahan alami yang bisa digunakan, yaitu:

Lemon

Ilustrasi menghilangkan noda jamur dengan lemon. (Spesial)

Cara mengecilkan pori-pori yang pertama adalah dengan memanfaatkan lemon, salah satu dari jenis buah jeruk yang kaya akan vitamin C dan anti-oksidan. Bukan hanya itu saja, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang bisa  menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga ampuh untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah kamu dan membiarkannya selama 15 menit dan bilas dengan air bersih, cara ini akan membuat pori-pori kamu menutup.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mampu menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, dan ampuh untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Cara memanfaatkannya cukup mudah, ambil gel lidah buaya yang ada di tengah dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Alpukat

Ilustrasi alpukat. (Special)

Alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin yang baik buat tubuh, bukan hanya itu  alpukat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini akibat paparan sinar matahari, karena alpukat banyak mengandung karotenoid antioksidan, vitamin E, dan vitamin C.

Dengan menggunakan alpukat, penyebab pori-pori membesar akan dibasmi sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Cara memanfaatkan buah ini untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan menghaluskan satu buah alpukat dan gunakan sebagai masker wajah.

Mentimun

Ilustrasi timun. (Special)

Cara berikutnya untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan bahan alami adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah.  Tak hanya itu, mentimun juga bisa dipakai untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya adalah dengan memotong mentimun tipis-tipis dan tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian cuci wajah dengan air bersih. Bisa juga dengan cara memarut mentimun dan mengambil airnya. Lalu oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas.

Susu 

Ilustrasi susu. (Special)

 

Susu memiliki kandungan vitamin D yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan  vitamin B6 yang berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat, kenyal dan lembab. Caranya memanfaatkan susu untuk mengecilkan pori-pori adalah  dengan mencampurkan 2 sendok makan susu segar dengan 1 sendok makan madu dan jadikan sebagai masker wajah selama 30. Kemudian bilas hingga bersih.

Bengkoang

Ilustrasi bengkoang. (Special)

Bengkoang juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini karena bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berguna untuk mengangkat  sel kulit mati yang menumpuk pada wajah yang menyebabkan pori-pori wajah membesar. Cara menggunakan bengkoang untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan memarut bengkoang dan peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya untuk masker wajah agar pori-pori mengecil.

s