4 Bahan Alami Ini Dapat Melentikkan Bulu Mata Bayi

Jumat, 10 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Bahan Alami Ini Dapat Melentikkan Bulu Mata Bayi

Foto: Ladiestory.id

Memandangi mata indah bayi kamu memang tidak ada kata bosan, ya. Apalagi kontak mata ke mata dapat menjadi quality time yang menguatkan hubungan batin kamu dan sang buah hati. Nah, jika telah bicara mengenai mata bayi, para ibu pasti sangat menginginkan buah hatinya mempunyai bulu mata yang lentik.

Bahan Alami yang Dapat Melentikkan Bulu Mata

Kombinasi wajah imut dan bulu mata lentik memang menjadikan buah hati tampak mirip dengan boneka. Tapi kamu perlu ingat jika bulu mata bayi sangat dipengaruhi faktor genetik, yang bentuk, panjang, dan ketebalannya telah terbentuk sejak dalam kandungan.

Melansir What To Expect, bulu mata mulai terbentuk sejak janin masih berusia sekitar 8 minggu, dan sudah terbentuk sempurna di usia kehamilan 22 minggu.

Ini diperkuat dengan pernyataan dari Dr. Natalie Epton, dokter spesialis anak dan ahli neonatologi di International Pediatric Clinic. Menurutnya, satu-satunya faktor yang dapat membuat bulu mata lentik adalah potensi genetik.

Meski sangat dipengaruhi faktor genetik, tapi tetap terdapat sejumlah cara untuk melentikkan bulu mata bayi. Apa saja?

1. Mengoleskan Minyak Zaitun

Foto: Ladiestory.id

Minyak zaitun telah dikenal sejak zaman dulu dengan beragam manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan, salah satunya untuk bulu mata. Tapi, ada baiknya kamu mengenakan minyak zaitan murni atau yang di packaging-nya tertulis extract virgin olive oil.

Minyak zaitun murni memiliki kandungan polifenol yang bisa menyehatkan bulu mata. Kemudian, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang bisa menjadikan kulit di sekitar bulu mata menjadi lebih halus serta lembap. Ini bisa memicu pertumbuhan bulu mata yang sehat.

Dalam mengenakannya, ada baiknya kamu mengoleskan minyak zaitun sebelum si kecil tertidur. Dengan demikian, kandungan polifenol di dalamnya akan bekerja lebih efektif. Kenakan cotton bud guna membantu meratakan minyak zaitun pada permukaan bulu mata si kecil ya, moms.

2. Oleskan Minyak Kelapa

Foto: Ladiestory.id

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak kelapa bisa membantu menstimulasi pertumbuhan bulu mata sang buah hati. Kamu dapat mengoleskan sedikit minyak kelapa pada cotton bud atau kapas, lalu dioleskan lagi pada bulu mata anak. Lakukan sebelum tidur malam ya, ibu ibu, dan bersihkan sisa minyak di pagi hari.

3. Menggunakan Minyak Kemiri

Foto: Ladiestory.id

Cara selanjutnya guna melentikkan bulu mata bayi dapat dengan minyak kemiri. Selain bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan akar rambut dan bulu mata, minyak kemiri pun bisa menebalkan dan membuat bulu mata menjadi lebih hitam. Kamu dapat langsung mengoleskan minyak kemiri ini usai si kecil mandi atau saat ia akan tidur.

Cara membuat minyak kemiri ini lumayan mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan 4-5 buah kemiri sampai mengeluarkan minyak. Sesudah itu, ambil minyaknya. Minyak kemiri tersebut lalu dapat kamu oleskan ke permukaan bulu mata anak supaya tampak semakin hitam dan lentik.

Bila kamu ingin cara yang lebih praktis, olahan minyak kemiri ini pun telah banyak dijual di pasaran.

4. Makanan Tinggi Vitamin E

Foto: Ladiestory.id

Sejumlah jenis makanan yang tinggi vitamin E bisa menjadi cara alami guna mengaktifkan folikel bulu mata anak. Makanan tinggi vitamin E pun baik untuk menutrisi kulit anak, menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan pastinya menjadikan anak tidak mudah sakit.

Melansir Medline.gov, contoh makanan yang mengandung vitamin E tinggi yaitu alpukat, kiwi, brokoli, gandum, minyak sayur, salmon, mangga, dan sayuran hijau. Semuanya aman guna MPASI Si Kecil.

Itulah cara melentikkan bulu mata sang buah hati. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait