5 Bahan Alami untuk Rawat Kecantikan ala Istri Rasulullah

Sabtu, 23 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Bahan Alami Untuk Rawat Kecantikan Ala Istri Rasulullah

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Special)

Ladiestory.id - Semua perempuan, termasuk istri Nabi Muhammad SAW, ingin tampil menawan di hadapan pasangan. Untuk itu, mereka melakukan perawatan tubuh dan wajah dengan menggunakan bahan alami.

Lantas apa saja bahan alami yang digunakan oleh istri Rasulullah untuk merawat kecantikannya? 

Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (Special)

Salah satu tips kecantikan ala istri Rasulullah adalah menggunakan minyak zaitun. Biasanya, minyak zaitun digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh.

Pasalnya minyak zaitun memiliki sifat antioksidan sehingga dapat mencegah oksidasi, yakni reaksi kimia yang dapat menimbulkan radikal bebas. Oksidasi juga dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin A,E,D,K. Diketahui, vitamin E terkenal bagus untuk kulit, termasuk pengobatan psoriasis dan eksim.

Dilansir berbagai sumber, seorang dokter mengatakan bahwa minyak zaitun memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, salah satunya mencegah penuaan dini.

"Minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kulit Anda. Ini adalah antioksidan, sehingga mencegah antioksidan kulit dan dapat mencegah penuaan dini dan kerusakan akibat sinar matahari," ungkap Diana Gall, MD, dokter umum di Doctor4U.

Siwak atau Miswak

Ilustrasi siwak. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang digunakan istri Rasulullah adalah siwak atau miswak. Bahan ini biasanya digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, kecantikan juga bisa didapat dari gigi yang bersih dan mulut yang sehat.

Cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi adalah dengan mengunyah salah satu ujung dan memisahkan serat. Hukumnya sunah jika membersihkan gigi dengan miswak.

Hena

Ilustrasi hena. (Special)

Biasanya para perempuan menggunakan hena sebagai pengganti kutek. Pasalnya, memakai kutek mencegah air wudu masuk ke dalam kulit, sehingga ibadah salat menjadi tidak sah.

Pada zaman dahulu, hena digunakan untuk mewarnai rambut, baik perempuan ataupun laki-laki. Selain itu, hena juga digunakan untuk menghias tangan hingga kaki perempuan.

Hal tersebut telah tersurat dalam riwayat Aisyah seperti berikut ini.

"Seorang perempuan membuat tanda dari balik tirai untuk menunjukkan bahwa dia memiliki surat untuk Rasul Allah. Nabi SAW menutup tangannya, mengatakan, "Saya tidak tahu apakah ini tangan pria atau perempuan." Dia berkata: "Tidak, seorang perempuan." Dia berkata, "Jika seorang perempuan, akan membuat perbedaan pada kuku mereka, (artinya dengan pacar)." (Sunan Abu-Dawud).

Madu

Ilustrasi madu. (Special)

Rupanya, sejak zaman dahulu madu telah menjadi salah satu bahan alami untuk kecantikan. Madu digunakan untuk berbagai perawatan wajah, salah satunya sebagai scrub, yang biasa dicampur dengan gula.

Istri Nabi Muhammad SAW menggunakan madu untuk mengobati kulit meradang.

Tak hanya itu, madu juga digunakan untuk mencerahkan kulit. Agar hasil lebih maksimal, madu biasanya dicampur dengan jus lemon dan yoghurt. Ramuan ini disebut cukup ampuh mencerahkan kulit, sehingga sering digunakan istri Nabi Muhammad SAW. Diketahui, madu mengandung sifat antibakteri yang mampu membantu mengurangi bekas jerawat.

Susu

Ilustrasi susu. (Special)

Selain dikonsumsi, susu juga dapat digunakan untuk perawatan kulit. Istri Rasulullah memanfaatkan susu untuk merawat rambut agar lebih halus. Selain itu, susu juga dapat membuat rambut berkilau, tebal, dan tidak kering. Pasalnya, susu kaya akan nutrisi seperti kalsium, mineral, protein, vitamin dan mineral.

Perawatan rambut menggunakan susu juga masih banyak dilakukan hingga sekarang. Cara mengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan susu dengan madu. Kemudian campuran tersebut dijadikan sebagai masker rambut.

s