No Worries! 6 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Flek Hitam

Senin, 13 Desember 2021 | 12:45:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

No Worries! 6 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Flek Hitam

Ilustrasi perempuan menggunakan lidah buaya. (Spesial)

Ladiestory.id - Flek hitam di wajah pastinya akan menimbulkan rasa kurang percaya diri, karena mengganggu penampilan. Ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam seperti dengan menggunakan skincare yang mengandung bahan khusus yang bisa menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam. 

Namun terkadang skincare dipasaran bisa menimbulkan iritasi bila tidak cocok dengan produk tersebut. Untuk lebih amannya sebaiknya Kamu pilih bahan alami langsung yang di dapat di rumah untuk menghilangkan flek hitam. Apa saja bahan alami yang dimaksud? Cari tahu yuk Ladies di bawah ini.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam atau noda bekas jerawat.

1. Lidah Buaya

Ilustrasi mengoleskan gel lidah buaya pada wajah. (Spesial)

Lidah buaya sudah lama dikenal memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulit, salah satunya mampu menghilangkan flek hitam. Sebuah penelitian menunjukan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten akan menstabilkan tingkat melanin dalam sel.

Lidah buaya juga memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang bisa menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Untuk memanfaatkannya, Kamu cukup oleskan gel lidah secara langsung pada area wajah yang terdapat flek hitam.

2. Masker Kunyit

masker kunyit
Ilustrasi masker kunyit. (Spesial)

Kunyit mengandung zat antiperadangan. Karena itu bahan alami yang satu ini juga diklaim ampuh menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya adalah dengan menjadikannya masker, gunakan kunyit bubuk yang dicampur dengan sedikit air dan perasan lemon, agar hasilnya maksimal.

Oleskan pasta kunyit pada area kulit wajah yang terdapat flek hitam lalu biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini  dua kali sehari sampai flek hitam benar-benar hilang pada wajah..

3. Teh Hijau

Ilustrasi menggosokan teh hijau pada wajah. (Spesial)

Ekstrak teh hijau memiliki efek de-pigementing terhadap kulit. Untuk memanfaatkan teh hijau sebagai bahan penghilang flek hitam, Kamu cukup merendamnya dalam air mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dan dinginkan  kantong teh.

Bila sudah dingin gosokan dengan lembut ke area wajah yang terdapat flek hitam. Lakukan cara ini 2 kali sehari agar hasilnya maksimal.

4. Madu

Madu mengandung zat antibiotik  yang bisa membantu penyembuhan luka secara alami dan menghilangkan flek hitam di wajah. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan madu adalah cukup mengoleskannya pada area wajah yang terdapat flek hitam. Lakukan cara ini pada malam hari dan pagi harinya bilas wajah dengan air hangat.  

5. Cuka Apel

Cuka apel terbukti efektif  mampu meringankan pigmentasi. Campurkan cuka apel dan air dengan sama bagian dalam wadah, selanjutnya oleskan campuran tersebut pada wajah yang terdapat flek hitam dengan menggunakan kapas, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali sehari untuk hasil maksimal. 

6. Lemon atau Perasan Jeruk Nipis

Ilustrasi lemon. (Ladiestory.id)

Cara selanjutnya yang bisa Kamu terapkan untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan tersebut sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga efektif merawat kulit seperti menghilangkan flek hitam, mencerahkan wajah, menunda penuaan dini,  menangkal radikal bebas, hingga mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan karena sinar matahari. 

Cara memanfaatkan lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan mengambil air perasannya dan oleskan dengan menggunakan kapas pada wajah yang terdapat flek hitam. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air.